Pilih Gaji Besar atau Lingkungan Kerja yang Nyaman?

Horoskop Cina 2023 tahun kelinci ai...
Horoskop Cina 2023 tahun kelinci air hitam id

Bagi seorang pegawai, memiliki gaji besar dan lingkungan kerja yang nyaman adalah sebuah mimpi ketika bekerja di perusahaan. Tetapi untuk mendapatkan kondisi seperti itu tidaklah mudah. Bahkan seringnya akan dihadapkan pada dua pilihan itu.

Kadang akan menjadi dilema ketika dihadapkan pada pilihan gaji besar atau lingkungan kerja yang nyaman. Karena setiap pegawai pasti punya preferensinya sendiri-sendiri.

Jawaban atas pertanyaan ini tentu sangat subjektif. Tergantung kondisi masing-masing pegawai. Dan tentunya tidak ada yang salah jika ingin memilih gaji besar tapi lingkungan kerja tidak nyaman atau pilih yang gaji pas-pasan tapi lingkungan kerja nyaman.

Meskipun ini sangat subjektif, tetapi kami ingin memberikan saran sebelum Anda memilih salah satunya.

Gaji Besar atau Lingkungan Kerja yang Nyaman

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Memilih dua pilihan ini akan sangat mempengaruhi hidup Anda. Baik kehidupan di luar lingkungan kerja maupun di dalam lingkungan kerja.

Ketika Anda memiliki tanggungan hidup yang cukup tinggi, maka Anda bisa saja memilih untuk mendapatkan gaji tinggi. Tak perlu merisaukan bagaimana lingkungan kerjanya, yang penting Anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar untuk menanggung kebutuhan Anda sehari-hari.

Akan tetapi jika Anda ingin memiliki karir yang bagus, kemudian pengembangan diri yang baik saat bekerja, maka memilih lingkungan kerja yang nyaman akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan itu.

Lingkungan kerja yang nyaman akan memudahkan Anda mendapatkan upgrade karir yang lebih mudah. Karena peningkatan karir tidak dipengaruhi oleh berapa gaji yang Anda dapatkan. Tetapi bagaimana Anda bisa berbaur, belajar, dan berkembang di perusahaan itu.

Nah dukungan lingkungan kerja yang nyaman dan positif akan sangat membantu untuk mewujudkan itu.

Tergantung Kondisi

Memilih gaji besar atau lingkungan kerja yang nyaman juga tergantung dari kondisi Anda masing-masing.

Jika Anda seorang fresh graduate yang masih minim pengalaman kerja, maka prioritas Anda adalah memilih lingkungan kerja yang nyaman dahulu. Tujuannya agar Anda bisa lebih mudah mendapatkan pengalaman kerja dari para senior dan Anda bisa lebih mudah berkembang dengan dukungan rekan kerja yang supportif.

Itu akan sangat menyenangkan untuk Anda yang seorang fresh graduate.

Bahkan Anda merasa terus dibimbing oleh senior agar Anda bisa bekerja lebih baik lagi.

Baca juga :   STOP! Jangan Asal Memilih Pekerjaan di Pengalaman Pertama Anda

Tetapi berbeda jika Anda yang baru pertama kali kerja tetapi sudah mendapatkan lingkungan kerja yang kurang nyaman. Pastinya Anda yang belum banyak punya pengalaman bekerja dan bertemu banyak orang yang berbeda akan sangat sulit untuk berkembang.

Mungkin akan bertemu dengan senior yang sombong dan selalu meremehkan juniornya. Tidak mau berbagi ilmu dengan juniornya, atau bahkan malah muncul banyak konflik yang membuat Anda tidak betah di kantor.

Nah kalau Anda seorang senior yang sudah berpengalaman, Anda bisa saja memilih gaji tinggi dibanding lingkungan kerja yang nyaman.

Dengan pengalaman yang sudah didapatkan, tentu Anda akan lebih mudah membawa diri ke dalam lingkungan kerja dengan berbagai kondisi yang ada. Anda tidak akan terganggu dan bisa menempatkan diri dengan baik bagaimana pun lingkungan kerjanya.

Karena Anda sudah bisa mandiri, menyelesaikan masalah dengan cermat, dan lainnya.

Gaji Besar atau Lingkungan Kerja yang Nyaman Tidak Jadi Masalah

Kadang ada yang beranggapan kalau lebih baik memilih lingkungan kerja yang nyaman dulu. Alasannya nanti akan membuat kita bahagia, kalau bahagia tentu akan membuat hasil kerja juga bagus. Akhirnya akan mendapatkan gaji yang tinggi.

Tapi ada yang bilang kalau mereka sudah bekerja di tempat yang nyaman tapi tidak mendapatkan kenaikan gaji juga.

Jadi antara dua pilihan ini semua tergantung dari masing-masing pegawai. Ini sangat subjektif, tergantung kebutuhan dan kondisi yang sudah kami sampaikan di atas.

Tetapi perlu diingat, apapun nanti pilihan Anda pastikan sudah yakin dan siap untuk menjalaninya.

Jangan sampai ketika Anda sudah memilih gaji besar, tetapi sering mengeluh karena rekan-rekan kantor yang kurang mendukung pekerjaan. Atau mungkin sebaliknya, sudah dapat lingkungan kerja yang nyaman tetapi mengeluh gaji tidak naik-naik.

Tidak ada Perusahaan yang Sempurna

Perusahaan yang memberikan gaji besar mungkin banyak, tetapi untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman itu tidak mudah. Karena kenyamanan itu absolut, bisa berubah-ubah.

Perusahaan sekelas Unilever pun mungkin tidak memberikan semua pegawainya gaji yang besar dan lingkungan kerja yang nyaman.

Apalagi di perusahaan besar, konflik pasti akan sering terjadi.

Namun, intinya bukan seberapa nyaman lingkungan kerjanya, tetapi bagaimana kita bisa mengendalikan diri. Sehingga kalaupun di perusahaan ada konflik, tidak akan meluas dan cepat mereda. Karena semuanya sudah dewasa dan bisa mengendalikan diri.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.