Tempat Kerja
(c) www.bacathok.com

Jangan Remehkan ‘5R’ di Tempat Kerja

Mungkin Anda sering mendengar istilah 5R, namun kurang memahami tentang 5R itu sendiri. Baiklah, saya akan menjelaskan apakah 5R itu. 5R merupakan singkatan dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin.

Banyak orang berpikir bahwa 5R itu hanya perlu diterapkan di perusahaan bidang manufacture saja. Padahal, 5R merupakan budaya yang harus diterapkan dimana pun Anda berada. Penerapannya cukup mudah, namun untuk menjadikan sebagai habbit atau kebiasaan itulah yang membutuhkan usaha lebih.

Mengapa 5R penting? Karena apabila 5R dilakukan dengan baik maka membuat tempat kerja atau lingkungan kerja kita nyaman dan tertib. Kok bisa? Yup, mari kita cermati kembali isi dari 5R, mulai dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Untuk lebih jelasnya, akan saya jelaskan per bagian tersebut agar Anda lebih memahami betapa pentingnya 5R.

Ringkas

Tentu saja kerja akan terasa ribet dan berat jika di meja kerja Anda terlihat sangat berantakan dan tumpukan pekerjaan Anda seolah-olah membuat Anda bingung mau mengerjakan bagian yang mana dulu. Oleh karena itulah, diperlukan ringkas. Berikut langkah-langkah untuk melakukan ringkas

  1. Pisahkan barang-barang berdasarkan kelompoknya. Misalnya, pensil, bolpoin dijadikan satu di tempat alat tulis. Kemudian, untuk kertas yang tidak terpakai, dijadikan satu di tempat kertas bekas, dan sebagainya.
  2. Tata dan beri label/identitas untuk mempermudah Anda melakukan pencarian saat barang tersebut dibutuhkan
  3. Bersihkan barang-barang yang tidak perlu

Rapi

Rapi, adalah teratur. Setelah Anda melakukan langkah ringkas, tentu saja Anda perlu melakukan langkah rapi. Anda harus menempatkan barang-barang yang sudah Anda tata tersebut secara rapi. Barang yang sering Anda gunakan bisa diletakkan di sekitar Anda sehingga ketika Anda bekerja mudah menjangkau. Rapi dengan menata lingkungan kerja Anda, bisa dengan menambahkan beberapa hiasan untuk menambah semangat kerja.

Resik

Setelah lingkungan kerja Anda tertata rapi, dan enak dilihat, sekarang saatnya Anda selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja Anda. Mulai dari membersihkan debu-debu yang menempel secara teratur, membuang kotoran di tempat sampah. Untuk lebih mudah, tempatkan satu kotak wadah sampah agar sampah tidak tercecer.

Rawat

Apa yang sudah Anda kerjakan untuk menciptakan lingkungan kerja yang indah tentu saja perlu dirawat. Jika tidak, semua akan kembali menjadi berantakan pastinya. Merawat tidak perlu setiap saat, cukup secara konsisten menjaga kerapian dan kebersihan, Anda sudah mulai merawat lingkungan kerja yang telah Anda perbaiki.

Rajin

Setelah semua selesai Anda kerjakan, saatnya Anda menjaga konsistensi perilaku Anda dan menanamkan budaya 5R dalam pekerjaan sehari-hari. Cukup mudah selama ada kemauan untuk menerapkan 5R.

Dengan demikian, diharapkan nantinya produktivitas kerja Anda dapat terus meningkat dan tentu saja akan memberikan peluang besar kepada kemajuan karir Anda. 5R adalah budaya kerja yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, Anda tidak menerapkan budaya 5R di dalam rumah. Maka saya berani menjamin Anda akan menghabiskan waktu cukup lama untuk mencari sebuah obeng.

Jadi, mari melakukan perbaikan dan menjalankan 5R untuk kinerja yang lebih baik.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...