Komunikasi Penting, Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ini Akan Membantu Anda

Komunikasi Antar Pegawai
(c) stepby25.blogspot.com

Sebagai makhluk sosial, tentu saja manusia tidak pernah terlepas dari yang namanya komunikasi. Sadar atau tidak, meskipun saat ini manusia dimanjakan dengan kemajuan teknologi, komunikasi verbal masih menjadi aspek yang paling penting dalam segala aspek kehidupan.

Mungkin dalam komunikasi nonformal banyak orang yang mampu melakukan. Namun pada kondisi tertentu tidak banyak orang yang mampu melakukan. Misalnya, berkomunikasi dengan atasan, saat melakukan presentasi, saat memberikan instruksi, dan banyak hal yang mengandalkan kemampuan verbal Anda.

Pada artikel kali ini, tentu saja akan membahas bagaimana meningkatkan kemampuan komunikasi secara umum, apapun profesi yang Anda jalani saat ini. Well, ada beberapa tips meningkatkan kemampuan komunikasi verbal yang dapat dilakukan, antara lain:

1.Membuat draft informasi yang ingin disampaikan

Tidak ada salahnya untuk menyusun kalimat terlebih dahulu mengenai informasi yang akan Anda sampaikan agar lebih jelas dalam proses penyampaiannya. Selain itu, dengan menyusun draft membantu Anda memahami isi pesan yang akan disampaikan dan juga dalam melakukan pengecekan kelengkapan informasi yang akan disampaikan.

2.Berlatih di depan cermin

Berlatih di depan cermin untuk melihat bahasa tubuh Anda. Komunikasi bukan hanya sekedar mengandalkan kemampuan verbal saja, tetapi juga gerakan tubuh Anda yang dapat memunculkan makna tertentu.

3.Meminta rekan untuk melihat Anda dalam menyampaikan informasi

Tidak ada salahnya melibatkan rekan Anda dalam berlatih. Selain untuk memunculkan rasa percaya diri, Anda juga akan mendapatkan masukan dari rekan Anda yang berguna. Pastikan ketika Anda berlatih dengan cara ini, rekan Anda merasa nyaman dengan gerak tubuh Anda, suara yang Anda keluarkan, dan kejelasan informasi yang Anda sampaikan. Jika semua aman terkendali, maka Anda sudah mulai siap untuk tampil.

4.Memahami inti pesan atau informasi yang akan Anda sampaikan

Sebelum Anda tampil, pastikan untuk memahami informasi yang akan disampaikan. Hal ini berguna jika ada peserta yang menanyakan hal terkait dengan informasi yang Anda sampaikan. Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan improvisasi selama tidak ada perubahan inti pesan yang disampaikan.

5.Membiasakan diri untuk mengemukakan pendapat di dalam forum resmi

Mengemukakan pendapat di dalam forum akan melatih tata cara berbahasa Anda dan menstrukturkan pesan yang akan Anda sampaikan. Selain itu, seiring dengan berjalannya waktu kepercayaan diri Anda akan meningkat dan Anda dapat merasa tenang ketika berbicara di depan banyak orang maupun di dalam forum.

6.Membiasakan diri untuk berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam segala kondisi

Biasakan untuk berbicara dengan bahasa Indonesia dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan terkadang, ada beberapa orang, bahkan saya, yang mengalami pencampuran bahasa sehari-hari ketika menyampaikan informasi di dalam forum. Namun hal tersebut bukan menjadi masalah besar selama kita bisa melakukan perbaikan

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − ten =