Home » Tips » Cara Mencari Kerja Melalui Media Sosial LinkedIn Sesuai Yang Diinginkan

Cara Mencari Kerja Melalui Media Sosial LinkedIn Sesuai Yang Diinginkan

LinkedIn - Media Sosial

Bersyukurlah yang di era digital sekarang ini masih nganggur. Ya, nganggur pun juga perlu disyukuri. Hikmah menjadi pengangguran di era digital sekarang ini adalah mudahnya dalam mencari pekerjaan. Kamu tidak perlu repot door to door ke perusahaan untuk mengirim lamaran, cukup pantengin media sosial maka lowongan pekerjaan akan datang.

Salah satu media sosial yang bisa kamu manfaatkan adalah LinkedIn. Ada yang sudah pernah membukanya? atau malah ada yang sudah punya akun? Selamat, berarti kamu orang kece!

Tapi kalau punya akun di LinkedIn jangan dianggurin saja, masa iya media sosial mu ikut-ikut jadi pengangguran?

Nah, buat kamu yang saat ini sedang menjadi pekerjaan atau mungkin ingin pindah kerjaan, melalui media sosial LinkedIn ini kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kamu. Caranya gampang banget. Saya asumsikan kamu sudah punya akun di LinkedIn.com ya, kalau belum buruan gih bikin. Tapi nanti saja bikinnya, sekarang mah baca dulu artikel ini sampai selesai biar nggak bingung.

Langsung saja ke caranya!

1. Isi profil dengan lengkap

LinkedIn ini merupakan media sosial yang tidak seperti Facebook. Secara fitur memang agak-agak mirip, tapi media sosial yang satu ini lebih segmented. Orang-orang yang bergabung atau memiliki akun di LinkedIn sudah pasti mereka yang ingin mendapatkan informasi di bidang karier dan bisnis. Ini menariknya LinkedIn.

Untuk itu dalam mengisi profil, haruslah diisi seprofesional mungkin. Di LinkedIn ini ada isian tentang Pengalaman Kerja/Organisasi, Pendidikan, Keterampilan, Prestasi dan lainnya. Nah, form-form ini isilah sesuai dengan data yang kamu miliki.

Bisa dikatakan LinkedIn ini semacam Curriculum Vitae yang tersaji secara online.

Baca juga : Mari Membuat Resume/CV Lamaran Kerja Yang Menarik Minat Perusahaan

Di bagian pengalaman, isilah pengalaman kamu pernah kerja di mana dan sebagai apa. Kalau belum pernah bekerja, ya isi dengan pengalaman organisasi kamu. Lalu bagian pendidikan juga penting untuk kamu isi dengan lulusan dari sekolah atau universitas mana dan jurusan apa.

Di bilah keterampilan jangan lupa juga, ini yang penting. Kamu punya skills apa saja silahkan ditulis dengan detail, berikan juga nilai atas kemampuanmu itu.

2. Gunakan Foto Profil yang Menarik

LinkedIn - Profil

Karena ini media sosial profesional, maka gunakan foto profil yang menarik dan terlihat profesional. Atau minimal pasang foto profil pas foto kamu seperti yang ada pada ijazah itu. Jangan pernah memasang foto profil yang alay dan menggelikan. Ingat, ini LinkedIn bukan Facebook!

Kalau kamu pasang foto yang alay, ya jatuhkan nanti kamu akan dinilai negatif sama orang, terutama yang ingin hire kamu.

3. Membangun Jaringan

Kamu bisa menambahkan teman di akun LinkedIn kamu, tapi pastikan menambahkan teman yang sesuai dengan profesi atau berkaitan dengan profesi kamu. Bangunlah jaringan dengan teman barumu. Berkenalanlah dengan sopan dan secara profesional dengan tujuan untuk menjalin relasi profesional. Bukan malah kenalan untuk mencari pasangan. Eh tapi bisa ya nggak apa-apa sih. hehehe

LinkedIn - My Network

Enaknya di LinkedIn ini kamu bisa mendapatkan teman dari kalangan-kalangan pebisnis bahkan owner perusahaan. Jadi kamu harus bersikap profesional, supaya suatu saat jika mereka membutuhkan bantuan, kamu bisa menawarkan dan diterima.

Baca juga : Manfaat Memperluas Networking Bagi Pegawai

Karena kadang ada yang berbagi informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui status mereka. Owh ya, saran saya adalah coba tambahkan teman yang memiliki profesi sebagai HR, karena mereka kerap berbagi informasi lowongan kerja.

4. Update Status yang Informatif

LinkedIn - Update Status

Sama halnya dengan foto profil, ketika akan update status di LinkedIn, usahakan memberikan tulisan yang informatif tentunya yang berkaitan dengan karier maupun bisnis. Jangan posting status yang alay, lebay atau galau. Ingat ini LinkedIn.

Ketika berkomentar mu juga demikian, kamu harus profesional. Jangan seperti komentar di Facebook yang isinya maki-maki dan mengundang SARA.

5. Cari Pekerjaan Sekarang!

Nah untuk mencari pekerjaan di LinkedIn caranya mudah. Setelah kamu mengisi profil kamu dengan lengkap kamu bisa cek beranda apakah ada yang share informasi lowongan kerja. Tapi itu tentu akan sulit karena tidak selalu postingan info lowongan kerja bisa terbaca.

LinkedIn - Lowongan Kerja

Untuk memudahkannya, kamu bisa menuju ke halaman Jobs (menu bagian atas yang ikonnya tas kerja) yang ada di akun LinkedIn kamu. Di sinilah informasi lowongan pekerjaan ada. Dan kamu akan mendapatkan informasi loker yang sesuai dengan keahlian dan kesukaanmu. Hal ini dikarenakan sistem LinkedIn membaca profil keterampilan dan lainnya yang telah kamu isi tadi. Itulah mengapa bagian itu harus diisi dengan jujur.

Perusahaan kelas menengah hingga atas pun kerap mempublikasikan lowongan kerja di sini.

Baca juga : Ingin Kerja di Google? Pastikan Resume Kamu Ada 5 Poin Penting Ini

Kamu tinggal memilih yang sesuai dengan kriteria kamu. Selanjutnya kamu bisa Apply lowongan pekerjaan itu secara langsung.

Begitulah cara mencari kerja melalui media sosial LinkedIn. Cara yang sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Asal kamu punya skills, semua itu akan didapatkan dengan mudah. Selamat mencoba dan berusaha!

Bagikan artikel ini :

Baca Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *