Tugas Manajer Penjualan & Kisaran Gajinya

Tugas Manajer Penjualan

Profesi di bidang penjualan ini juga memiliki jenjang karier yang cukup baik, salah satu jenjang karier yang tinggi yaitu Manajer Penjualan. Tetapi untuk menjadi seorang Manajer Penjualan ini tidak bisa juga sembarangan. Harus bisa memenuhi kualifikasi dan keterampilan yang dibutuhkan.

Menjadi Manajer Penjualan ini nantinya juga harus bisa mengelola manajemen penjualan secara umum. Namun, tidak lagi mengurusi hal-hal teknis seputar penjualan secara langsung di lapangan, karena itu sudah pekerjaan bawahannya. Lantas apa yang menjadi tugas Manajer Penjualan itu?

Berikut penjelasan yang bisa kami sampaikan.

Tugas Manajer Penjualan

Apa itu Manajer Penjualan?

Manajer Penjualan adalah orang yang membuat perencanaan, pengarahan, atau mengkoordinasikan arus penjualan produk atau layanan ke para pelanggannya. Dalam mengkoordinasikan tidak langsung terjun sendiri, tetapi didiskusikan dengan bawahannya (tim penjualan yang turun di lapangan).

Selain itu Manajer Penjualan juga harus bisa membuat wilayah pasar dan tujuan penjualannya. Statistik penjualan yang telah didapatkan dari para stafnya, harus dianalisa untuk menentukan program dan langkah selanjutnya.

Untuk bisa memiliki tim penjualan yang solid, Manajer Penjualan juga perlu melakukan pelatihan-pelatihan atau workshop bagi para pegawai penjualannya.

Latar Belakang Pendidikan, Gaji & Jabatan

Menjadi Manajer Penjualan ini minimal harus memiliki jenjang pendidikan S1 dengan latar belakang pendidikan jurusan Administrasi Bisnis, Marketing, Ekonomi, Manajemen. Tetapi untuk jurusan lain jika memang memungkinkan juga tidak jadi masalah. Semua itu tergantung dari kebutuhan dan kebijakan pihak perusahaan.

– Berapa Gaji Manajer Penjualan?

Seperti yang kami sampaikan di informasi tugas kerja sebelum-sebelumnya, masalah besaran gaji ini menyesuaikan kondisi, baik kondisi perusahaan maupun lokasi. Tetapi kalau kita bicara secara profesional, gaji Manajer Penjualan itu berkisar antara Rp 10-14 juta.

– Contoh Jabatan Pekerjaan

Manajer Penjualan ini memiliki beberapa jabatan pekerjaan sesuai dengan lingkup dan kondisi perusahaan. Berikut beberapa contoh jabatannya :

Manajer Penjualan Regional, Direktur Penjualan, Supervisor Penjualan, Wakil Presiden Penjualan, Sales Manager, Representatif Penjualan.

Tugas Manajer Penjualan

Sales Manager

Di atas sudah disinggung sedikit tentang tugas dari Manajer Penjualan, tetapi secara umum Tugas Manajer Penjualan itu seperti ini :

  • Melakukan pengawasan kepada Manajer Penjualan Regional/Lokal dan staf-staf yang ada di bawahnya
  • Memberikan penyelesaian terhadap keluhan dari pelanggan terkait kepuasan penjualan atau pelayanan yang diberikan
  • Membuat perencanaan dan pengarahan kepada para staf di bawahnya serta memberikan pelatihan tentang bagaimana mengembangkan program penjualan dan pelayanan yang baik untuk pelanggan
  • Mengevaluasi kinerja staf di bawahnya
  • Menganalisa laporan penjualan dan menentukan keuntungan dari proyek penjualan
  • Menentukan program diskon dan harga

Selain itu Manajer Penjualan itu harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan Manajer Pemasaran. Karena keduanya ini saling berkaitan.

Itu tugas umum dari Manajer Penjualan, mungkin di beberapa perusahaan ada perbedaan tergantung dari situasi dan kondisi perusahaan itu sendiri.

Kualifikasi & Keterampilan Manajer Penjualan

Apakah Anda tertarik untuk berprofesi sebagai Manajer Penjualan? Jika iya, pastikan Anda memiliki kualifikasi pengetahuan seperti berikut :

  • Administrasi & Manajemen. Anda perlu memiliki kemampuan administrasi dan manajemen yang baik, karena Anda tidak hanya mengatur tentang strategi penjualannya saja tetapi juga mengkoordinasi staf-staf penjualan yang ada di bawah Anda
  • Kemampuan Bahasa Inggris. Sudah menjadi hal wajib untuk fasih dalam berbahasa Inggris, baik verbal maupun non verbal. Apalagi jika perusahaan Anda memiliki skala yang besar.
  • Layanan Pelanggan yang Baik. Anda juga perlu memiliki kemampuan pelayanan yang baik untuk pelanggan maupun personal. Tahu bagaimana harus memenuhi kepuasan pelanggan dari layanan yang diberikan
  • Kemampuan Organisasi. Maksudnya adalah tahu bagaimana mengelola tim dan mencari personil baru untuk direkrut menjadi tim Anda.
  • Ilmu Penjualan & Pemasaran. Tentu yang utama adalah memiliki pengetahuan mengenai prinsip-prinsip penjualan dan pemasaran, karena ini merupakan dasar.

Baca juga : Tugas Account Manager & Tanggung Jawabnya

Sedangkan Keterampilan & Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Manajer Penjualan adalah :

  • Aktif Mendengarkan
  • Memiliki Koordinasi yang Baik
  • Kritis dalam Berpikir
  • Memiliki kemampuan persuasif yang baik
  • Pemahaman membaca yang baik
  • Kepekaan lingkungan sosial
  • Komunikasi yang baik

Baca juga : Cara Berkomunikasi Lebih Efektif di Tempat Kerja

Itulah tugas Manajer Penjualan, dari ulasan di atas apakah Anda tertarik untuk memiliki jabatan pekerjaan sebagai Manajer Penjualan?

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.