Home » Motivasi » Berikut Syarat dan Job Desc Teller Bank

Berikut Syarat dan Job Desc Teller Bank

Syarat jadi Teller Bank

Apakah kamu ingin bekerja di bank? Jika iya posisi apa yang kamu inginkan? Apakah yang ada di frontliner sepert Customer Service dan Teller, atau yang berada di back office?

Kalau ternyata kamu ingin bekerja menjadi Teller Bank, kebetulan sekali kalau di artikel ini RuangPegawai ingin berbagi informasi mengenai syarat dan beberapa job desc dari Teller Bank.

Baik bank nasional maupun bank swasta, sudah pasti semuanya memiliki posisi pekerjaan ini. Karena Teller bank itu sangat krusial sekali. Kalau kamu belum tahu apa saja tugasnya, bisa di baca di artikel kami sebelumnya.

Baca ini : Tugas Teller Bank yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Kerja di Perbankan

Dan secara umum tugas dari Teller di sebuah bank itu sama. Misalnya saja Teller Bank Mandiri, job desc nya juga sama dengan yang ada di Bank BRI. Mungki yang membedakan budaya kerjanya saja.

Nah, jika kamu ingin menjadi Teller Bank, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu miliki. Kami ulas secara santai saja agar kamu bisa mengerti. Silakan simak.

#Pendidikan

Dalam hal pendidikan atau latar belakang pendidikan, menjadi Teller Bank tidak hanya bagi yang lulusan di jurusan keuangan (ekonomi/akuntansi) saja. Tetapi beberapa jurusan seperti matematika dan ilmu komunikasi bisa bekerja di posisi ini.

Sedangkan untuk jenjang pendidikannya minimal Diploma III.

Biasanya nanti akan ada semacam pelatihan bagi pegawai baru. Sehingga tidak hanya dari jurusan keuangan saja yang bisa. Yang penting punya IPK yang sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan bank tersebut.

#Hard Skill

Hard skill merupakan keahlian yang terlihat. Untuk bekerja di posisi ini, kamu mesti punya beberapa keahlian seperti hitung cepat, serta kemampuan berbahasa asing (Inggris) baik verbal maupun non verbal yang baik. Karena nanti pasti akan menemui nasabah yang merupakan Warga Negara Asing. Sehingga agar tidak mengecewakan dan membuat citra buruk bank, perlu punya keahlian ini.

Kemudian keahlian yang tak kalah penting adalah tahu mengenai dasar akuntansi. Meskipun nanti biasanya akan diajari, tetapi memiliki basic di bidang ini akan sangat baik.

#Soft Skill

Kemudian masalah soft skill yang perlu dimiliki oleh seorang pegawai Teller Bank adalah :

  • Ramah dan Sopan. Karena nanti akan berhadapan dengan nasabah setiap harinya,maka perlu punya sikap yang ramah dan sopan terhadap orang lain. Karena ini juga akan berdampak pada citra bank itu sendiri.
  • Sabar dan Ulet. Seorang teller bank harus sabar dan punya keuletan atau ketelitian yang tinggi. Karena nanti akan berhadapan dengan uang yang jumlahnya tidak sedikit sehingga perlu teliti. Dan jangan sampai mudah emosi, harus sabar.
  • Komunikasi. Dalam hal komunikasi, teller bank harus punya kemampuan yang baik. Bisa bicara dengan jelas dan tidak membuat nasabah menjadi bingung. Karena ketika nanti menjelaskan kepada nasabah, perlu komunikasi yang baik.

#Fisik

Dari segi fisik, biasanya pihak bank menjadi kandidat yang berpenampilan menarik (good looking), intinya enak dipandang mata. Baik dari penampilan pakaiannya, hingga kelakuannya sama-sama baik. Good Looking ini bukan berarti harus cantik atau tampan. Silakan kamu lihat teller-teller bank itu seperti apa.

Sedangkan untuk job desc Teller sendiri sebenarnya sudah kami informasikan di artikel sebelumnya. Tetapi intinya seperti ini.

Job Desk Teller Bank

  • Memproses transaksi dari nasabah/non nasabah/masyarakat umum baik itu setoran atau tarik tunai yang ada di dalam layanan bank tersebut.
  • Melakukan rekap setoran kliring, inkaso, serta pemindahbukuan.
  • Melayani nasabah dalam hal pembelian maupun penjualan valas (valuta asing).
  • Menjalin hubungan baik dengan nasabah (perilaku).
  • dll

Intinya seperti itu. Lebih detailnya akan dijelaskan di masing-masing bank. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk bekerja sebagai Teller Bank?

Bagikan artikel ini :

Baca Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *