Meningkatkan Karir dengan Hal-Hal Kecil yang Berdampak Besar

Cara Meningkatkan Karir

Sering kali kita berpikir bagaimana caranya meningkatkan karir dan diri kita bisa lebih dihargai di lingkungan kantor. Apakah harus membuat sesuatu yang besar dulu supaya bisa dapat achievement, atau mendekati atasan supaya dapat perhatiannya.

Yang tidak kita sadari adalah, untuk bisa meningkatkan karir tidak selamanya harus melakukan hal besar. Banyak kok hal-hal kecil yang berdampak besar pada karir kita. Malah kadang kita sering meremehkan hal-hal kecil ini.

Apa saja hal-hal kecil itu?

Cara Meningkatkan Karir

1. Selalu Menepati Janji

Kalau kamu sudah janjian dengan rekan kerja atau bahkan atasan, pastikan untuk selalu menepati janjinya. Tapi menepati janji itu tidak cukup, harus tepat waktu sesuai dengan waktu yang sudah disepakati bersama.

Ini akan memberikan kesan kalau kamu orangnya on time. Dan ini sangat bagus dalam lingkungan kerja, karena orang-orang yang seperti ini tentu akan siap jika diberikan tanggung jawab yang lebih.

2. Jangan Sungkan untuk Minta Tolong dan Berterima kasih

Nggak usah sok tahu dan sok bisa segalanya. Kalau memang kamu merasa kesulitan, mintalah tolong kepada rekan kerja. Minta tolong itu tidak ada yang salah kok. Justru dengan minta tolong, rekan kerjamu akan merasa senang karena mereka diandalkan.

Dan ini tidak akan membuat kamu menjadi rendah. Asal saat meminta tolong, kamu sampaikan dengan cara yang baik. Melalui cara ini pun kamu juga bisa belajar dari orang lain.

Jangan lupa juga untuk selalu bilang “Terima kasih” kepada semua orang atas kebaikannya sekecil apapun itu.

3. Jangan Lupa Nama Orang

Ketika kamu berkomunikasi dengan rekan atau partner kerja, pastikan kamu tahu namanya. Jangan sampai lupa nama orang tersebut. Dengan mengingat namanya, ini menandakan kalau kamu orangnya perhatian.

Misal saja kamu di kantor dititipi barang oleh Si A, untuk dikasih ke Si B. Pas kamu ngasih ke Si B, kamu cuma bilang dapat titipan barang dari dia yang kerja di bagian ABC. Tentu akan agak gimana gitu, beda kalau kamu tahu namanya. Pasti komunikasi akan jelas dan kamu pun akan mendapat penilaian positif dari orang lain.

Tidak kenal bukan berarti tidak tahu namanya.

Baca juga : Ingin Memiliki Karir yang Baik? Yuk Jaga Hal Berikut Ini

4. Tataplah Matanya Saat Bicara

Tatap Muka Saat Bicara

Ketika kamu berkomunikasi dengan orang lain secara langsung, sangat penting untuk menatap mata lawan bicaramu. Ini adalah cara untuk menghormati orang lain. Beda ketika kamu saat berbicara matanya malah kesana kemari, yang kamu ajak bicara pun juga akan merasa tidak nyaman.

5. Dengarkan, Jangan Potong Pembicaraan

Ketika lawan bicaramu sedang berbicara, dengarkanlah dengan penuh perhatian. Jangan memotong pembicaraannya sebelum ia berhenti. Biasakan untuk mendengarkan dulu sampai selesai, baru mulailah untuk bicara. Apalagi kalau kamu lagi bicara sama atasan, cara bicaramu harus dijaga.

6. Sesekali Ngopi Bareng Atasan

Untuk mencari perhatian dari atasan, kamu tidak perlu melakukan hal-hal yang aneh. Cukup ajak ngopi santai. Tapi ingat, ketika kamu lagi ngopi sama atasan, kamu jangan jadi yang dominan. Jangan asal membuka topik pembicaraan. Lihatlah sikon dan arah pembicaraan atasan.

Intinya kamu ngikut saja tapi jangan terlalu pasif juga.

Kalau memang atasan lagi mood diajak ngobrol soal kerjaan, ya silakan. Tapi kalau lagi pengen bahas hal lain di luar kerjaan, ya jangan menyinggung masalah kerjaan.

Di bawa santai saja tapi tetap menghormati.


Nah hal-hal kecil tersebut bisa meningkatkan karir dan membawa dampak besar untuk karir kamu. Ya jangan harap langsung bisa naik ke jenjang karir yang lebih tinggi. Paling tidak posisi kamu di kantor bisa lebih dihargai oleh rekan-rekan kerja maupun atasan.

Kalau kamu sudah berada di posisi seperti itu, kamu tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan kenyamanan dalam bekerja, termasuk promosi ke jenjang karir yang lebih tinggi. Semoga!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.