Panduan Lengkap untuk Menulis Konten Blog Berkualitas

Menulis Konten Blog

Halo rekan Pegawai, kita tahu bahwa blog sudah menjadi media populer untuk berbagi informasi baik dari sisi sudut pandang personal maupun organisasi. Bahkan saat ini juga sudah banyak profesi yang melibatkan blog, seperti Content Writer, Blog Writer, dan sejenisnya.

Untuk itu melalui artikel ini Ruang Pegawai ingin berbagai tips tentang cara menulis konten blog yang berkualitas. Karena tulisan yang Anda tulis itu tidak sekadar teks yang dipublikasikan di media, tetapi konten tersebut dapat mempengaruhi orang yang membacanya.

Sehingga sangat penting penulis artikel harus punya keterampilan dan gaya menulis yang dapat disukai dan dijadikan referensi untuk pembacanya.

Memang tidak mudah untuk bisa membuat konten yang berkualitas. Apalagi bagi penulis pemula. Tetapi dengan proses yang tepat dari awal dan mengikuti panduan yang benar, insya Allah semuanya dapat dilakukan dengan cepat.

Terus baca artikel ini sampai selesai agar Anda bisa memahami bagaimana menulis artikel yang berkualitas itu.

Apa itu Blog Post dan Jenisnya?

Sebelum masuk ke panduannya, mari kita bahas dulu tentang konsep dari dari ini semua, yaitu Blog Post atau Posting Blog.

Blog Post adalah bagian dari konten yang diterbitkan di situs web blog. Konten utamanya adalah artikel atau tulisan yang kemudian dapat diperkaya dengan konten lain seperti foto, gambar infograsi, video, statistik, atau elemen lainnya.

Blog memiliki sifat yang up to date. Sehingga informasi di blog harus terus diperbarui.

Blog post memiliki berbagai macam jenis, tidak sama. Berikut ini beberapa bentuk umumnya :

  • Listicle (artikel daftar / list)
  • Tulisan informasi
  • Tutorial
  • Panduan ekstensif
  • Blog pribadi atau bisnis

Panduan Menulis Konten Blog Berkualitas

Banyak orang menyarankan jika ingin memulai menulis yang berkualitas, mulailah menulis dari pengalaman. Sehingga penulis seolah-olah bercerita namun dalam bentuk tulisan.

Tetapi jika ingin memiliki tulisan blog yang berkualitas, maka panduan berikut ini dapat dijadikan referensi.

1. Tulis Konten yang Diminati Audiens Anda

Ada dua tipe penulis, yaitu penulis yang suka menulis tentang apa yang dirasakan atau diresahkan dan penulis yang menulis tentang apa yang dibutuhkan pembaca.

Jika Anda ingin belajar menulis dengan baik, maka belajarlah menulis untuk orang lain.

Di sini Anda harus memiliki target audiens. Ketahui pembaca blog Anda suka tentang hal apa. Dengan menentukan niche atau ceruk dengan tepat, maka Anda akan lebih mudah dalam mencari ide tulisan.

Pahami apa yang mereka inginkan dari blog dan sesuaikan dengan konten Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan kepuasan pembaca dalam menikmati konten yang Anda terbitkan.

2. Jelaskan semua Aspek Topik

Ketika pembaca mengklik judul posting blog Anda, maka mereka memiliki harapan untuk bisa mempelajari semua yang ada di judul tersebut. Beberapa mungkin hanya tertarik pada beberapa poin yang dibahas saja, tetapi untuk memberikan kepuasan, Anda bisa menulis artikel blog secara detail.

Sehingga semua pembaca Anda bisa puas dengan hasil konten Anda.

Di sisi lain, mesin pencari suka juga kalau Anda menjelaskan suatu topik secara terperinci.

3. Sisipkan Kata Kunci dengan Benar

Kata kunci dalam artikel blog itu penting untuk mesin pencari dan juga untuk pembaca. Karena pembaca tertarik dengan artikel Anda yang dilihat pertama kali adalah dari kata kunci yang ada.

