Home » Ragam » Pelatihan & Sertifikasi K3 Migas Solusi Menjadi Pegawai Migas Yang Profesional

Pelatihan & Sertifikasi K3 Migas Solusi Menjadi Pegawai Migas Yang Profesional

Sertifikasi K3 Migas

RUANGPEGAWAI.com – Salah satu cara untuk menjadi pegawai yang profesional adalah memiliki kemauan untuk terus belajar. Terutama jika Anda bekerja di bidang-bidang yang sangat memiliki risiko keselamatan tinggi, seperti di industri migas.

Bekerja di industri migas, kompetensi pekerja sangatlah vital. Karena selain dapat menangani permasalahan yang ada secara profesional juga dapat meningkatkan daya saing pekerja di era Masyarakat Ekonomi ASEAN seperti saat ini.

Mengingat, industri migas skalanya tidak hanya nasional tetapi juga internasional. Untuk itu akan lebih baik jika pegawai migas bisa lebih profesional bekerja di bidangnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi K3 migas.

Sertifikasi K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dalam industri migas sangatlah penting. Karena selain akan mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja nasional, para SDM juga akan mendapatkan kualitas dan kompetensi yang tinggi terkait risiko kecelakaan yang ada mulai dari produksi, pengolahan hingga transportasi di industri migas.

Program sertifikasi ini pun juga sudah tertuang pada SKKNI K3 Nomor KEP.42/MEN/III/2008 dan SKKNI No. KEP.248/MEN/V/2007.

Sertifikasi K3 Migas memiliki beberapa metode pelatihan, diantaranya presentasi dan praktek lapangan, ujian tertulis, dan evaluasi melalui interview maupun uji lapangan.

Materi Pelatihan Sertifikasi K3 Migas

Bagi Anda yang ingin mengikuti sertifikasi K3 Migas, nantinya akan diberikan materi-materi pelatihan sebagai berikut :

  1. Peraturan perundang-undangan K3
  2. keselamatan dan kesehatan kerja MIGAS
  3. Identifikasi Bahaya
  4. Higiene Perusahaan
  5. Inspeksi keselamatan kerja
  6. Sistem Managemen K3 (SMK3) Migas
  7. Statistik dan pelaporan kecelakaan
  8. Penyelidikan Kecelakaan
  9. Surat Izin Kerja
  10. Kimia api dan Dasar kebakaran
  11. Tekhnik pemadaman kebakaran
  12. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
  13. Selang dan Pompa pemadam kebakaran
  14. Mobil Pemadam kebakaran
  15. Deteksi kebakaran
  16. Deteksi Gas
  17. Alat pelindung diri
  18. Alat pelindung pernafasan

Perlu Anda ketahui juga, Sertifikat Kompetensi K3 Migas ini nantinya dikeluarkan langsung oleh BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi. BNSP merupakan badan independen yang memiliki kewenangan dalam hal sertifikasi personil dan melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi untuk tenaga kerja.

Nah BNSP ini telah memberikan lisensi ke beberapa Lembaga Sertifikasi Profesi. Untuk bidang migas diberikan ke LSP “PPT Migas” Cepu.

Baca juga : Ingin Kerja di Industri Migas? Ini Pertimbangan Untuk Anda

Harapannya nanti setelah mengikuti pelatihan dan sertifikasi K3 Migas, para SDM mampu mengelola kegiatan di industri migas dengan cara-cara yang profesional dan sesuai dengan standar yang ada. Sehingga dampaknya akan berbuah pada peningkatkan pengelolaan industri migas yang lebih baik lagi.

Apakah Anda seorang tenaga migas dan belum pernah mengikuti sertifikasi? Kalau iya, silahkan mengikuti sertifikasi K3 migas di Cepu untuk membuat Anda menjadi pegawai migas yang profesional.

Bagikan artikel ini :

Baca Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *