Menjadi Customer Service yang Handal dan Profesional

Customer Service

Banyak yang mengira profesi pekerjaan Customer Service itu mudah, kerjanya cuma melayani konsumen atau klien saja. Tetapi faktanya menjadi customer service itu juga butuh kemampuan dan kesabaran yang tinggi. Karena pastinya nanti bakal menemui berbagai macam orang dengan karakter berbeda-beda dan tujuan yang berbeda pula.

Mungkin kalau ada konsumen atau klien yang menanyakan terkait layanan jasa atau produk perusahaan bisa dengan mudah menjelaskannya. Namun, apabila sudah masuk ke ranah komplain, kritik, bahkan ada yang ngamuk tidak jelas, tentu butuh penanganan yang berbeda.

Customer Service itu juga manusia biasa, dimana mereka juga punya tingkat kesabaran dan kemampuan yang terbatas. Nah kadang banyak konsumen atau klien yang menanyakan hal-hal di luar lingkup kerja CS. Kalau CS tidak bisa menangani dengan baik, yang kena semprot tidak hanya CS, tetapi juga pelayananan perusahaan secara keseluruhan.

Baca juga : Tugas Customer Service Itu Seperti Ini Lho

Untuk itu menjadi Customer Service pun harus handal dan profesional. Lalu bagaimana caranya?

Mampu mengendalikan emosi

Customer service tugasnya melayani konsumen dan sering kali mendapatkan banyak masukkan yang berbeda-beda dari konsumen. Karakter tiap orang berbeda-beda, dan kadang kalau menyampaikan dengan nada yang berbeda. Untuk itu menjadi seorang CS harus mampu mengendalikan emosi. Tidak boleh mendahulukan emosi karena seburuk apapun kabar yang diterimanya, seorang CS harus mampu menjadi penenang.

Jika CS tidak bisa mengendalikan emosi tentu bakal memperkeruh suasa dan tentu dapat mencemarkan nama baik perusahaan.

Seorang CS harus bisa selalu tenang, apapun masalah yang disampaikan dari konsumen, harus dihadapi dengan tenang. Dengan ketenangan itu, CS akan mampu menangkap informasi dengan benar, untuk selanjutkan diteruskan ke bagian yang terkait.

Punya respon yang cepat

Orang kita itu pengennya sesuatu yang cepat, termasuk ketika komplain ke CS. Ketika complain atau bertanya dengan CS, harapannya langsung segera di eksekusi. Meskipun kadang harus ada SOP nya dulu, tetapi seorang CS mesti mampu bergerak dengan cepat. Ia harus mampu merespon keinginan konsumen dengan cepat sesuai dengan prosedur yang ada.

Menepati Janji

Sering kali Customer Service berhadapan dengan masalah yang disampaikan oleh konsumen. Dari sini konsumen ingin mendapatkan kepastian. Seorang CS harus mampu memberikan janji tetapi janji yang bisa diwujudkan. Sehingga konsumen pun bisa lebih tenang dengan komplain yang disampaikan.

Berwawasan luas

Tidak harus memahami produk atau jasa yang jual perusahaan, tetapi seorang CS juga perlu memiliki wawasan di bidang yang berkaitan dengan produk perusahaan. Misalnya saja menjadi Customer Service Provider Telekomunikasi, tentu tidak hanya harus tahu produk-produknya, melainkan juga tahu hal-hal lain yang ada di bidang tersebut. Sehingga ketika menjelaskan kepada konsumen tidak dianggap ‘bodoh’ oleh konsumen.

Tidak membicarakan tingkah konsumen

Customer Service yang profesional tentunya sudah tahu risiko yang ada dipekerjaannya ini, yaitu mendapatkan komplain yang kadang tidak menyenangkan. Tetapi itu sudah bagian dari pekerjaannya dan tidak tepat jika hal tersebut dijadikan omongan antar rekan kerja atau di luar jam kerja.

Ini masalah etika, kalau sudah bicara profesionalisme, maka juga bicara etika.

Menjadi Customer Service yang handal dan profesional memang tidak mudah, butuh kematangan dari diri sendiri sebelum mampu mengatur dan melayani orang lain.

Apakah kamu tertarik untuk mencari Customer Service?

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *