Home » Motivasi » Jadi PNS Itu Enak, Kamu Bisa Lakuin Ini

Jadi PNS Itu Enak, Kamu Bisa Lakuin Ini

Jadi PNS
image via waspada.co.id

Apa yang ada dibenak kamu ketika mendengar kata PNS? Pastinya sebuah pekerjaan yang saat ini masih diidam-idamkan banyak orang. Ya meskipun faktanya banyak juga yang meremehkan profesi PNS, tapi sejatinya PNS itu pekerjaan yang mulia.

Karena PNS (Pegawai Negeri Sipil) itu dipekerjakan oleh negara guna melayani masyarakat, namanya saja abdi negara. Ini sungguh mulia sekali, karena bisa melayani dan membantu masyarakat itu tentu menjadi kebanggan tersendiri.

Akan tetapi fakta buruk yag beredar di masyarakat adalah jika PNS tidak mampu bekerja dengan baik. Birokrasi yang ada masih menyulitkan masyarakat. Hal sepele saja seperti pelayanan tingkat desa, masih banyak yang mengeluh karena faktor kecepatan pelayanan dan lainnya. Itu fakta.

Baca juga : Plus Minus Pegawai Negeri dan Pegawai Swasta!

Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor.

  1. Faktor Sistem. Para PNS tidak bekerja maksimal, karena adanya sistem yang salah. Sistem ini juga menyangkut masalah birokrasi pemerintahan yang ada di suatu daerah maupun lingkup nasional. Kalau sistemnya saja sudah salah, ya pegawainya juga tidak bisa 100% bekerja dengan baik.
  2. Faktor Lingkungan. Namun tidak selamanya sistem itu salah, ada faktor lain yang juga menyebabkan para PNS tidak bisa menjadi pelayan masyarakat yang baik. Faktor itu adalah masalah lingkungan. Lingkungan ini yang sering kali membuat para PNS tidak bisa bekerja sesuai dengan sistem yang ada. Akibat dari kesalahan faktor lingkungan ini misalnya muncul suap di suatu pelayanan masyarakat.
  3. Faktor Individu. Ketika seseorang menjadi PNS hanya karena ingin mendapatkan gaji yang tetap dan masa depan (‘finansial’) yang jelas saja, biasanya akan berdampak pada kinerja selama bekerja. PNS bekerja yang sekedar kerja saja, tidak diimbangi dengan kesadaran bahwa dirinya sejatinya sebagai pelayan masyarakat. Faktor ini yang harus diluruskan sejak dini.

Beberapa faktor di ataslah yang membuat pamor PNS kian turun. Profesi yang sejatinya bisa dihormati dan menjadi tumpuan bagi masyarakat, justru tergerus karena kesalahan para PNS sendiri.

Nah untuk itu solusi paling baik adalah jangan benci dengan profesi PNS. Sekarang ini banyak anak-anak muda berbakat yang justru malah membenci profesi ini karena banyaknya keburukan yang terjadi di dunia PNS. Padahal ini kesempatan bagi anak-anak muda untuk merubah kebiasaan itu.

Jika anak-anak muda yang memang sejatinya ingin merubah keadaan, akan lebih baik jika mulai masuk di profesi pelayan masyarakat ini. Tapi ingat, tujuannya untuk mengabdi dan berbakti kepada negara, bukan jadi PNS hanya karena gaji saja. Kalau hanya mengincar gaji saja, ya pada akhirnya sama saja.

Baca juga : Stigma Buruk Dari Masyarakat Tentang Pekerjaan

Ketika nanti anak-anak muda berbakat sudah masuk di dunia PNS, maka ia bisa merubah kebijakan-kebijakan yang masuk akal. Mereka akan bisa memperbaiki sistem birokrasi dengan baik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan yang diidam-idamkan.

Karena sekarang ini banyak PNS yang mohon maaf kurang kompeten di bidangnya. Sehingga ketika membuat kebijakan ya tidak sesuai dengan keadaan yang sekarang dibutuhkan. Pada akhirnya terkesan hanya bakar-bakar anggaran.

Jadi mari mencoba merubah negeri ini tanpa mencaci. Keburukan memang ada, tapi itu yang harus kita rubah demi anak cucu kita. Kalaupun memang tidak ingin menjadi PNS untuk merubah, ya tidak perlu mencaci lagi, berkaryalah dengan cara kita sendiri dan mari dukung orang-orang baik yang sudah berkecimpung di ranah pegawai negeri sipil agar bisa merubah negeri.