5 Lowongan Kerja Agribisnis Yang Perlu Kamu Ketahui

Lowongan Kerja Agribisnis

Sebagai negara Agraris, profesi dibidang Agribisnis tidak mendapatkan kepopuleran dibandingkan profesi lainnya. Padahal dengan potensi pangan yang ditangani dengan benar maka tanah subuh Indonesia menawarkan banyak lowongan kerja Agribisnis pada lulusan yang mempelajarinya. Berikut adalah beberapa profesi yang dapat dilakukan  sarjana bidang Agribisnis. 

Peluang Kerja Bidang Agribisnis 

Lowongan Kerja Agribisnis
Foto oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels

Sarjana yang mempelajari sisi Agriculture atau Pertanian dan Bisnis mempertemukan semua elemen pertanian mulai sektor produksi sampai pemasaran. Bisnis yang bergerak pada bidang tersebut ada banyak yang membutuhkan lulusan dari jurusan Agribisnis untuk menempati berbagai jabatan dan posisi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya. 

1. Peneliti Agribisnis

Memiliki minat untuk mengembangkan pertanian indonesia untuk jadi bisnis populer membuka peluang untuk menjadi seorang peneliti. Sarjana Agribisnis dapat mengabdikan diri dengan bergabung pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau  LIPI dan instansi lainnya. 

Sektor swasta juga ada saja yang sedang membutuhkan tenaga peneliti untuk mempelajari teknologi pangan terbaru. Peluang menjadi seorang peneliti cukup luas dan beragam. Temukan cara terbaik untuk budi daya pertanian dengan tuntutan yang variatif. Perlu diingat pula bayaran profesi ini cukup tinggi dibandingkan peluang kerja Agribisnis lainnya. 

2. Konsultan Pertanian

Lowongan kerja Agribisnis yang cukup variatif adalah menjadi konsultan pertanian. Ada banyak usaha yang dapat memanfaatkan tenaga lulusan Agribisnis. Perkembangan Teknologi Pertanian, Konsultan Budi Daya Pangan, Tanaman dan Pemeliharaan, Konsultan Penanganan Penyakit Pertanian, adalah sederetan tanggung jawab yang dapat dimilikinya.

Faktanya Konsultan Pertanian diharap jadi bagian perusahaan untuk membuat berbagai keputusan penting. Beberapa di antaranya adalah membuat rekomendasi, saran, analisa segala sesuatu di dunia pertanian. Dengan demikian ada banyak peluang usaha yang dapat memanfaatkan pengetahuan Agribisnis yang para sarjananya miliki. 

3. PNS Bappeda

Menjadi pejawai negeri sipil yang bekerja pada instansi pemerintah di bidang pertanian adalah opsi lain bagi lulusan agribisnis. Bekerja pada  Bappeda atau Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah dapat mendedikasikan diri pada negara. 

Tugas PNS di Bappeda tentu beragam. Namun intinya adalah membantu masyarakat dalam mengelola pertanian. Mulai dari sawah, ladang ataupun perkebunan dapat diatur dengan sistematis. Jadi profesi dapat membuat perubahan baik secara lokal maupun nasional. 

Baca juga : Jadi PNS Itu Enak, Kamu Bisa Lakuin Ini

4. Pengajar

Agribisnis dapat merambah ke dunia pendidikan. Mulai dari pengajar di SMU sampai dosen yang mengajar mata pelajaran di bidang pangan atau pertanian. Profesi tersebut dapat memperkenalkan Agribisnis secara umum pada jenjang pendidikan terendah. Pendidikan yang lebih tinggi dapat membantu peminat di bidang ini untuk menjadi lulusan terbaik. 

Jadi seorang pendidik di bidang Agribisnis dapat mengantarkan siswanya untuk mengejar karir di bidang yang memiliki banyak potensi ini. Mulai dari mengajarkan teori sampai praktek, pengajar Agribisnis dapat menerapkan pengetahuannya di dinia edukasi. 

5. Hortikultura Komersial

Profesi ini lebih berfokus pada tumbuhan dan tanaman. Seorang Hortikultura Komersial berhubungan dengan toko bunga, perusahaan pembibitan, toko penjual tanaman sampai toko serba ada atau supermarket.

Tanaman bisa dijadikan hiasan, budi daya atau diolah menjadi bentuk yang lain. Profesi ini bertugas menangani tanaman dari bentuk bibit sampai menjadi berbagai produk unggulan. Kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah pengetahuan dasar pertanian, pintar berkomunikasi serta lihat menjelaskan sesuatu. 

Nah demikianlah prospek lowongan kerja Agribisnis yang bisa digeluti oleh para lulusannya. Bukan hanya memikirkan bagaimana membuat inovasi pangan yang populer. Sarjana Agribisnis juga perlu mempertimbangkan bentuk bisnis yang ditawarkannya pada khalayak. Bagi kamu yang memiliki minat untuk bidang pertanian dan segala seluk-beluk bisnisnya. Pemaparan di atas dapat jadi inspirasi bagaimana dunia kerja bagi para Sarjana Agribisnis akan terlihat. 

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.