Tugas Supervisor Marketing Lengkap dengan Tanggung Jawabnya

Apa saja sih tugas supervisor marketing itu? Hal ini mungkin sedang kamu tanyakan, karena kamu baru saja menempati posisi baru di perusahaanmu sebagai seorang Supervisor. 

Sederhananya, Seorang supervisor memang merupakan pimpinan bagi para bawahannya. Misalnya, di perusahaan retail, semua kasir akan melaporkan hasil pekerjaannya kepada supervisor kasir. 

Begitu juga dengan posisi supervisor marketing yang tentunya memegang peranan penting dalam departemen pemasaran di suatu perusahaan. 

Manajer akan memberikan banyak tugas kepada supervisornya, untuk kemudian disampaikan kepada semua karyawan dibawahnya. Tugas Supervisor Marketing tentunya memimpin semua karyawan di bidang Marketing untuk melakukan berbagai strategi pemasaran dengan maksimal. 

Jabatan Supervisor Marketing juga memiliki hubungan kerja yang langsung dengan seluruh departemen dalam perusahaan (Internal) dan secara (eksternal) dengan pihak seperti Agen atau Konsumen, Supplier dan yang berkaitan dengan aspek bisnis perusahaannya. 

Apa Itu Supervisor Marketing?

Tugas Supervisor Marketing

Jabatan supervisor dalam suatu perusahaan merupakan jabatan yang memiliki wewenang dan kuasa untuk memberikan perintah kepada para staf bawahannya. 

Begitu juga dalam divisi marketing, Seorang Supervisor Marketing adalah orang-orang yang melakukan identifikasi, mengembangkan serta menerapkan strategi jitu untuk bidang pemasaran perusahaan. 

Tugas supervisor marketing kedepannya akan sangat berkaitan dengan Manager perusahaanya. Pasalnya, semua hasil pekerjaan atau bila terjadi penyimpangan dalam pekerjaan, Supervisor Marketing akan melaporkan langsung kepada Manager. 

Tugas Supervisor Marketing

Seperti telah diulas sebelumnya, Bahwa tugas Supervisor Marketing yang utama adalah memimpin dan membimbing para bawahannya dalam melaksanakan strategi pemasaran secara maksimal. Selain itu, Supervisor Marketing juga memiliki tugas-tugas pokok lainnya. 

Melansir dari Panelhar , seorang supervisor marketing juga memiliki tugas pokok lainnya sebagai berikut:

  • Secara berkala melakukan siaran pers dalam upaya meningkatkan promosi serta membuat sponsor acara eksternal
  • Memelihara dan mengembangkan hubungan baik dengan beberapa pihak seperti sekolah, organisasi masyarakat serta beberapa lokasi bisnis setempat
  • Melakukan pengembangan informasi serta meneliti  informasi yang tersimpan sebagai standar grafis dan program pemasaran 
  • Bekerja untuk menyiapkan strategi pemasaran serta merencanakan aksi dengan tujuan pemasaran yang lebih spesifik 
  • Melaksanakan program periklanan serta pemasaran eksternal 
  • Menganalisis , mengukur serta melakukan evaluasi program sesuai kebutuhan
  • Melakukan pengawasan di tingkat pemasaran, acara dan media yang berhubungan dengan masyarakat, periklanan dan promosi 
  • Melakukan koordinasi untuk media, wawancara serta menyimpan file dan dokumentasi pemasaran
  • Memberikan arahan strategi , konsultasi, evaluasi dengan seluruh anggota tim pemasaran 
Baca juga :   Seperti Ini Tugas Marketing Communication (Marcom)

Tanggung Jawab Supervisor Marketing

Melansir dari Panelhar , Setelah mengetahui beberapa tugas supervisor marketing, Berikut ini uraian mengenai tanggung jawab seorang supervisor marketing:

  • Mencari solusi atas permasalahan yang sedang terjadi dalam pemasaran, agar dapat segera diselesaikan
  • Mengkoordinir sesame rekan kerjanya untuk melakukan tugas sesuai dengan perintah perusahaan
  • Membimbing dan mengarahkan serta memotivasi rekan kerjanya agar dapat bekerja secara optimal
  • Memelihara dan menjalin hubungan baik dengan semua customernya
  • Melakukan pencatatan serta menerima laporan secara lisan dan tertulis kepada manager (atasanya) jika terjadi penyimpangan
  • Membuat rencana strategi pemasaran yang efisien dengan memperhatikan sumber daya perusahaan 
  • Menyusun program kerja, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek
  • Membuat perencanaan prosedur kerja dengan efektif
  • Menghandling keluhan customer 
  • Melakukan analisis SWOT sesuai dengan kondisi wilayah dan marketnya

Syarat Umum Menjadi Supervisor Marketing

Jabatan Supervisor Marketing tentunya tidak diperuntukan bagi fresh graduated yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Mereka yang bisa melamar posisi ini adalah yang berpengalaman dan tahu betul tugas supervisor marketing.

Secara pendidikan, Mereka juga harus menyandang gelar setidaknya sebagai Sarjana di bidang Marketing dan yang berkaitan dengan pemasaran.

Supervisor juga haruslah orang yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya di bidang marketing. Setidaknya 5- 10 tahun pengalaman kerja, Bisa membawa kamu untuk menempati posisi SPV ini. 

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Supervisor Marketing

Setelah mengetahui tugas Supervisor Marketing, Sebaiknya kamu juga mengetahui Skill apa saja yang harus dikuasai seorang Supervisor Marketing. Berikut ulasannya:

  • Skill Komunikasi , Supervisor Marketing harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada manajer juga para staff dibawahnya
  • Penyelesaian Konflik, Kemampuan ini dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah-masalah pemasaran dalam departemennya
  • Kepemimpinan, Supervisor memang diberi tugas untuk memimpin para staff bawahanya untuk meraih tujuan pemasaran 
  • Berpikir Kritis , Seorang supervisor marketing harus berfikir kritis dalam merencanakan periklanan dan promosi perusahaanya
  • Manajemen Waktu , Skill ini juga harus dikuasai para supervisor agar mampu mengatur pekerjaan dengan efektif dan efisien
  • Kemampuan Problem Solving, Mampu memecahkan masalah –masalah pemasaran dan membuat solusi untuk permasalahan tersebut

Supervisor Marketing adalah salah satu posisi kepemimpinan dalam suatu perusahaan. Supervisor Marketing memimpin para staff Marketing dibawahnya. 

Kamu yang berminat untuk posisi ini sebaiknya pahami terlebih dulu mengenai skill, tanggung jawab serta tugas supervisor marketing, agar bisa lebih fokus bekerja secara maksimal untuk bidang marketing di perusahaanmu.  

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.