Mengenal Profesi WordPress Developer & Keahlian yang Dibutuhkan

Saat ini profesi WordPress Developer semakin banyak dicari. Karena WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang paling banyak digunakan. Di tahun 2021 lalu, pengguna CMS WordPress sudah mencapai 60 juta pengguna.

Bahkan saat ini banyak perusahaan yang menggunakan WordPress sebagai platform untuk membangun website perusahaannya. Tak heran kalau profesi WordPress Developer sekarang ini semakin naik daun.

WordPress Developer

Apakah WordPress Developer ini sama dengan profesi Web Developer lainnya? Di artikel ini Anda akan memahami lebih detail tentang WordPress Developer dibandingkan dengan profesi sejenis.

Apa itu WordPress Developer?

WordPress Developer adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang pengembangan website menggunakan CMS (Content Management System) WordPress.

Seorang WordPress Developer harus bisa mengelola, mengembangkan situs website berbasis WordPress baik secara front-end maupun back-end. Jadi secara spesifik profesi ini hanya akan fokus pada pengembangan situs web yang menggunakan CMS WordPress.

Tentu ini akan menjadi nilai plus tersendiri bagi developer, karena akan mendapatkan kemudahan dalam pengelolaannya. Secara umum, WordPress sudah menyediakan template dan plugin gratis maupun berbayar yang bisa langsung digunakan. Sehingga dari sisi developer ini akan memudahkan dalam mengembangkan website.

Intinya tidak perlu membangun dari awal, dan apabila perlu tambahan fitur baru tinggal cari plugin yang sesuai. Kalau pun plugin tersebut kurang pas, tinggal di kustom sesuai kebutuhan.

Tapi apakah menjadi WordPress Developer hanya bermodal bisa install themes dan plugins saja?

Keahlian yang Dibutuhkan

Meskipun WordPress sudah menyediakan banyak sekali pilihan themes dan plugins yang gratis maupun berbayar, tetapi Anda tetap harus memiliki keahlian di bidang website.

Keahlian yang dibutuhkan seperti :

Front End Developer

Keahlian yang biasanya akan dibutuhkan adalah dibidang Front-End Developer. Yaitu masalah pengembangan tampilan depan website. Sehingga keahlian yang perlu dikuasai seperti HTML, CSS, JQuery dan JavaScript. Terutama dalam hal penggunaan page builder yang sekarang ini banyak digunakan di situs-situs web WordPress.

Keahlian ini nanti dibutuhkan ketika Anda ingin melakukan kustomisasi pada template websitenya dan yang berhubungan dengan tampilan yang dilihat users.

Back End Developer

Selain itu Anda juga perlu memiliki keahlian dibidang Back-End, seperti PHP dan MySQL Database.

Keahlian ini diperlukan ketika Anda diminta untuk menambahkan fitur-fitur tambahan untuk website seperti membuat plugin tambahan atau melakukan kustomisasi pada template dan plugin dari sisi back-end nya.

Pengelolaan Server/Hosting

Anda juga perlu punya keahlian dalam bidang pengelolaan server/hosting websitenya. Pastinya Anda harus tahu bagaimana menghubungkan domain dengan server hosting, mengelola DNS, melakukan backup, pengetahuan tentang cPanel/VPS, dan sejenisnya.

Baca juga :   5 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dengan Peluang Masa Depan Cerah!

Anda tidak perlu expert yang penting masalah server/hosting ini Anda paham.

Menguasai WordPress Codex

Keahlian yang terakhir menurut kami harus menguasai WordPress. Yang dimaksud menguasai bukan hanya sebatas menginstall WordPress di hosting, kemudian install template dan plugin saja. Tetapi juga menguasai struktur dari CMS WordPress itu sendiri.

Ingat, WordPress ini merupakan content management system yang dibuat dengan struktur yang sedemikian rupa. Mereka punya WordPress Codex yang dapat memudahkan pengembang untuk mengkustomisasi CMS WordPress.

Sehingga ketika nanti ada masalah, Anda juga paham bagaimana melakukan troubleshooting-nya.

Tugas dan Tanggung Jawab WordPress Developer

Di awal sudah disinggung sedikit masalah tugas WordPress Developer. Tetapi lebih detailnya tergantung dari masing-masing perusahaan. Ada yang memang diminta untuk menjaga dan mengelola situs WordPress agar bisa berjalan dengan normal saja.

Tetapi ada juga yang memang tugasnya harus membuat website dengan CMS WordPress yang butuh kustomisasi banyak sesuai kebutuhan.

Jadi yang paling umum adalah tugas WordPress Developer adalah melakukan pengelolaan dan pengembangan website (WordPress) dari sisi front-end maupun back-end.

Kadang ada juga yang diminta untuk melakukan integrasi situs web WordPress dengan sistem lain.

Sedangkan untuk tanggung jawab WordPress Developer secara umum untuk mengelola, memperbaiki, dan memperbarui situs website berbasis WordPress. Untuk beberapa perusahaan biasanya mereka mencari WordPress Developer dengan tanggung jawab seperti ini :

  • Memastikan dan menjaga situs website dapat diakses dengan normal
  • Melakukan instalasi WordPress di server atau hosting
  • Melakukan setup domain dan hosting
  • Melakukan installasi dan pengaturan template dan plugin
  • Melakukan perbaikan situs website
  • Melakukan backup dan restore
  • Melakukan kustomisasi website (WordPress)
  • dll

Prospek Kerja WordPress Developer

Prospek kerja profesi WordPress Developer cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya lowongan pekerjaan WordPress Developer dalam beberapa tahun terakhir.

Apalagi WordPress ini merupakan CMS yang paling populer. Banyak perusahaan dari skala UMKM hingga corporate yang telah menggunakan WordPress. Sehingga ini menyebabkan permintaan atas pengembang WordPress semakin tinggi.

Akan tetapi hal ini juga diikuti dengan tingginya kompetisi di profesi ini. WordPress itu merupakan CMS yang mudah dipelajari, sehingga profesional yang paham dan punya keahlian dibidang CMS WordPress ini juga semakin banyak.

Saran kami, meskipun WordPress termasuk CMS yang mudah digunakan, Anda harus tetap mempelajari dan mengikuti pembaharuan seputar WordPress dan dunia website. Karena menggunakan WordPress perlu kreativitas yang tinggi agar Anda bisa bersaing dengan para WordPress Developer lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.