Mengapa Perusahaan Harus Memperpanjang Kontrak Kerja Anda?

Kontrak Kerja

Mungkin itu salah satu pertanyaan yang dilemparkan HRD ke Anda terkait status pekerjaan Anda di perusahaan tersebut. Pertanyaan tersebut sederhana, tetapi ketika ditanya mengapa perusahaan harus memperpanjang kontrak kerja Anda, banyak pegawai yang sulit untuk menjawabnya. Pada akhirnya semua berakhir dipemutusan kontrak kerja karena tidak mampu memberikan alasan dan keyakinan kepada pihak perusahaan.

Tentu ketika Anda mendapatkan pertanyaan seperti itu dari HRD, sebaiknya Anda sudah punya jawabannya dulu apakah ingin tetap di perusahaan tersebut atau tidak. Dan kalau melihat pertanyaan tersebut, yang jelas Anda memang ingin tetap di perusahaan tersebut dan ingin kontrak kerjanya diperpanjang.

Baca juga : Jangan Sepelekan Masa Percobaan Kerja Jika Tak Ingin Kehilangan Kontrak Kerja

Dalam memperpanjang kontrak kerja, pihak perusahaan pasti juga sudah punya penilaian tersendiri terhadap kinerja Anda selama bekerja. Penilaian itu bisa positif, bisa juga negatif. Tetapi penilaian yang negatif belum tentu membuat kontrak kerja Anda diputus. Karena semua itu tergantung dari negosiasi ulang antar kedua belah pihak.

Jadi jangan sia-siakan jika Anda diminta memberikan pengajuan untuk tetap memperpanjang kontrak kerja.

Evaluasi Kinerja selama 1 Tahun terakhir

Sebelum berhadapan dengan HRD dan ditanya pertanyaan seperti itu, sebaiknya Anda sudah memiliki persiapan yang matang. Persiapan itu berupa hasil evaluasi kinerja Anda selama 1 tahun terakhir. Anda harus mampu menilai kinerja diri Anda sendiri. Ini mungkin agak sedikit kurang logis, tetapi penilaian dari sisi Anda sendiri akan mampu memberikan hasil kesimpulan terkait performa Anda.

Meskipun nanti hasilnya tidak sesuai dengan penilaian pihak HR, paling tidak Anda sudah menyadari kinerja Anda. Dan tentunya Anda juga harus terbuka dan menerima masukan atas penilaian Anda dari mata HRD.

Dengan memiliki hasil evaluasi kerja ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk bahan pertimbangan perpanjangan kontrak kerja.

Jika kinerja Anda positif, berarti Anda bisa memberikan alasan yang kuat untuk akan meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi. Namun apabila kinerja Anda selama setahun terakhir buruk, Anda bisa berjanji untuk melakukan perubahan yang lebih baik lagi.

Bersedia di tempatkan di posisi mana saja

Selain dengan melihat performa kinerja Anda, alasan lain yang bisa membantu Anda untuk tetap berada di perusahaan tersebut adalah dengan memberikan kesiapan kepada pihak HRD untuk ditempatkan di posisi mana saja. Posisi yang dimaksud bisa saja posisi jabatan pekerjaan atau lokasi kerja misalnya di kantor cabang perusahaan.

Tetapi sebelum memberikan jawaban seperti itu, pastikan kalau diri Anda memang benar-benar siap untuk hal itu. Sehingga apabila nanti pihak HR benar memberikan jabatan atau lokasi yang berbeda, Anda tidak masalah. Karena semata-mata semua itu dilakukan akan tetap bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Anda sudah menyiapkan proyek bagus

Jawaban lain bisa Anda jelaskan ke pihak HR ketika ditanya seperti itu adalah Anda sudah menyiapkan proyek menarik untuk perusahaan. Tentu yang berhubungan dengan posisi pekerjaan Anda. Tapi jawaban ini berlaku jika Anda memang sudah menyiapkan proyek itu. Sehingga perusahaan akan sia-sia jika sampai memutus kontrak kerja Anda.

Anda bisa mencoba menjelaskan sedikit rencara proyek itu, bagaimana pengaruhnya terhadap perusahaan dll. Sehingga itu nanti dapat dijadikan pertimbangan.

Baca juga :

***

Pemutusan kontrak kerja sebenarnya hal wajar di sebuah perusahaan. Dan biasanya kalau perusahaan memiliki tipikal disiplin dan etos kerja yang baik, pemutusan kontrak kerja kadang didasari oleh attitude pegawai saat bekerja. Meskipun hasil kerja bagus, tetapi attitude nya buruk, biasanya juga tidak akan diperpanjang kontraknya.

Intinya adalah mari bekerja sebaik mungkin. Menjadi pegawai yang kreatif, aktif, dan bersikap baik. Karena sekecil apapun yang kita lakukan, akan ada penilaian tersendiri. Jangan sampai penilaian buruk mempengaruhi masa depan Anda di perusahaan tempat Anda bekerja. Selamat Bekerja!

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *