Home » Tips » Bagaimana Mengatasi Stres Kerja yang Benar Agar Sukses dalam Bekerja?

Bagaimana Mengatasi Stres Kerja yang Benar Agar Sukses dalam Bekerja?

Apakah kamu sedang banyak tekanan dalam pekerjaan dan kamu ingin mengetahui bagaimana mengatasi stres kerja yang cukup menguras energi itu?

Bekerja merupakan aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari. Namun, tidak jarang pekerjaan yang dilakukan dengan penuh tekanan, dapat menimbulkan stres yang cukup menguras tenaga kita. 

Salah satu hal yang membuat kita stres saat bekerja adalah deadline pekerjaan yang harus diselesaikan segera. Beberapa pekerjaan seperti itu, tidak heran membuat sebagian karyawannya mengalami stres kerja.

Beberapa hal lain yang juga menjadi faktor stress yang kita alami saat bekerja adalah karena beban kerja yang terlalu berat, lingkungan kerja yang kurang nyaman, sampai pekerjaan yang menumpuk dan tidak ada habisnya. Lalu bagaimana mengatasi stres kerja itu?

Apa Itu Stres Kerja atau Burnout ?

Menurut WHO (World Health Organization), Stres kerja (burnout) merupakan suatu sindrom. Sindrom ini dikonseptualisasi sebagai hasil dari stres yang parah di tempat kerja, yang tidak dikelola dengan baik. 

Mengatasi Stres Kerja

Segala sesuatu hal terjadi karena ada penyebabnya. Begitu juga dengan stres kerja. Penyebab stres kerja yang paling utama adalah tuntutan pekerjaan yang terlalu banyak. Selain itu, beberapa hal berikut ini juga dapat memicu stress kerja:

  • Kurangnya kemampuan, kompetensi, dan ilmu tentang bidang pekerjaan yang digeluti
  • Mengalami rasa bosan terhadap rutinitas pekerjaan yang dilakukan
  • Mendapatkan Gaji atau Upah yang rendah
  • Tidak memiliki atau mendapatkan fasilitas kerja yang memadai 
  • Tidak mendapatkan promosi jabatan atau kesempatan karir yang lebih tinggi
  • Memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan rekan kerja atau atasan
  • Mendapatkan diskriminasi di lingkungan pekerjaan
  • Terlalu perfeksionis dalam bekerja

Adapun beberapa gejala fisik dan psikologis yang bisa dialami karena tidak bisa mengatasi stress kerja, Sebagai berikut:

  • Merasa cemas
  • Merasa pesimis dengan karir
  • Merasa kewalahan dalam bekerja
  • Kesulitan mengambil keputusan
  • Menurunnya rasa percaya diri
  • Menarik diri dari aktivitas sosial
  • Menghilangnya nafsu makan
  • Sering merasa lelah 

Bagaimana Mengatasi Stres Kerja?

Jika stres kerja tidak segera diatasi, Dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif yang lebih besar untuk diri si pekerja. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi stres kerja:

  1. Kenali Batas Kemampuan 

Dalam bekerja, Kita harus mengenali batas kemampuan kita. Tidak sedikit orang yang bekerja secara terpaksa untuk hal yang bukan bidangnya. Hasilnya, pekerjaan menjadi tidak selesai, banyak terjadi kesalahan dan tentunya akan merugikan perusahaan.

Baca juga :   Yakin Mau Ambil Pekerjaan Baru? Baca Ini Sebelum Memutuskannya!

Sebaiknya, kenali terlebih dulu kemampuan kita dalam bekerja. Dengan begitu, kita bisa mengoptimalkan waktu serta membuat strategi untuk menyelesaikan setiap pekerjaan kita, serta mengurangi stres kerja.

  1. Sharing dengan Rekan Kerja

Ketika berada di tempat kerja, Sharing dengan rekan kerja juga dapat menjadi cara mengatasi stres kerja yang jitu. 

Mulailah dengan membuka obrolan dan sharing bersama rekan kerja, agar tercipta suasana yang lebih positif dan semangat. Mengobrol juga dapat membuat kamu lebih rileks, sehingga suasana kerja terasa lebih nyaman.  

  1. Jangan Lakukan Multitasking Saat Bekerja

Bekerja membutuhkan fokus yang baik, agar semua pekerjaan cepat terselesaikan. Saat bekerja, Kamu tidak bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus (multitasking). Jika ini dilakukan, maka stres kerja akan kamu alami.

Yang harus dilakukan untuk menghindari Multitasking dalam bekerja adalah kamu harus fokus mengerjakan pekerjaan satu per satu. Bila perlu susunlah jadwal pekerjaan mana dulu yang ingin kamu selesaikan. Hindari menumpuk pekerjaan.

  1. Melupakan Pekerjaan untuk Sejenak

Hidup itu harus berjalan dengan seimbang, Maka kamu akan bisa mengatasi stress kerja. Seimbangkan kehidupan pekerjaan dengan hiburan. 

Lakukan hal-hal yang kamu suka di waktu luang, seperti berkebun, menonton Netflix atau berenang. Hal-hal tersebut akan membuat pikiranmu refresh kembali dan siap melanjutkan pekerjaan tanpa stress kerja yang tinggi.

  1. Menghindari Konflik

Ingin mengatasi stress kerja dengan mudah? Maka sebaiknya hindari konflik dengan sesama rekan kerja. Adanya konflik dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental kita loh. Hindari setiap gosip atau hal-hal yang dapat menimbulkan masalah dengan mereka.

Jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan oleh Tim, namun ada orang yang mungkin bisa berkonflik dengan kamu, Sebaiknya hindari bekerja satu tim dengannya. Mengatasi stres kerja akan menjadi lebih mudah, saat kesehatan mental terjaga.

  1. Awali Hari dengan Senyuman

Sebelum berangkat kerja, biasakan memulai hari dengan senyuman. Lakukan hal-hal yang dapat mengurangi stress di pagi hari, seperti workout ringan, atau minum kopi favorit kamu. 

Jangan lupa untuk selalu tersenyum sebagai tanda kamu mensyukuri atas apa yang terjadi hari itu dan kamu akan siap menghadapi tantangan dalam pekerjaan sekalipun. 

Jika kamu mengalami stress ketika berada di tempat kerja, Pastikan kamu segera menyelesaikan permasalahan tersebut dan mengatasi stres kerja dengan beberapa cara di atas. Semoga pekerjaanmu selalu menyenangkan ya!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.