Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Sukses Kerja Jadi Staf Admin

Staf Admin

Banyak yang tanya di RuangPegawai.com, kalau latar belakang pendidikan seperti ini bisa kerja jadi Staf Admin tidak? Rasanya profesi pekerjaan Staf Admin ini banyak yang meminati. Mungkin karena masih banyak anggapan kalau pekerjaan ini mudah dilakukan.

Ya kalau bicara mudah atau tidak itu kembali ke masing-masing personal. Kalau memang kamu mencintai pekerjaan ini, ya apapun tantangan yang ada akan bisa dinikmati dan dihadapi dengan tenang. Beda kalau kerja jadi Staf Admin hanya terpaksa, ada masalah dikit saja curhatnya langsung ke akun media sosial.

Baca juga : Mengapa Pekerjaan Admin Kantor Banyak Diminati?

Perlu kamu tahu, tanggung jawab Staf Admin itu tidak sama. Soalnya staf admin itu banyak sekali golongannya, tergantung penempatannya di mana. Ada staf admin umum, staf admin gudang, staf admin kredit, dan lain-lain. Belum lagi tergantung dari skala perusahaan.

Kalau perusahaan kecil (kurang dari 20 pegawai), biasanya tanggung jawab staf admin tidak sebanyak staf admin perusahaan besar.

Jadi sebenarnya kalau ditanya apa saja pekerjaan staf admin itu, jawabannya ya tergantung. Tergantung penempatannya dimana, kondisi perusahaan bagaimana, dan kadang masing-masing perusahaan punya job desc sendiri untuk profesi yang satu ini.

Tapi intinya, tanggung jawab staf admin secara umum itu meliputi memenuhi kebutuhan operasional perusahaan, penyusunan data, melakukan panggilan telepon, dll.

Kembali ke topik artikel ini, jadi staf admin itu sebenarnya tidak mudah-mudah amat. Perlu kesiapan dari segala hal agar bisa menjadi staf admin yang sukses.

Staf Admin

Berikut 6 cara menjadi staf admin yang sukses :

1. Membuat Daftar Kegiatan

Staf Admin itu setiap hari pasti punya pekerjaan yang harus dilakukan. Dan sebaiknya setiap pagi atau sebelum benar-benar memulai pekerjaan, perlu membuat sebuah daftar kegiatan atau to-do list yang akan dilakukan pada hari itu.

Ini akan memudahkan seorang Staf Admin dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dan untuk mengorganisir jika ada pekerjaan yang masuk dengan tiba-tiba, itu sering terjadi.

Nantinya dari daftar kegiatan ini juga bisa digunakan untuk mengecek sebelum pulang, apakah pekerjaan hari ini sudah diselesaikan semua atau belum. Jika ternyata hari berikutnya sudah ada agenda atau pekerjaan yang perlu dilakukan, ada baiknya juga dibuat daftar kegiatannya sebelum pulang kemudian taruh di meja kerja. Sehingga besok paginya bisa ingat apa yang perlu dilakukan hari tersebut.

2. Harus Bisa Mengoperasikan Aplikasi dengan Efektif

Seorang staf admin memang dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer dan aplikasi perkantoran seperti Word, Excel, Publisher, dll. Itu sudah standar wajib.

Nah di era sekarang ini, tentu staf admin tidak hanya sekadar bisa mengoperasikan saja. Tapi juga harus bisa mengoperasikan dengan efektif. Salah satu caranya adalah dengan memahami sistem kerja aplikasi yang ada.

Misalnya saja sekarang ini eranya cloud computing, kebutuhan data tidak hanya untuk satu komputer atau pengguna saja, maka perlu aplikasi yang bisa diakses oleh banyak orang. Penggunaan aplikasi cloud seperti Google Docs sangatlah membantu daripada harus membuat dokumen secara offline kemudian dikirim ke email atau kirim via flashdisk.

Jadi staf admin ya perlu terus belajar hal-hal seperti ini jika ingin menjadi staf admin yang sukses.

Staf Admin Sukses

3. Efisiensi Waktu

Meskipun pekerjaan staf admin terlihat mudah dan banyak yang suka melakukannya, tapi kadang mereka terlihat selalu sibuk hingga lupa waktu. Nah, seorang staf admin juga perlu bisa mengelola waktu dengan baik.

Efisiensi waktu di sini sangatlah penting. Harus bisa memanfaatkan waktu kapan untuk menyelesaikan pekerjaan, kapan untuk memberi ruang untuk istirahat.

Banyak staf admin yang merasa pekerjaannya menumpuk karena tidak bisa mengatur waktu dengan benar.

4. Buat Skala Prioritas Kerja

Selain masalah mengelola waktu, yang perlu diperhatikan lagi adalah memprioritaskan pekerjaan. Jadi kalau memiliki pekerjaan yang banyak, harus bisa memprioritaskan mana yang harus dikerjakan dahulu mana yang belakangan.

Pekerjaan yang baru datang terkadang tidak bisa dikerjaan nanti, begitu juga sebaliknya. Lihat urgensi dan kebutuhan dari pekerjaan itu.

Kalau bisa menyusun skala prioritas kerja, maka ritme kerja akan enak.

5. Perhatikan Kesehatan Diri

Pekerjaan staf admin itu padat tapi mudah dilakukan. Kadang karena terlalu sibuk jadi tidak bisa menjaga kesehatan diri. Untuk itu perlunya seorang staf admin bisa menjaga kesehatan dirinya.

Apalagi jika ia bekerja di perusahaan skala kecil dimana posisi staf admin hanya seorang diri dan mengurusi kebutuhan perusahaan, kalau sampai tidak masuk kerja itu sangat mengganggu sekali.

Ini ada kaitannya dengan manajemen waktu, prioritas kerja, karena itu juga akan berpengaruh.

Jaga kesehatan diri agar tetap bisa fit dalam bekerja dan tentunya bisa berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi.

Baca juga : Bekerja Harus Profesional, Tapi Kesehatan Lebih Vital

6. Menjaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Staf Admin itu juga banyak berhubungan dengan rekan kerja di posisi pekerjaan lain. Untuk itu menjadi staf admin harus punya komunikasi yang baik dan harus bisa menjaga hubungan yang baik antar rekan kerja.

Selain antar rekan kerja, juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan klien perusahaan.

Baca juga :


Jadi staf admin itu mudah, tetapi untuk bisa menjadi staf admin yang sukses perlu persiapan yang matang. Dan harus punya semangat untuk terus belajar dan tumbuh menjadi lebih baik.

Baca Artikel Lainnya :


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.