Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Alasan Klasik Tidak Mau Kerja Lembur Padahal Dapat Uang Lembur

Kerja Lembur

Jadi karyawan memang tidak selalu harus bekerja selama 8 jam kerja per hari. Ada kalanya pihak perusahaan membutuhkan waktu Anda lebih banyak lagi, yakni dengan kerja lembur. Banyak alasan, bisa karena produksi sedang tinggi atau bisa juga karena dikerja deadline dari klien.

Kerja lembur sudah menjadi hal wajar dalam perusahaan dan itu sah-sah saja, karena nanti juga akan mendapatkan uang lembur. Biasanya kerja lembur dilakukan setelah jam pulang kantor, atau disaat hari libur kerja.

Akan tetapi, meskipun kerja lembur ini mendapatkan uang lembur, ada saja karyawan yang tidak mau untuk mengambil lembur. Kecuali jika itu sifatnya wajib dari atasan, maka mau tidak mau harus mengambil lembur.

Kerja Lembur

Ada beberapa alasan klasik mengapa karyawan kadang tidak mau mengambil lembur meski nanti mendapatkan uang lembur. Berikut beberapa alasannya :

Daftar Isi

1. Capek

Badan sudah capek dan tidak sanggup untuk melanjutkan kerja di hari yang sama. Takutnya nanti kalau mengambil lembur malah akan merugikan perusahaan maupun diri sendiri. Dari sisi kerjaan nanti tidak bisa bekerja secara maksimal karena badan sudah capek dan tidak fokus.

Sedangkan dari sisi diri sendiri bisa saja nanti malah jatuh sakit karena kecapekan.

2. Sudah Ada Janjian

Kadang lemburan itu ada yang sifatnya mendadak. Sehingga kadang tidak bisa diambil karena sudah ada janjian atau agenda di waktu yang sama. Apalagi janjiannya tidak bisa ditunda, jadi mau tidak mau tidak mengambil jam lembur.

3. Ingin Family Time

Bekerja selama 8 jam merasa lama dan harus ada waktu untuk keluarga. Kadang alasan ingin berkumpul dengan keluarga membuat karyawan tidak mau mengambil jam lembur. Meskipun nanti mendapatkan tambahan penghasilan, tetapi ia merasa waktu bersama keluarga lebih berharga daripada penghasilan tambahan.

Baca juga : Yakin Nih Mau Membawa Pekerjaan ke Rumah?

4. Anti Lembur-Lembur Club

Badan tidak capek, tidak ada janjian di luar jam kerja, waktu untuk keluarga juga cukup, tetapi ada yang memang tidak mau mengambil lembur. Karyawan seperti ini biasanya mereka yang memang tidak menyukai jam kerja lembur.

Mereka menganggap kerja itu ya 8 jam per hari, setelah itu tidak ada. Mau dibayar berapapun untuk lembur, tidak akan diambil.

Baca juga : Anda Sering Lembur? Ini Bahayanya!


Nah kalau Anda sendiri kira-kira mau tidak mengambil lembur?

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.