Apa itu HeadHunter? Bagaimana Sistem Kerja HeadHunter?

Apa itu HeadHunter

HeadHunter adalah pihak ketiga yang membantu para klien (perusahan-perusahaan) untuk mendapatkan talent (SDM) yang sesuai dengan requirements yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Sehingga pihak perusahaan tidak perlu repot untuk menjaring pegawai baru, karena cukup diserahkan ke pihak HeadHunter.

Biasanya, HeadHunter ini bisa berupa perusahaan konsultan yang berisi para ahli rekruter profesional atau ada juga yang bekerja secara individu (profesional) yang memang diminta oleh suatu perusahaan untuk mencarikan kandidat pegawai baru untuk perusahaannya.

Jadi bisa dikatakan HeadHunter sebagai jembatan antara penyedia kerja (perusahaan) dan pencari kerja.

Apa itu HeadHunter

Bagaimana Sistem Kerja HeadHunter?

Secara sederhana, HeadHunter akan diberikan requirements pegawai yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kemudian HeadHunter mencarikan calon pegawai yang sesuai. Nah biasanya HeadHunter sudah memiliki banyak database calon pegawai yang sebelumnya memang sudah mengirim CV ke HeadHunter.

Jadi, bagi orang yang belum punya kerja maupun yang sudah punya kerja dan nanti ingin pindah kerja, bisa mengirim CV nya ke HeadHunter.

Pihak HeadHunter ini nanti akan bekerja dengan melihat kebutuhan perusahaan dan kemampuan yang dimiliki oleh para kandidat yang ada di databasenya. Jika dirasa ada yang cocok atau mendekati, HeadHunter akan menghubungi kandidat tersebut. Kemudian setelah itu akan diserahkan ke pihak perusahaan.

Berarti Tim HRD di sebuah perusahaan yang menggunakan jasa HeadHunter tidak bekerja dong?

Tidak juga, semua keputusan final tetap ada di pihak HRD perusahaan. HeadHunter hanya akan memberikan rekomendasi beberapa kandidat yang dibutuhkan, kemudian nantinya pihak HRD Perusahaan yang akan memutuskan apakah layak atau tidak.

Lhoh? Kalau seperti itu mengapa perusahaan harus pakai HeadHunter?

Keberadaan HeadHunter sangat membantu pihak perusahaan karena tidak perlu sibuk mencari calon pegawai yang dibutuhkan. Apalagi jika yang dibutuhkan sangat banyak. Sehingga perusahaan bisa tetap fokus pada bisnis yang dijalankan.

Baca juga : Jurus Merekrut Karyawan Potensial

Dari sisi jobseeker, keberadaan HeadHunter juga sangat membantu. Karena para jobseeker cukup mengirim CV ke HeadHunter, dan nanti akan dicarikan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilannya.

Darimana HeadHunter mendapatkan uang?

HeadHunter bekerja sebagai relasi perusahaan, dan mereka dibayar oleh perusahaan yang menggunakan jasanya.

Saat ini sudah banyak sekali HeadHunter yang sangat membantu perusahaan besar untuk bisa mendapatkan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan. Dan melalui HeadHunter prosesnya akan lebih efektif.

Terima kasih kepada :

yang sudah berbagi mengenai Apa itu HeadHunter. Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih jauh soal HeadHunter, bisa menghubungi rekan-rekan di atas. :)

Baca Artikel Lainnya :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *