Perhitungan Gaji PNS Terbaru Tahun 2020, Simak Sekarang

Perhitungan Gaji PNS

Perhitungan Gaji PNS Terbaru | Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS adalah impian untuk kebanyakan orang. Kepastian gaji per bulan menjadi fakta yang menjadikan pekerjaan ini diidam-idamkan. Tapi, apakah benar begitu kenyataannya? Ketahui dengan benar dan pasti bagaimana perhitunga gaji PNS.

PNS ditiap department pemerintahan memiliki tingkatan dan golongan. Semakin tinggi maka gaji dan insentif pun turut naik. Lalu bagaimana sebenarnya mengetahui perhitungan gaji PNS? Apakah benar-benar besar bila dibandingkan dengan pekerjaan lainnya? Berikut adalah ulasannya. 

Perhitungan Gaji PNS

1. Golongan 

Perhitungan gaji PBS terlebih dahulu melihat golongan dan tingkatannya. Terdapat 4 Golongan dimana tiap golongan dibali lagi menjadi 4 tingkatan. Golongan 1 adalah yang paling rendah dan Golongan 4 adalah paling tinggi. 

Gaji PNS semakin lama masa baktinya maka akan semakin tinggi juga nominalnya. Namun perpindahan golongan tidak mudah dan tidak tiap orang dapat naik golongan atau tingkatan bersamaan dengan orang lain. Berikut adalah kisaran gaji PNS tiap golongan. 

1.1. Gaji PNS Golongan I

Golongan I mendapat gaji sekitar Rp 1.560.800 saat pertama masuk dan nominalnya sedikit naik sampai kisaran Rp.800.000 setelah 3 tahun. Bila mengabdi sampai 27 tahun akan dapat sekitar Rp 2.500.000 perbulannya.

1.2. Gaji PNS Golongan II

Golongan II akan mendapat kira-kira Rp 2.000.000 sampai Rp 3.500.000 apabila tidak naik Golongan sampai masa bakti 33 tahun. 

1.3. Gaji PNS Golongan III

Gaji perbulan untuk PNS Golongan III adalah sekitar Rp 2.500.000 – Rp. 3.000.000. Akan ada peningkatan gaji apa bila sampai 32 tahun masa baktinya. Tiap tingkatan berbeda nominalnya kisarannya adalah Rp 4.200.000 sampai Rp 5.000.000. 

1.4. Gaji PNS Golongan IV

Hanya beberapa orang yang bisa pensiun dengan gaji PNS golongan IV. Persyaratannya banyak dan kadang usia tidak sampai untuk memenuhi syaratnya. Namun bila sampai pada golongan ini Gaji bulanan awal adalah sekitar Rp. 3.100.000 sampai Rp. 3.500.000 dan akan mendapat gaji maksimal sekitar Rp. 5.100.000 sampai Rp. 5.900.000. 

Baca juga : Tidak Lolos Seleksi CPNS? Kamu Tetap Bisa Lakukan Ini

2. ESELON

Gaji bulanan PNS bila dibandingkan dengan pegawai swasta maka akan terlihat bedanya. Sekilas gaji PNS lebih sedikit dibandingkat gaji yang dibawa pulang kebanyakan karyawan non PNS. Selain gaji ada hal lain yang mempengaruhi perhitungan  gaji PNS. Hal tersebut adalah Eselon. 

Eselon adalah tunjangan yang akan diperoleh PNS berkaitan pangkat dan jabatannya. Hal inilah yang menjadikan gaji total seorang PNS lebih menggiurkan dibandingkan pekerjaan lainnya. Eselon berkaitan dengan jabatan ditiap department dan juga mengacu pada tanggung jawabnya. 

2.1. ESELON I

Ini adalah posisi tertinggi dalam hirarki ESELON. Posisinya setaraf dengan IV/c dan IV/e. Pangkat PNS pada tahapan ini berada dipuncaknya baik di kabupaten, propinsi atau ukuran lainnya. Insentif yang diperoleh juga paling besar dibandingkan ESELON lainnya. 

2.2. ESELON II

Posisi yang berada pada lapisan kedua ini berarti berada posisi kedu tertinggi dimanapun mereka mengabdi. Tugasnya lebih kepada penganggungjawab untuk merealisasi berbagai kebijaksanaan. 

2.3. ESELON III

Posisi ini menduduki peringkat ketiga secara struktural. Insentif pekerjaan menyesuaikan dengan instansi dan wilayah dimana mengabdi. 

2.4. ESELON IV

Ini adalah posisi yang terendah dari keseluruhan hirarki ESELON. PNS ditingkatan ini  berpangkat PENATA yang cukup berpengalaman.

3. Tunjangan 

Sumber penghasila PNS yang perlu dimasukkan saat melakukan perhitungan gaji PNS adalah tunjangan. Tiap kondisi pegawai berbeda, dan ada tunjangan berbeda pula sesuai kebutuhannya. Ada tunjangan keluarga dan anak bagi yang memilikinya. PNS yang melakukan kegiatan dinas atau tugas tertentu juga ada tunjangan khusus. Berikut adalah beberapa tunjangan yang tersedia untuk PNS. 

  1. Tunjangan keluarga
  2. Tunjangan anak
  3. Tunjangan tanggung jawab keuangan
  4. Tunjangan perwakilan
  5. Tunjangan gaji dan tunjangan bagi ujian dinas
  6. Tunjangan jabatan dan uang pengganti

Baca juga : Syarat Kenaikan Pangkat PNS, Penyesuaian Ijazah, & Pindah Instansi

Itulah beberapa sumber penghasilan PNS. Perhitungan gaji PNS banyak pertimbangannya. Mulai dari masa bakti, prestasi, wilayah dan departmennya. Bila ingin menyamakan gaji PNS walau bukan seorang PNS bisa mencoba untuk mendapatkan beberapa sumber penghasilan untuk menjadi bekal biaya hidup sekarang atau masa tua. 

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.