Apa Peran Departemen HRD dalam Organisasi Perusahaan?

Sementara beberapa orang masih menganggap bahwa peran Departemen HRD hanya bertanggung jawab untuk mencari kandidat dan mempekerjakannya. Faktanya adalah mereka sangat berkontribusi pada kesehatan perusahaan secara keseluruhan dan mendukung proses manajemen menuju kesuksesan.

HRD adalah singkatan dari Human Resources Development, dan departemen ini merupakan salah satu departemen yang sangat penting dalam sebuah organisasi perusahaan mana pun.

Departemen HRD memandang sumber daya manusia sebagai aset yang paling utama daripada aset fisik lainnya. Karena karyawan adalah salah satu komponen utama untuk membangun bisnis yang sukses melalui tenaga kerja yang produktif dan berkembang.

Oleh karena itu, seperti halnya penggunaan aset perusahaan yang lainnya, memiliki SDM yang berbakat dan maju dapat digunakan sebagai poin strategis untuk menilai bagus tidaknya suatu organisasi.

Faktor keberhasilan produksi ditentukan oleh tenaga kerja, modal, dan perusahaan. Di antara semua itu, tenaga kerja atau SDM yang terbukti efektif untuk meningkatkan keberhasilan perusahaan secara menyeluruh. Kekurangan faktor ini (SDM) akan mempengaruhi keseluruhan produksi.

Baca juga : Mengenal Budaya Organisasi Sebelum Berkarir Di Bidang HR

Sederhananya, departemen HRD sangat bertanggung jawab dalam menemukan, menyaring, merekrut, dan melatih pelamar kerja sambil diberikan tugas untuk mengelola program yang dipegangnya.

Mari kita lihat mengapa departemen HRD tidak hanya sekadar mempekerjakan orang saja dan fungsi apa saja yang biasanya ada di posisi ini.

Peran Departemen HRD

Rekrutmen dan Pelatihan

Salah satu fungsi utama dari departemen HR ini adalah melakukan rekrutmen orang yang tepat untuk sebuah organisasi / perusahaan. Selama proses rekrutmen, mereka tidak sekadar mencari yang punya keahlian, tetapi kandidat harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, mereka juga harus memberikan pengembangan dan menetapkan kontrak sesuai hukum yang berlaku sebagai karyawan di perusahaan.

Memberikan pelatihan untuk karyawan termasuk salah satu cara untuk meningkatkan keberhasilan perusahaan.

Penilaian Kerja

Departemen HRD tidak hanya mempekerjakan orang yang tepat di posisi yang tepat saja. Tetapi juga mendorong dan memotivasi karyawan sehingga mereka dapat memunculkan potensi maksimalnya dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.

Dalam prosesnya, Departemen HR juga akan terus memberikan saran tentang peningkatan kerja yang dapat membantu karyawan mendapatkan gambaran yang jelas tentang hasil kerja mereka. Tentunya agar bisa berkembang ke arah yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Proses Orientasi

Merekrut kemudian mempekerjakan seseorang bukanlah akhir dari proses. HR juga harus mendukung karyawan baru selama beberapa bulan di perusahaan. Proses ini dikenal dengan masa orientasi atau probation atau masa percobaan kerja.

Dalam proses ini, pihak HR akan memberikan informasi kebijakan perusahaan, dukungan masalah yang dihadapi karyawan baru, menyelesaikan pertanyaan tentang keuangan, dan masih banyak lagi.

Baca juga :   Kriteria CV Yang Tidak Diinginkan HRD

Di masa orientasi ini memegang peran penting dalam menentukan karyawan baru ke depannya. Apakah akan dipertahankan di perusahaan tersebut atau tidak.

Masa Percobaan Kerja

Menjaga Suasana Kerja

Departemen HR juga memiliki peran untuk bertanggung jawab dalam membangun dan mempertahankan suasana kerja yang menyenangkan. Dalam hal ini mereka akan bertindak sebagai jembatan komunikasi antara pemilik dan karyawan dalam menyelesaikan masalah, pertanyaan, feedback, dan tentunya menjaga hubungan antara karyawan agar tetap kondusif.

Pengembangan Public Relations

Tidak hanya bertanggung jawab untuk lingkungan internal perusahaan saja, Departemen HRD juga harus membangun hubungan yang sehat dengan organisasi atau perusahaan lain. Mereka juga bertanggung jawab untuk menyelenggarakan rapat, acara, seminar atau webinar dengan perusahaan lain.

Inilah sebabnya mengapa perusahaan harus menciptakan citra HR yang terkenal dan positif untuk memberikan pelayanan hubungan yang baik antar perusahaan.

Pengembangan Keterampilan untuk Masa Depan

Salah satu peran penting departemen HR adalah mengembangkan keterampilan baru pada karyawan mereka melalui kursus, sekolah, atau mempekerjakan tenaga ahli bidang khusus yang dapat memberikan masukkan untuk manajer dan karyawan lainnya.

Tujuannya agar perusahaan bisa terus kompetitif di pasar.

Membangun Loyalitas

Kompetisi kerja saat ini sangatlah tinggi. Tidak hanya datang dari internal perusahaan tapi juga dari perusahaan lain yang menawarkan produk yang sama dengan perusahaan Anda.

Untuk itu sangat penting departemen HRD untuk membangun loyalitas dan komitmen setiap karyawan agar tetap berada di brand Anda.

Up to Date dan Kompetitif

Generasi manusia berperan penting dalam perencanaan strategis dalam menghadapi pasar kerja yang saat ini kompetitif. Perusahaan modern harus paham kalau karyawan generasi Z adalah yang paling efektif saat kondisi pergeseran pasar saat ini, dari konvensional ke digital.

Untuk itu perusahaan juga perlu untuk mempekerjakan orang-orang tersebut dan memastikan mereka dapat bekerja di perusahaan itu untuk waktu yang lama.

Karena setiap generasi pasti akan memiliki karakter yang berbeda-beda. Ini akan berdampak pada pemberian fasilitas dan kompensasi yang dibutuhkan karyawan.

Departemen HR harus bisa melihat kondisi ini dan menciptakan suasana yang fleksibel.

Baca juga : Tugas HRD Staff Itu Seperti Ini. Yakin Masih Pengen Jadi HRD Staff?

Kesimpulan

HR adalah dasar dari sebuah organisasi. Untuk perusahaan kecil, mungkin pendiri dan CEO yang dapat mengambil peran ini. Akan tetapi memiliki departemen HRD akan sangat baik jika ingin mencapai kesuksesan yang bisa dipersiapkan secara matang.

Jadi Departemen HR memiliki tanggung jawab untuk mempekerjakan orang, menciptakan suasana di perusahaan, mengatur hubungan yang sehat dengan perusahaan lain, mengelola karyawan, dan lainnya. Tim HR wajib untuk dimiliki setiap perusahaan.

Apakah Anda termasuk orang yang bekerja di departemen HR? Silakan tulis pengalaman Anda di kolom komentar.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.