Pegawai Sukses
image via pixabay.com

Ingin Menjadi Pegawai Sukses? 7 Tips Beda Ini Bisa Dicoba

RuangPegawai.com – Siapa sih yang tidak ingin menjadi pegawai sukses? Pasti semuanya ingin kan. Tapi bagaimana definisi pegawai sukses itu?

Nah, sebelumnya lebih baik kita jelaskan dulu definisi dari pegawai sukses itu.

Tentu jika bicara soal kesuksesan, setiap orang memiliki tingkat pencapaian yang berbeda-beda. Ada yang menganggap pegawai yang sukses itu yang bisa memiliki jabatan tinggi, ada pula yang beranggapan yang bisa mendapatkan gaji tinggi, tapi ada pula yang bisa menyelesaikan tugas dengan benar tanpa ada revisi.

Semua itu benar dan memang bisa dijadikan definisi dari kesuksesan seorang pegawai. Jadi, kita sepakati bahwa pegawai yang sukses adalah jika seorang pegawai mampu meraih keinginannya masing-masing.

Apabila hingga saat ini Anda tak punya mimpi untuk meraih kesuksesan, cobalah untuk membangun mimpi itu. Mimpi itu akan menjadi semangat tersendiri untuk Anda. Jadi jangan bekerja hanya sekedar bekerja, tapi buatlah mimpi sebagai pemacu diri.

Tapi kadang meski punya mimpi, pegawai tidak bisa mewujudkan mimpinya. Bukannya mendekatkan pada kesuksesan tapi justru menjauhkan. Banyak sekali pegawai yang seperti ini. Dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk pindah pekerjaan dan gonta-ganti pekerjaan karena memang mereka bingung bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut.

Kali ini Ruang Pegawai akan berusaha memberikan tips dan referensi untuk Anda agar bisa mewujudkan menjadi pegawai yang sukses. Bacalah…

#1 Memilih Pekerjaan Yang Sesuai

Untuk menjadi pegawai sukses, langkah pertama adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan diri Anda. Jangan memikirkan berapa gaji yang akan diterima, tapi fokus saja apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan diri Anda.

Bentuk kesesuaian ini bisa dilihat dari latar belakang pendidikan Anda, ketrampilan yang Anda miliki, atau passion yang Anda miliki. Jadi jangan sampai Anda memilih pekerjaan karena hanya keterpaksaan. Karena keterpaksaan itu akan membuat hati Anda tak nyaman dan bekerja pun akan terasa sangat berat meskipun sebenarnya pekerjaan ringan.

#2 Memilih Tempat Yang Sesuai

Tempat yang dimaksud bisa perusahaan atau ruang kerja. Anda tak perlu mencari perusahaan yang bonafit, tapi carilah perusahaan yang membuat Anda nyaman dan mendukung pekerjaan Anda. Misalnya Anda bekerja sebagai Desain grafis, tapi Anda bekerja di perusahaan yang memproduksi produk haram dan itu membuat Anda tak nyaman, maka tinggalkan yang seperti itu.

Intinya adalah pekerjaan dan tempat di mana Anda bekerja bisa saling mendukung.

Lingkungan kerja itu juga sangat mempengaruhi produktifitas kerja. Banyak juga pegawai yang resign karena tidak sesuai dengan lingkungan kerja, padahal mereka sudah bekerja di bidang yang disukainya.

#3 Positive Thinking

Kedua tips di atas adalah tips masalah eksternal. Sekarang kita masuk ke masalah internal, yakni bagaimana diri Anda bersikap dan bertindak agar menjadi pegawai yang sukses. Yang pertama adalah berpikir positif. Tak ada orang sukses yang tak berpikir positif.

Jauhkan diri Anda dari pikiran-pikiran negatif. Karena pikiran negatif akan berpengaruh pada apa yang Anda lakukan. Secara tidak langsung, pikiran bisa meracuni tindakan. Jadi berhati-hatilah dalam berpikir. Dan lebih baik selalu berpikiran yang positif.

Pegawai yang sukses tidak suka membicarakan keburukan rekan kerja atau bahkan pimpinan. Pegawai yang sukses lebih suka diskusi secara langsung untuk memberikan kritik dan saran yang membangun.

#4 Tingkatkan Kejujuran

Banyak sekali godaan kejujuran ketika sedang bekerja. Kejujuran sekecil apapun harus dijaga agar bisa menjauhkan dari hal-hal buruk. Kalaupun ditanya atasan tentang kerjaan kemarin dan ternyata belum selesai, ya jujur saja bilang belum selesai. Sampaikan alasannya kenapa belum selesai dengan tenang dan penuh tanggung jawab. Jangan berbohong hanya untuk membuat pimpinan senang.

Pimpinan suka pegawai yang jujur. Dan biasanya pegawai yang jujur akan cepat naik kelas karena dianggap mampu diberi kepercayaan dan amanah.

#5 Tidak Mudah Menyerah

Setiap pekerjaan pasti akan ada tantangannya dan tantangan itu terkadang di luar dari kemampuan pegawai. Meski begitu, tetaplah semangat dan jangan mudah menyerah. Carilah bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan masalah Anda.

Pegawai yang berprestasi adalah yang mampu menyelesaikan tugas tanpa memandang itu mudah atau sulit.

#6 Jaga Attitude

Sikap Anda menentukan kepribadian Anda. Tetaplah menjaga sikap yang baik kepada sesama rekan pegawai dan juga para pimpinan. Dengan memiliki attitude yang baik, Anda pun akan disegani rekan kantor dan pimpinan.

#7 Jadilah Pendengar Yang Baik

Salah satu menghargai rekan kerja dan pimpinan adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Ini tanda jika Anda menghargai orang yang sedang berbicara dengan Anda. Dan ketahuilah bahwa orang lain sangat senang jika apa yang mereka bicarakan mendapat perhatian. Tapi ingat, Anda tak boleh hanya mendengarkan saja. Coba untuk berbicara dari apa yang telah dibicarakannya. Komunikasi dua arah ini menandakan Anda memang memperhatikan.

Tapi apabila ada rekan yang mengajak membicarakan hal-hal buruk rekan kerja lain atau perusahaan, lebih baik Anda tak perlu mengikutinya. Sampaikan dengan cara yang baik dan penuh senyuman kalau seperti itu tidak baik.

Apabila Anda sudah melakukan hal-hal baik di atas, Insha Allah muaranya adalah pada hasil yang akan Anda dapatkan. Bisa naik pangkat, bisa menjadi contoh rekan-rekan kerja, bisa bekerja sama dengan tim, dan tentunya bisa berkontribusi untuk mengembangkan perusahaan. Tetap semangat!

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...