Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Mencari Kost untuk Karyawan Perantauan

Kost untuk Karyawan

Bagi karyawan yang bekerja di luar kota (jauh dari kota asalnya), pasti akan memutuskan untuk mencari kost sebagai tempat tinggalnya. Kost merupakan pilihan yang tepat karena biayanya sangat terjangkau dibanding karus mengontrak rumah, kecuali memang sudah berkeluarga dan harus mengajak seluruh keluarga.

Tapi kalau masih sendiri, kost adalah alternatif yang paling tepat.

Apalagi jika gaji yang akan didapatkan belum terlalu banyak. Wajar jika masih jadi pegawai baru, gaji 3 bulan pertama baru standar UMR, biasanya gitu. Nanti kalau setelah itu baru bisa dapat bonus dan lain-lain, biasanya.

Tapi intinya kost adalah pilihan yang tepat bagi karyawan yang merantau. Karena sangat bisa menghemat biaya pengeluaran.

Baca juga : Tips Sebelum Kamu Memutuskan Untuk Merantau

Akan tetapi dalam mencari kost untuk karyawan ini kadang tidak mudah. Ada banyak pertimbangan yang muncul saat memilih kost mana yang cocok. Kali ini RuangPegawai akan coba memberikan beberapa tips bagi karyawan yang sedang cari kost untuk tempat tinggalnya.

Check it now….

#1 Cari Kost yang Paling Dekat dengan Kantor

Faktor lokasi ini sangat memengaruhi beberapa faktor lain, seperti biaya transportasi. Kalau kost dekat dengan kantor, maka Andan tidak perlu mengeluarkan duit banyak buat biaya transport, entah buat beli bensin kendaraan pribadi atau bayar transportasi umum.

Intinya cari yang paling dekat.

Baca juga : Jika Kamu Akan Merantau ke Jakarta, Tips Ini Akan Membantumu

#2 Dekat dengan Warung Makan

Kemudian cari yang dekat juga dengan warung makan. Warung makannya yang sekelas warteg hingga warung makan modern alias restoran / cafe. Lagi-lagi ini akan menghemat biaya transport Anda jika lokasinya dekat. Anda mungkin malah cukup jalan kaki saja, tidak perlu naik kendaraan buat beli makan.

#3 Sesuai dengan Penghasilan Anda

Kost karyawan itu sekarang bermacam-macam tipenya. Ada yang biasa seperti kost mahasiswa, ada yang kamar mandi dalam, ada yang pakai AC, ada yang kamarnya luas, dll. Intinya semua ada biaya yang berbeda-beda.

Nah, Anda perlu sesuaikan dengan penghasilan Anda. Jadi sebelumnya bisa buat hitung-hitung kasar dulu kira-kira kalau gaji segini, terus buat makan sebulan, buat bayar kost, buat ditabung, dan ini itu cukup atau tidak.

#4 Perhatikan Fasilitas Kamar Kost

Masalah fasilitas juga perlu jadi perhatian. Dengan biaya kost sebulan segitu, Anda akan mendapatkan fasilitas apa. Kemudian apabila Anda ingin menggunakan fasilitas tambahan misalnya saja memasang komputer, apakah akan dikenai biaya tambahan untuk listrik, dll.

Khususnya yang berkaitan dengan biaya, perlu diperhatikan. Dan masalah fasilitas ini juga yang akan memberikan kenyamanan untuk Anda.

Misalnya saja Anda butuh fasilitas kamar dengan AC, supaya kalau pulang kerja capek bisa ngadem di kamar kost yang nyaman. Itu tidak masalah asal budget juga cocok.

Baca juga : Ini Untungnya Jika Kamu Merantau ke Jogja

#5 Cari yang Kondusif

Nah yang tak kalah penting juga masalah kondisi lingkungan sekitar kost dan kredibilitas kost itu sendiri. Pastikan cari yang kondusif. Apalagi jika Anda bekerja di kota-kota besar, pastikan daerahnya memang aman.

Misalnya saja Anda ternyata bekerja sering pulang malam dan pakai jasa transportasi umum, nah kondisi lingkungan yang kondusif tentang akan membuat Anda merasa aman saat pulang tengah malam.

Kalau masalah transportasi sih, kami rasa tidak jadi prioritas utama saat cari kost ya. Soalnya sekarang sudah banyak transportasi berbasis online yang bisa digunakan. Jadi tidak perlu dekat dengan transportasi umum pun tidak masalah.

Jadi itu saja beberapa tips yang bisa kami berikan, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda dalam mencari kost untuk karyawan.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *