Home » Ragam » Syarat Kerja Jadi Admin Media Sosial Itu Apa?

Syarat Kerja Jadi Admin Media Sosial Itu Apa?

Admin Media Sosial

Di artikel sebelumnya, RuangPegawai telah membahas soal tugas admin social media. Nah, bagi yang sudah membaca, tentu ingin lebih tahu lagi soal pekerjaan yang berhubungan dengan internet ini. Untuk melengkapinya, maka kami ingin memberikan beberapa hal yang perlu kamu miliki jika ingin kerja jadi admin media sosial.

Baca artikel sebelumnya : Tugas Admin Social Media dan Tanggung Jawab Kerjanya

Tujuan dibuatnya artikel ini agar kamu bisa tahu dan mempersiapkan diri sebelum melamar pekerjaan ini.

Jadi mari kita mulai dari sisi latar belakang pendidikan dulu.

Pendidikan Fleksibel

RuangPegawai beberapa kali melihat lowongan pekerjaan Admin Media Sosial, dan bisa dikatakan profesi pekerjaan ini tidak mengharuskan di latar belakang pendidikan tertentu. Untuk jenjang pendidikan saja ada yang mensyaratkan minimal S1, D3, bahkan ada yang SMA sekalipun.

Karena pekerjaan ini sejatinya memang bisa dilakukan oleh semua orang. Mau dia lulusan SMA, D3, S1, pasti sudah bisa mengoperasikan internet khususnya mengelola akun media sosial.

Nah, untuk latar belakang pendidikannya ini juga beda-beda. Ada yang mensyaratkan lulusan Komunikasi, Ilmu Komputer, Manajemen, Manajemen Bisnis, dll. Biasanya kalau bagian ini akan disesuaikan dengan latar belakang perusahaannya.

Misalnya ada perusahaan toko pertanian, kadang bisa juga syaratnya lulusan Pertanian. Tujuannya agar lebih tahu tentang dunia pertanian. Sehingga nanti dalam mengelola konten media sosial lebih mudah menyampaikannya.

Buat kamu yang ingin mencari pekerjaan ini, tenang saja, tidak perlu merisaukan syarat pendidikan yang tertulis. Karena RuangPegawai bisa katakan masalah latar belakang pendidikan ini sangat fleksibel untuk pekerjaan Admin Media Sosial.

Kalau kamu merasa mampu tetapi di syarat pendidikan tidak sesuai, hajar saja. Dan yakin kalau kamu pasti bisa. Nanti ketika mendapatkan panggilan interview tinggal diyakinkan kembali pihak HRD nya mengapa harus memilih kamu.

Tapi ingat, jangan modal yakin saja. Tetapi kamu juga harus mau berjuang dan berkembang, terutama mempelajari hal-hal baru seperti content marketing. Karena itu sangat penting untuk menunjang profesi ini. Mempublikasikan status di akun media sosial perusahaan tidak seperti update status di media sosial sendiri. Harus tahu apa yang akan dipublikasikan, untuk siapa, apa tujuan dan pengaruhnya, serta kapan dipublikasikannya.

Masalah Teknis

Menjadi Admin Media Sosial ini tentu harus tahu soal teknis pengelolaan akun media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus dan lainnya. Tetapi tidak hanya soal teknis pengoperasian saja yang perlu kamu miliki. Lebih dari itu kamu harus punya kemampuan dalam hal komunikasi (tertulis).

Hal ini bisa kamu pelajari, tetapi akan lebih baik jika kamu sudah memiliki skill ini.

Karena menjadi Admin Media Sosial ini harus punya kemampuan komunikasi yang baik, misalnya saja bagaimana menjawab pertanyaan/komentar/keluhan dari followers.

Kalau kamu ingin memiliki nilai ‘jual’ yang tinggi lagi di hadapan HR, kamu perlu memiliki kemampuan marketing. Paling tidak punya dasar-dasar marketing. Karena menjadi Admin Medsos nantinya juga dituntut untuk bisa menjual produk perusahaan melalui media sosial.

Masalah Internal

Ini lebih ke pengetahuan dan wawasan dari sisi Admin Media Sosial. Bahwa ketika telah menjadi Admin Media Sosial di sebuah perusahaan atau tempat kerja manapun, harus tahu beberapa hal, seperti :

  • Profil Perusahaan

Seorang admin media sosial harus tahu profil perusahaannya seperti apa. Bagaimana citranya di masyarakat, apa saja produk atau jasanya. Sehingga dengan paham soal profil perusahaan ini Admin akan lebih mudah dalam mengelola konten-konten untuk media sosial nanti.

  • Mengetahui SOP

Setiap perusahaan punya SOP nya masing-masing. Misalnya kalau ada masalah yang berhubungan dengan bidang X, larinya ke ini, dsb. Dengan seperti ini maka admin media sosial akan lebih mudah mengatasi keluhan atau menindaklanjutin pertanyaan/komentar yang masuk.

  • Memiliki Ciri

Admin media sosial harus punya ciri khas, entah dalam menyapa atau dalam melayani masukan dari followers. Semua itu wajib disiapkan dengan tepat.

  • Tahu Target Marketnya

Ya, admin media sosial harus tahu siapa target market perusahaan. Coba berkolaborasi dengan tim marketing agar memudahkan merancang sistem komunikasi yang baik dan sesuai dengan target saat di media sosial.

***

Nah secara umum seperti itu beberapa hal yang perlu dimiliki oleh Admin Media Sosial. Tetapi ya seperti di artikel kami sebelumnya, bahwa kadang setiap perusahaan punya kebijakan masing-masing dengan posisi pekerjaan ini. Job desc nya pun kadang berbeda. Tetapi yakinlah itu mudah dilakukan. Selamat Bekerja!

Bagikan artikel ini :

Baca Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *