Penyakit Kita Itu Tidak Mau Mencoba Tapi Sudah Memprediksi Hasil

Coba Dulu

Banyak teman-teman RuangPegawai yang menanyakan melalui kolom komentar terkait sebuah pekerjaan. Misalnya saja, “Saya cuma lulusan SMK, bisa tidak saya bekerja sebagai CS? Saya tidak punya pengalaman sebagai blablabla, tapi saya ingin bekerja di situ, kira-kira bisa tidak?” dst.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu banyak ditanyakan kepada kami. Jujur, kami sendiri pun tidak bisa menjawabnya bisa atau tidak Anda bekerja di bagian atau posisi itu. Karena yang bisa menjawab itu ya diri Anda. Mampukah Anda bekerja seperti itu?

Melalui tulisan kali ini, kami ingin sedikit sharing tentang masalah ini. Tidak hanya untuk kasus dalam melamar kerja, tetapi ini juga bisa digunakan untuk banyak hal. Misalnya saja saat ingin mengambil tawaran project, apakah Anda mampu atau tidak? dll.

Coba Dulu

Yang Tahu Kemampuan Diri Kita, Ya Diri Kita Sendiri

Begini, dalam melalukan segala hal pasti butuh persiapan. Mau melamar kerja jadi CS, ya kita harus punya persiapan apa saja yang dibutuhkan saat melamar dan tentunya apa saja kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CS itu.

Nah dari sini kita perlu berkaca ke diri sendiri, kira-kira saya itu mampu tidak kalau bekerja sebagai seorang CS atau profesi lainnya. Kira-kira apa hal positif yang ada di diri saya yang bisa menunjang profesi itu dan apa hal negatif yang nantinya mengganggu profesi itu.

Baru jika sudah tahu apa kemampuan diri dan kekurangannya, kita bisa memaksimalkan dan memperbaiki kekurangan itu.

Khususnya untuk yang ingin melamar kerja, tidak perlu melihat Anda lulusan apa dulu. Ingat, pendidikan terakhir Anda itu tidak serta merta menentukan Anda diterima atau ditolak nantinya. Yang penting adalah Anda itu bisa apa, dan apa kekurangan yang ada di diri Anda.

Jadi tahap pertama itu ya harus intropeksi diri dan memperbaiki diri agar siap jika nanti melamar pekerjaan di profesi yang diinginkan.

Baca juga : Tugas Customer Service Itu Seperti Ini Lho

Jangan Memikirkan Hasil

Ini yang jadi masalah dan penyakit kita sekarang ini. Belum apa-apa sudah memikirkan hasil, apalagi jika merasa kurang percaya diri. Orang yang terlalu memikirkan hasil itu biasanya orang yang tidak Percaya Diri dan tiap siap untuk melakukan sesuatu.

Percayalah, hasil itu sebenarnya bukan urusan kita. Hasil itu adalah hak prerogatif Tuhan Yang Maha Esa.

Berdoa

Kita itu hanya diminta untuk fokus berusaha dan berdoa saja. Jadi kalau Anda memang ingin bekerja di tempat A atau bekerja sebagai ABC, ya segera melamar. Tidak perlu memikirkan nanti bisa tidak, nanti diterima tidak, atau memikirkan yang itu bukan jadi wilayah kita.

Yang Anda bisa lakukan itu hanya berusaha untuk mencobanya dan berdoa semoga apa yang sudah Anda lakukan itu mendapatkan hasil yang terbaik. Dan ingat, hasil yang terbaik itu bukan yang selalu positif. Bisa saja Anda tidak diterima, tetapi itu sebenarnya yang terbaik untuk Anda. Karena kalau nanti diterima, mungkin Anda tidak akan betah atau bisa melakukannya. Jadi ambil hikmahnya.

Fokuslah berusaha dan mencoba dulu”.

Tentu dimulai dengan mempersiapkan diri seperti yang sudah disebutkan tadi. Mempersiapkan diri itu mencakup banyak hal. Kalau tujuannya untuk melamar kerja, berarti cari tahu tugas pekerjaan itu apa saja, kira-kira butuh orang yang kriteria dan skill-nya apa saja, kemudian cek apakah diri Anda itu sesuai atau tidak. Kalau pun ada yang kurang berarti harus diperbaiki.

Misalnya gini deh. Anda ingin bekerja sebagai Admin Kantor. Profesi ini harus bisa mengoperasi komputer minimal aplikasi office. Nah Anda belum terlalu bisa aplikasi office, daripada Anda menanyakan apakah nanti bisa diterima atau tidak, mending Anda memperbaiki kelemahan itu dengan belajar atau mengikuti kursus komputer dulu.

Baca juga : Tugas Pegawai Administrasi Perkantoran yang Harus Anda Tahu

Baru kemudian Anda mencoba melamarnya. Seperti itu.

Ingatlah, hasil itu bukan urusan kita. Kita itu ya hanya berusaha dan terus mencoba. Kalau gagal, ya coba lagi sampai bisa. Jangan mudah menyerah apalagi banyak mengeluh. Mengeluh itu hanya membuang energi Anda dan tidak akan mengubah nasib Anda.

Percayalah kalau Anda yakin bisa melakukannya, pasti akan mendapatkan hasil yang baik. Karena proses tidak akan mengkhianati hasil. Semangat!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.