Ingin Bekerja Sebagai Customer Service di Perusahaan Hosting Provider?

Customer Service Hosting Provider

Jika kamu ingin bekerja sebagai Customer Service di perusahaan hosting provider, maka kamu perlu memiliki keahlian khusus di bidang ini. Karena menjadi CS di perusahaan seperti ini sedikit berbeda dengan bekerja di perusahaan bidang lain.

Buat yang belum tahu Perusahaan Hosting Provider, ini adalah perusahaan yang menyediakan layanan pendaftaran domain, hosting, server, jasa pembuatan web juga, dan lain-lain. Intinya bergerak di bidang kebutuhan website.

Wah berarti harus lulusan IT dong?”

Tidak juga. Jika kamu ingin menjadi Customer Service saja tidak harus punya background pendidikan bidang IT. Tetapi jika kamu lulusan IT, itu akan lebih baik. Karena tentu akan sudah punya dasar pengetahuan mengenai domain dan hosting.

Nah buat kamu yang bukan lulusan IT, perlu untuk mempelajari tentang apa itu domain, hosting, vps, dedicated server, dll. Tujuannya agar tahu jika ada orang yang bertanya tentang produk di perusahaan kamu nanti. Yang namanya CS kan tujuannya untuk membantu pelanggan dan calon pelanggan. Jadi harus tahu produknya dulu sebelum bisa memberikan solusi kepada pelanggan.

Job Desc Customer Service Hosting Provider

Secara umum, tugas kerja dari Customer Service di perusahaan hosting provider ini adalah bertanggung jawab dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, membuat pelanggan menjadi loyal dan mempromosikan produk kepada pelanggan.

Seorang CS Hosting Provider juga harus memastikan bahwa pelanggan puas dengan layanan yang diterima serta harus bisa memperbaiki masalah yang menjadi ketidakpuasan pelanggan.

Dalam lingkup kerjanya, biasanya CS akan berkolaborasi dengan TS (Technical Support). TS inilah yang lebih tahu masalah teknis soal domain, hosting, server dan sejenisnya. Jadi ketika ada pelanggan yang komplain misalnya masalah hosting, akan diterima dulu oleh CS, kemudian akan diteruskan ke TS.

Atau kadang CS yang menjadi jembatan pertama untuk mengakomodir masalah-masalah pelanggan. Jika masalahnya minor, biasanya akan bisa ditangani oleh CS, tetapi jika mayor akan diserahkan ke TS.

Baca juga : Menjadi Customer Service Yang Handal Dan Profesional

Syarat Jadi Customer Service Perusahaan Hosting Provider

Jika kamu ingin jadi customer service di perusahaan hosting provider, maka yang perlu kamu miliki adalah :

  • Kemampuan berbahasa Inggris. Karena perusahaan seperti ini pasarnya global, dan pelanggan bisa saja berasal dari luar Indonesia.
  • Berpendidikan minimal D3. Dari beberapa lowongan yang ada, kebanyakan mensyaratkan pendidikan minimal D3 dengan latar belakang pendidikan apa pun. Tetapi jika bidang IT maka akan menjadi nilai tambah tersendiri.
  • Memiliki Attitude dan Komunikasi yang baik. Karena pekerjaannya berhubungan langsung dengan pelanggan, maka harus punya attitude dan komunikasi yang baik agar bisa memberikan citra positif bagi perusahaan.
  • Memiliki pengetahuan di bidang domain dan hosting. Ya, ini yang perlu dimiliki karena berhubungan dengan produk yang dijual. Jadi kamu harus tahu soal domain itu apa, hosting itu apa, jenisnya apa saja, dll.

Dan kamu harus siap untuk bekerja dengan sistem shift. Karena perusahaan hosting provider ini biasanya memiliki layanan pelanggan selama 24 jam. Artinya harus ada sistem kerja shift. Jadi kamu harus siap kalau kadang diminta atau disuruh gantiin shift malam atau pagi atau siang.

Gimana? Tertarik bekerja jadi Customer Servicer di Perusahaan Hosting Provider?

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *