Frustrasi Karena Sulit Cari Kerja? Begini Cara Memotivasinya

Frustrasi Cari Kerja

Kami paham kalau Anda mungkin frustrasi karena sulit cari kerja. Sudah melamar ke berbagai perusahaan tetapi ditolak. Giliran ada yang bisa menerima, eh Anda sendiri yang tidak cocok dengan perusahaan itu. Akhirnya munculah kekecewaan yang cukup berat dan akhirnya membuat Anda menjadi patah semangat.

Namun, kami ingin meyakinkan kepada Anda, bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Apapun yang Anda inginkan pasti akan bisa tercapai. Asal Anda tidak mudah patah semangat, terus berusaha dan tentunya tingkatkan doa ibadah Anda.

Kami akui memang tidak mudah untuk membuat menjadi semangat lagi. Apalagi sudah bertahun-tahun Anda menganggur. Percayalah ini proses, asal Anda mau bergerak pasti akan mendapatkan jalan.

Untuk memudahkan Anda agar bangkit kembali dari frustrasi sulitnya cari kerja, Anda bisa lakukan ini.

Tentukan tujuan yang sejelas-jelasnya.

Banyak orang yang bingung cari kerja, ke sana ke mari ditolak terus, disebabkan karena tidak punya tujuan yang jelas. Dalam meniti karier, Anda harus menentukan tujuan yang jelas. Tujuan ini misalnya bekerja di posisi yang ideal dengan kemampuan Anda. Atau ingin bekerja di budaya kerja yang seperti Anda bayangkan. dll

Intinya buatlah tujuan yang jelas. Tujuan ini sangat membantu Anda untuk terus berjalan mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Karena kalau tidak punya tujuan, ya akhirnya cari kerja sembarangan, dan asal-asalan.

Jalin Networking.

Kalau Anda ingin mencapai tujuan Anda, maka perbanyaklah jaringan. Dekatilah orang-orang yang sudah profesional dan perluas jangkauan sosialisasi Anda. Tetapi ingat, bersosialah dengan orang-orang yang bisa memberikan pengaruh positif untuk karier Anda.

Kalau Anda hanya berkutat sendirian, maka akan sedikit informasi pekerjaan yang datang ke Anda.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan media sosial yang sudah ada untuk membantu memperluas jaringan profesional Anda. Misalnya saja dengan aktif dan membuat CV yang menarik di LinkedIn.

Baca juga  : Cara Mencari Kerja Melalui LinkedIn

Mintalah Feedback dari para Profesional.

Anda sulit cari kerja bisa disebabkan adanya kesalahan ketika Anda melamar, entah itu cara membuat CV, attitude saat wawancara atau lainnya. Nah, supaya bisa mengetahui apa kesalahan Anda, coblah untuk meminta feedback dari para profesional. Kalau Anda punya rekan yang paham soal HR, mintalah umpan balik tentang resume atau CV Anda.

Minta saran juga bagaimana sebaiknya melamar pekerjaan yang baik itu.

Dengan seperti ini Anda akan bisa lebih terbuka lagi dan bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Mulailah olahraga.

Jika Anda sudah mulai frustrasi dan stres, sebaiknya mulailah olahraga. Ini akan membantu Anda untuk mengurangi beban itu. Dan dengan berolahraga, Anda akan mendapatkan energi baru untuk bisa terus berusaha mendapatkan yang Anda pinta.

Berolahraga terbukti ampuh untuk mengalihkan beban pikiran Anda. Apalagi olahraga yang banyak menggerakkan fisik, stres pun akan bisa hilang.

Ubah Cara Anda.

Kalau sudah melakukan cara yang sama tetapi tetap gagal, ya jangan diulangi lagi. Cobalah untuk mengubah cara Anda dalam mencari pekerjan. Gunakan pendekatan yang berbeda.

Susah Cari Kerja? Coba Anda Mulai Melakukan Ini

Di era sekarang ini mencari pekerjaan juga menjadi pro kontra. Ada yang menganggap justru lebih mudah, tetapi di lain sisi masih banyak yang merasa kesulitan. Tetapi tidak masalah, yang penting Anda harus terus tekun dan jangan berhenti untuk belajar hal baru. Kalau Anda pasif, maka akan semakin tertinggal dan itu semakin menyulitkan Anda dalam mencari pekerjaan.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *