Seperti Ini Tugas Marketing Communication (Marcom)

Tugas Marketing Communication

RUANGPEGAWAI.COM – Profesi pekerjaan Marketing Communication (Marcom) sangatlah vital untuk perusahaan. Mengingat job desc yang dilakukan oleh Marcom ini bisa mempengaruhi income dari perusahaan. Tak heran jika profesi Marketing Communication sangat diminati banyak orang, karena akan membuat ‘gengsi’ tersendiri bisa bekerja di profesi ini.

Namun, apakah kamu sudah mengenal apa itu Marketing Communication (Marcom)?

Jika belum, mari kita pahami sebentar. Sesuai dengan namanya ‘Marketing Communication‘ terdiri dari dua kata yaitu Marketing dan Communication, jadi pekerjaan yang digunakan oleh perusahaan untuk memberikan informasi dengan tujuan meningkatkan brand maupun konsumen baik langsung mamupun tidak langsung agar tepat sesuai pasar yang dituju. Kunci utama profesi pekerjaan ini adalah di Komunikasi.

Maka dari itu sangat penting bagi calon pegawai yang ingin bekerja sebagai Marcom harus memiliki skill komunikasi yang baik.

Baca juga : Ini Dia Tugas Pegawai Administrasi Perkantoran

Bukan sekedar pandai berbicara, tetapi bagaimana bisa menyampaikan informasi dari perusahaan sesuai dengan target pasar. Untuk itu sangat penting untuk memahami siapa penerima pesan, bagaimana cara penyampaiannya, dan media apa yang digunakan untuk menyampaikannya. Sehingga nantinya pesan dapat tersampaikan dengan tepat.

Ruang lingkup profesi Komunikasi Pemasaran ada beberapa hal :

  • Menganalisa pasar serta kebutuhan konsumen
  • Melihat persepsi konsumen tentang sebuah produk atau produk yang dijualnya
  • Mengevaluasi perilaku pasar yang sudah dipetakan untuk digunakan sebagai acuan target
  • Menentukan strategi promosi dan media yang akan digunakan

Di era sekarang ini tugas Marketing Communication juga memiliki tantangan yang cukup besar. Apalagi dengan semakin genjarnya digital marketing. Tapi itu tidak masalah, karena digital marketing itu hanyalah media saja.

Baca juga :   Ijazah Ditahan Perusahaan, Sebuah Bentuk Krisis Kepercayaan

Yang lebih penting adalah bagaimana pegawai yang bekerja di bidang ini bisa memiliki kriteria berikut ini :

  • Mampu memahami keunikan produk perusahaannya. Dengan mengetahuinya maka nanti akan lebih mudah dalam melakukan strategi pemasaran.
  • Memiliki kemampuan dibidang pemasaran dan komunikasi. Jelas ini dua hal yang harus dipunya kalau ingin berprofesi sebagai Marcom.
  • Mampu cepat tanggap. Seseorang yang bekerja sebagai Marcom harus cepat tanggap terhadap situasi persaingan yang ada. Selain itu juga dapat dengan sigap berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah yang ada.
  • Punya softskill yang bagus. Karakter dalam profesi ini sangat dijunjung tinggi. Misalnya saja pandai bergaul, open mind, dan berjiwa enerjik. Menjaga attitude juga sangat penting, karena menjaga attitude diri sendiri sama artinya menjaga citra perusahaan.

 

Sedangkan tujuan dari Marketing Communication sendiri adalah untuk :

  • Meningkatkan brand awerness perusahaan
  • Meningkatkan minat pasar terhadap produk
  • Meningkatkan intensitas pasar terhadap produk
  • Memfasilitasi pembeli

Adapun tugas-tugas dari Marketing Communication adalah :

  • Melakukan Promosi. Berupa aktivitas menjual produk yang sifatnya jangka pendek/panjang
  • Melakukan Iklan. Bentuk representasi terhadap produk namun tidak dilakukan secara langsung oleh orang.
  • Melakukan Pemasaran langsung. Bisa melalui email, telepon, fax, dan lainnya.
  • Melakukan Penjualan Pribadi. Yakni melakukan negosiasi langsung secara tatap muka dengan calon pembeli.
  • Menjalin hubungan dengan pihak lain. Pihak lain di sini bisa dari masyarakat atau instansi yang tujuannya untuk memberikan program dalam rangka mempromosikan produk. Misalnya menjalin kerjasama sponsorship, dll.

 

Originally posted 2020-11-26 15:33:20.

Similar Posts

4 Comments

  1. Saya seorang guru dan di tempat teman saya bekerja sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai Marcomm. Apakah yang harus saya lakukan untuk bisa di terima sebagai karyawan sebab sy dari profesi yang berbeda.

  2. Bisa dimulai dari menghubungi, menegosiasi, dan menjalin kerjasama yang baik dengan vendor atau mitra perusahaan yang berhubungan dan rekan marketing lainnya.

    Kalau saya selama 4 tahun ini selalu keep in touch dan menjalin hubungan baik dengan vendor percetakkan dan vendor pemasang iklan (seperti spanduk, billboard dan online ads atau endorse management). Karena saya selain sebagai marketing communication juga menghandle design grafis untuk perusahaan.

  3. saya ada pertanyaan, kalau saya baru akan mencoba bekerja sebagai marketing communication, sedangkan saya anak desain komunikasi visual trus pengalaman kerja saya selama ini sebagai graphic designer perusahaan, apa yang harus saya tingkatkan agar dapat bekerja sebagai marketing communication ?
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *