Home » Tips » Karir » STOP! Jangan Asal Memilih Pekerjaan di Pengalaman Pertama Anda

STOP! Jangan Asal Memilih Pekerjaan di Pengalaman Pertama Anda

Pengalaman Kerja
(c) http://lensza.co.id

Hampir setiap tahun, dan pada bulan-bulan tertentu, banyak kita temui para pencari kerja yang notabene masuk dalam kategori fresh graduate mendatangai event Job Fair. Dan sangat disayangkan jika para pencari kerja tersebut menerima pekerjaan yang tidak sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Dan fakta di lapangan, seringkali, saat proses seleksi karyawan, ditemukan hampir sebagaian besar memiliki pengalaman kerja pertama yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan maupun keterampilan yang dimiliki.

Dengan alasan yang cukup klise para pencari kerja menerima pekerjaan tersebut, yaitu sebagai media pembelajaran. Selain alasan tersebut, banyak juga yang menggunakan alasan karena sudah terlanjur melamar dan sudah terlalu menganggur. Akibatnya, banyak dari mereka yang bekerja di suatu tempat hanya beberapa bulan hingga menjadi kutu loncat. Mari hentikan kesesatan tersebut, gunakan beberapa langkah bijak berikut ini:

Terapkan Prinsip: Karir Pertama Anda Adalah Gambaran Karir Berikutnya

Mencari pekerjaan seperti mencari jodoh, gampang-gampang susah. Tetapi selama Anda berani untuk berpegang pada prinsip kriteria pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan, dapat dipastikan Anda akan memperoleh pekerjaan tersebut. Godaan terbesar pada saat pertama kali mencari kerja adalah ketakutan di dalam diri yang seringkali menjadi masalah besar.

Pasti di antara Anda sering berpikir bahwa, “Saya melakukan kesalahan besar jika tidak segera bekerja” atau mungkin Anda menggunakan alasan “Orang sekitar saya mulai mengeluhkan dan mempertanyakan karena saya yang tidak kunjung bekerja. Saya menyarankan, cukup Anda menguatkan hati, dan tetap berpegang teguh bahwa Anda layak mendapatkan yang terbaik.

Menerapkan karir pada prinsipnya bukanlah hal yang sulit. Carilah informasi sebanyak mungkin profesi ataupun pekerjaan yang menarik menurut Anda. Namun permasalahan saat ini adalah, beberapa di antara para pencari kerja adalah malas untuk melakukan hal tersebut. Tentu saja perlu diingat, hasil usaha Anda berasal dari apa yang Anda kerjakan.

Terapkan Prinsip: Bekerja di Perusahaan Besar Merupakan Lahan Belajar Utama

Mengapa demikian? Hampir sebagian perusahaan besar memiliki sistem yang sudah matang. Mari kita melihat sejenak perusahaan seperti Astra Internasional, Garuda Food, Toyota, United Tractor, dan sebagainya, merupakan perusahaan yang memiliki sistem terstandar seperti struktur organisasi yang jelas, deskripsi pekerjaan, sistem training, perekrutan, dan sebagainya. Jadikan hal ini sebagai standar utama Anda dalam mencari pekerjaan. Dengan sistem yang telah terstandar dan kemampuan Anda untuk mencari informasi dengan baik, maka Anda akan memperoleh pengalaman belajar yang sangat berharga.

Terapkan Prinsip: Stop Menjadi Kutu Loncat

Banyak para pencari kerja yang hanya bekerja beberapa bulan saja di tempat A, kemudian pindah ke tempat B, dan seterusnya. Sebaiknya, Anda tidak melakukan hal ini, karena dapat menurunkan kredibilitas Curiculum Vitae yang Anda miliki. Anda akan dicap kurang bisa berkomitmen dan memiliki gambaran karir yang tidak jelas oleh bagian recruitment di sebuah perusahaan. Dengan menerapkan kriteria karir dan tempat kerja yang benar-benar Anda inginkan merupakan salah satu langkah untuk meminimalisir terjadinya kutu loncat. So, tingkatkan ketahanan kerja Anda, niatkan di pengalaman bekerja yang pertama Anda ingin menambah pengalaman kerja, bukan hanya mencari materi semata.

Terapkan Prinsip: Work Hard and Keep Pray

Tampilkan performa yang optimal dari diri Anda saat berada di tempat kerja. Lejitkan potensi yang Anda miliki dan kembangkan. Bekerjalah sesuai target dan jangan terlalu banyak mengeluh. Bekerja di tempat dengan sistem yang ter-standar merupakan tanggung jawab besar. Ritme kerja dan juga target kerja yang tinggi seringkali menjadi keluhan para karyawan. Namun demikian, hal inilah yang membuat Anda kuat. Lakukan usaha semaksimal mungkin, dan banyak-banyak berdoa agar selalu diberi kemudahan dalam segala urusan.

Demikianlah, tiga prinsip yang perlu diterapkan dalam mencari pengalaman kerja pertama. Sesuaikan dengan potensi yang Anda miliki, dan jangan mengambil tindakan yang memunculkan penyesalan sepanjang karir Anda. Semoga sukses, dan selamat menapaki tangga karir Anda

Bagikan artikel ini :