Tips Sebelum Kamu Memutuskan Untuk Merantau

Pergi Merantau

Bekerja adalah cara manusia untuk bertahan hidup. Bekerja juga dijadikan manusia sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberikan akal, pikiran, serta jiwa raga yang sehat. Dalam bekerja beberapa orang tidak memusingkan bentuk kerjaannya, yang penting halal, kerja apapun akan dilakukan.

Tapi ada juga orang yang pilih-pilih dalam bekerja, karena merasa punya keterampilan atau kenginan yang berbeda. Baiklah, itu tak masalah. Yang penting semua bisa bekerja dan tidak ada yang menganggur lagi.

Bicara soal bekerja, banyak orang yang tidak hanya bekerja di daerah atau kotanya saja. Telah banyak orang yang pergi ke luar kota untuk mendapatkan pekerjaan. Yang seperti ini akrab disebut merantau. Ya, merantau telah menjadi gaya hidup beberapa orang bahkan di lingkup sebuah keluarga.

Biasanya ketika sudah lulus sekolah menengah atau lulus perguruan tinggi, banyak orang yang memutuskan untuk merantau. Terlebih mereka yang berasal dari daerah kecil.

Apakah merantau salah? Tidak. Hanya saja, jika kamu memutuskan ingin merantau, lebih baik dipersiapkan dulu. Jangan asal pergi ke tanah rantau, kemudian di sana belum tahu mau kerja apa bahkan tinggal di mana. Karena kalau seperti itu nanti yang rugi malah diri kamu sendiri.

Pastikan kalau kamu memang ingin memutuskan untuk merantau, harus punya beberapa hal berikut ini :

#1 Keterampilan

Ketika kamu merantau, maka akan menemui kehidupan baru. Lingkuan akan berbeda bahkan gaya hidupnya berbeda. Misalnya saja kamu dari daerah Wonogiri, di mana daerah ini cukup kecil dan jauh dari keramaian. Gaya hidupnya pun mayoritas sederhana. Lalu kamu memutuskan untuk merantau ke Jakarta, yang mana gaya hidupnya sangat berbeda.

Baca juga : Jika Kamu Akan Merantau ke Jakarta, Tips Ini Akan Membantumu

Dari segi biaya hidup jelas lebih mahal, belum lagi hal-hal lain yang berhubungan dengan pergaulan.

Jelas, jika ingin merantau ke kota-kota besar seperti Jakarta yang dibutuhkan pertama kali adalah Keterampilan. Mengapa keterampilan penting?

Karena ini yang akan kamu jadikan modal untuk bertahan hidup di tanah rantau. Dengan keterampilan inilah kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari pekerjaan atau berkarya di tanah rantau nanti. Sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan yang akan digunakan untuk hidup di perantauan.

“Kalau nggak punya keterampilan gimana?

Kalau tidak punya keterampilan, mending kamu belajar dulu di daerah kamu. Atau ikut-ikut kursus singkat. Kecuali jika kamu sudah dijamin mendapatkan pekerjaan di perantauan nanti. Dan pekerjaan itu sudah cocok dengan kamu dan yakin akan bisa bertahan di sana. Kalau sudah seperti itu, ya silakan saja.

Tetapi intinya adalah keterampilan adalah modal utama dan terpenting ketika kamu ingin merantau.

#2 Cepat Beradaptasi

Kemudian ketika kamu nanti sudah berada di perantauan, pastikan kalau kamu bisa cepat beradaptasi. Karena dengan berada di lingkungan yang baru, kamu harus bisa menyesuaikan dengan cepat. Agar kamu juga bisa berkembang di tanah rantau. Selain itu juga bisa membuat kamu betah di sana.

Banyak orang yang kembali pulang kampung karena tidak kuat di perantauan. Hal tersebut disebabkan karena tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan dan gaya hidup yang baru.

#3 Terbuka dan Mau Belajar

Kamu harus punya pemikiran yang terbuka, karena nanti bakal bertemu dengan orang-orang baru, kehidupan baru, gaya hidup yang baru, serta lingkungan yang baru. Selain harus cepat beradaptasi, kamu juga perlu mau menerima kehidupan baru mu dengan terbuka. Tapi ingat, kamu juga perlu bisa menjaga diri kamu dan memilah mana yang baik untuk diri mana yang buruk. Sehingga kamu tetapi bisa mendapatkan hal baru, tanpa harus merugikan diri sendiri.

Selain itu kamu juga harus mau belajar.

Kalau sudah di sana, jangan sekadar fokus untuk mencari uang saja. Tetapi juga belajarlah akan hal-hal baru yang bermanfaat untuk diri kamu. Karena itu nanti bisa kamu jadikan bekal untuk bertahan hidup di sana.

#4 Punya Tujuan

Dan pastikan kalau kamu merantau punya tujuan. Ingat, tujuan ini selain mencari uang. Karena mencari uang itu sudah kewajiban. Nah, kamu dengan mencari uang di tanah rantau ini nanti tujuannya untuk apa. Apakah untuk membeli rumah, untuk biaya nikah, untuk biaya haji, dll. Itu terserah kamu, yang penting harus punya tujuan.

Ini penting soalnya agar menjadi motivasi dan target kamu bekerja. Tentu kamu tidak ingin selamanya hidup di perantauan, kecuali memang sedari awal sudah berniat ingin menghabiskan hidupnya di tanah rantau. Tapi apapun itu, memiliki tujuan sangat penting. Agar kamu nanti tidak sekadar mencari uang, lalu menghabiskannya begitu saja.

Di tanah rantau itu, sebisa mungkin harus hemat dan pandai mengelola uang.

Baca juga : Nasib Perantau, Ingin Pulang Malu Tak Pulang Rindu

***

Bekerja merantau itu memang butuh keberanian. Tidak sekadar punya modal mental, tetapi juga harus punya beberapa hal yang telah dituliskan di atas tersebut. Semoga kamu ingin merantau, bisa sukses di tanah perantauan. Dan jangan sampai lupa dengan kampung halaman. Sukses ya!

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *