Home » Tips » Karir » Apa Karir Yang Cocok Untuk Saya?

Apa Karir Yang Cocok Untuk Saya?

Karir yang cocok
pixabay

RUANGPEGAWAI.com – Beberapa hari yang lalu, ada yang menanyakan ke RuangPegawai tentang apa karir yang cocok untuk dirinya. Hhm, sulit juga untuk menjawabnya. Masa iya dijawab kamu tidak cocok kerja di air???

Nah, pertanyaan-pertanyaan ini pasti juga pernah terlintas dibenak Anda khususnya yang baru akan meniti karir di dunia kerja. Wajar, karena peralihan dari dunia pendidikan ke dunia kerja memang tidak mudah apalagi bagi yang tidak punya pengalaman dengan dunia luar selama mengeyam pendidikan.

Kalaupun saat ini ada yang menanyakan hal seperti itu lagi ke RuangPegawai, tentu juga tidak menjawabnya. Karena karir yang cocok untuk Anda itu ya hanya Anda yang tahu. Jadi kali ini RuangPegawai hanya bisa memberikan tips-tips dan arahan singkat supaya Anda bisa menentukan karir yang cocok dengan diri Anda.

Silahkan disimak beberapa poin berikut :

#1 Kenali diri Anda

Sudahkah Anda kenal dengan diri Anda yang sebenarnya? Bagaimana karakter diri Anda? Siapa Anda? Orang yang bagaimanakah Anda?

Cari tahu tentang diri Anda, dan tentunya jangan berbohong. Kalau Anda orangnya memang introvert, ya akui saja. Mencari kelebihan dan kekurangan diri sendiri itu kadang tidak mudah. Dan ini fakta ketika beberapa calon pegawai ditanya saat interview kerja.

Beberapa pertanyaan interview kerja, pasti akan ada pertanyaan apa kelebihan dan kekurangan diri Anda. Tak jarang calon pegawai pun sulit untuk menjelaskan bahkan ada yang tidak tahu. Nah, kalau sudah seperti sulit untuk menentukan hal apa yang sebaiknya ditempuh untuk langkah selanjutnya.

Dengan mengenali diri sendiri, maka Anda akan tahu dimana dan apa pekerjaan yang cocok untuk Anda.

Baca juga : Ini Dia Pilihan Jenis Pekerjaan Yang Sesuai Minat dan Kepribadian Anda

#2 Tulis Keahlian Anda

Dalam bekerja, keahlian itu yang diutamakan. Karena dalam dunia kerja yang dibutuhkan bukan orang yang pandai dalam berteori saja, tetapi juga bagaimana ia mampu mengerjakan sesuatu dengan keahlian yang dimiliki.

Untuk itu, coba tulis keahlian Anda, apapun itu. Baik keahlian yang didapatkan dari proses pendidikan, maupun yang memang sudah timbul sejak Anda dilahirkan.

Yang namanya keahlian, berarti Anda juga harus menguasainya. Misalnya Anda punya keahlian dalam berhitung dan memanajemen keuangan, itu nanti bisa Anda jadikan referensi bidang pekerjaan yang Anda tuju seperti jadi administrasi keuang, akuntan, dan lainnya.

Intinya cobalah untuk mengawali karir dari keahlian.

#3 Mau Belajar

Ketika pertama kali masuk dunia kerja, yang perlu Anda lakukan adalah mau belajar. Jangan menjadi sok pintar meskipun Anda banyak gelar dan lulusan dari universitas tenar.

Mungkin akan berat, namanya juga peralihan dari dunia pendidikan ke pekerjaan. Tetapi jika Anda memiliki kemauan untuk belajar hal baru, itu semua bisa mengantarkan ke karir yang cocok untuk diri Anda.

Banyak pegawai baru yang terlalu cepat mengeluh dan putus asa di dunia kerja. Salah satu alasannya karena mereka tidak mau belajar. Mereka menganggap kemampuan yang didapatkannya selama sekolah atau kuliah sudah cukup untuk bersaing di dunia kerja. Padahal itu belum ada apa-apanya.

Jadi tingkatkan kemauan untuk belajar hal-hal baru dan belajarlah dari para senior. Karena mereka yang telah punya pengalaman di bidangnya langsung.

#4 Tingkatkan Etos Kerja

Etos kerja itu lebih ke pandangan Anda terhadap suatu pekerjaan. Bagaimana Anda mengekspresikan, bersikap dan meyakini tentang apa yang Anda kerjakan. Ini penting untuk menentukan karir Anda ke depannya.

Tanpa etos kerja yang baik, Anda pun akan kehilangan arah dalam berkarir. Anda akan merasa tidak ada pekerjaan yang cocok dengan diri Anda. Padahal itu diakibatkan karena etos kerja Anda yang buruk.

Baca juga : Filosofi Alam Yang Dapat Kamu Gunakan Dalam Bekerja

Kurang lebih seperti itu.

Apabila Anda mengalami masalah ini (bingung memilih karir), sebaiknya jangan bingung. Tenang dan cari jalan keluarnya. Dengan mencoba keempat poin di atas, semoga Anda menjadi lebih mudah dalam menentukan #karir yang tepat untuk Anda.

Tetapi tak jarang karir yang tepat untuk diri Anda itu bermula dari sebuah keterpaksaan. Ya, Anda harus dihadapkan dengan keterpaksaan memilih sebuah bidang pekerjaan. Akan tetapi jika itu dilakukan dengan sikap mau belajar dan diimbangi dengan etos kerja yang positif, bisa jadi Anda akan menyukai. Dan itu bisa menjadi karir yang positif ke depannya untuk diri Anda.

Kesimpulan akhir adalah jangan pernah takut untuk mencoba, coba lagi jangan berhenti. Sukses untuk Anda. 🙂