Baca juga :   7 Cara Meningkatkan Kemampuan Negosiasi
Kata Kunci

Untuk itu dalam menulis artikel sangat penting untuk menyisipkan kata kunci dengan benar. Mungkin selama ini penempatan kata kunci hanya fokus untuk mesin pencari, tetapi faktanya dari sisi pembaca juga perlu diperhatikan.

Pembaca akan jenuh dan tidak tertarik menuruskan membaca jika kata kunci ditempatkan secara berlebihan.

Anda perlu memastikan bahwa kata kunci diintegrasikan secara mengalir sehingga terkesan alami. Pembaca pun akan suka untuk membaca konten sampai selesai.

Maka dari itu kepadatan kata kunci juga perlu dioptimalkan.

4. Pecahkan Artikel dengan Heading dan Subheading

Format artikel blog sangat berperan penting dalam visibilitas dari sisi pembaca. Memecah artikel dengan bantuan Heading dan Subheading akan memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel blog Anda.

Selain itu dari sisi kenyamanan membaca juga terasa lebih baik.

Heading Tulisan

Penggunaan Heading dan Subheading memungkinkan pembaca menavigasikan artikel blog Anda dengan mudah dalam menemukan bagian konten yang dibuat. Selain itu juga dapat mengelompokkan artikel blog Anda sesuai dengan garis besar artikel sebelum menulisnya.

Dampaknya alur proses penulisan pun tidak akan terganggu.

5. Gunakan Kalimat Pendek dan Mudah Dibaca

Orang Indonesia itu memiliki literasi membaca yang kurang, kita harus akui itu. Dan dampaknya adalah ketika membaca suatu artikel, mereka tidak suka yang bertele-tele.

Penggunaan kalimat pendek dan mudah dipahami adalah cara yang tepat agar pembaca bisa betah membaca sampai selesai. Apalagi pokok bahasannya sangat panjang.

Kalimat harus dibuat sesederhana mungkin dan singkat tanpa mengurangi esensi makna tulisan.

Berikut adalah contoh bagian artikel dengan kalimat pendek dan mudah dibaca:

Kalimat Pendek

Jika artikel blog Anda mudah dipahami oleh semua kalangan, maka itu akan dianggap berhasil. Dan tentunya lalu lintas artikel akan semakin besar.

Sebelum mempublikasikannya, Anda bisa memerikan tingkat kesulitan keterbacaan konten Anda. Jika skor keterbacaan terlalu tinggi, maka Anda perlu menulis ulang beberapa kalimat. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk menulis ulang kalimat yang sudah dibuat, Anda bisa menggunakan parafrase online untuk menyusun ulang teks artikel Anda.

6. Gunakan Tautan Internal dan Eksternal

Menambahkan referensi dari sumber terpercaya ke blog Anda dapat meningkatkan kualitasnya. Bisa menambahkan statistik atau studi penelitian yang membuat pembaca lebih percaya informasi Anda. Ini dapat dilakukan dengan menyisipkan tautan internal dan eksternal.

Kalau Anda memiliki situs web dengan beberapa konten yang sudah dipublikasikan, Anda bisa menautkan informasi yang relevan di blog Anda. Kalau tidak, Anda bisa merujuk atau mengutip informasi dari sumber eksternal yang relevan dan terpercaya.

7. Tambahkan Gambar untuk Menjelaskan Beberapa Poin

Terkadang pembaca tidak ingin membaca paragraf yang panjang. Untuk itu, Anda harus memiliki beberapa gambar pada bagian artikel Anda. Atau bisa juga memberikan video di dalamnya.

Kalau memungkinkan bisa menambahkan infografis yang menarik dengan sumber data yang terpercaya.

Gambar Artikel

Menambahkan video merupakan ide yang bagus, terutama jika blog Anda merupakan tutorial atau how-to.

Selain itu, foto yang sederhana namun relevan juga dapat berguna karena dapat menjelaskan konteks teks Anda.

Kesimpulannya adalah, penulisan artikel blog yang berkualitas tidak hanya tentang konten teks itu saja. Tetapi ada banyak faktor dan pendukung yang dapat digunakan untuk membuat artikel menjadi lebih sempurna di mata pembaca.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *