Tidak Lolos Seleksi CPNS? Kamu Tetap Bisa Lakukan Ini

Foto CPNS

Seleksi CPNS tahun 2018 ini memang menyita banyak perhatian. Dilihat dari pesertanya sendiri sangatlah banyak. Bahkan meskipun formasi yang dibuka hanya membutuhkan jumlah sedikit, peserta yang memilih formasi tersebut sangat banyak. Perbandingannya bisa 1:30, jadi peluangnya memang kecil.

Akan tetapi kemarin ternyata banyak yang gagal, apalagi saat proses SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Banyak yang bilang kalau materi soalnya terlalu sulit dan passing grade terlalu tinggi. Tapi ya bagaimana lagi, pihak Kemenpan memang ingin mendapatkan PNS yang benar-benar berkualitas.

Yang jadi pertanyaan saat ini bukan masalah itu, tetapi ketika sudah ditanyakan tidak lolos seleksi CPNS lantas harus ngapain? Apakah harus meratapi nasib jadi pengangguran lagi atau tetap jadi pegawai swasta, atau masih menyalahkan pihak penyelenggara yang memiliki passing grade tinggi yang kemudian dijadikan alasan tidak bisa lolos.

Foto CPNS

Di artikel kali ini RuangPegawai tidak ingin menyalahkan siapa-siapa, kami hanya ingin sedikit memberikan motivasi kepada semua khususnya teman-teman yang tidak lolos seleksi CPNS kemarin.

Perlu kalian yakini bahwa bekerja itu tidak harus menjadi PNS. Dan yang menjadi hidup Anda di masa depan akan mapan itu bukan juga karena PNS. Menjadi PNS itu adalah salah satu pilihan pekerjaan dari banyaknya pilihan yang ada. Apalagi di era sekarang ini semakin bertambah profesi pekerjaan yang ada.

Kami berharap Anda tidak putus asa meskipun tidak lolos CPNS.

Buat yang belum bekerja, segera cari pekerjaan di perusahaan swasta juga tidak masalah. Buat yang sudah bekerja sebagai pegawai swasta, tetaplah bekerja dengan baik. Terus belajar hal-hal baru yang bisa meningkatkan keterampilan Anda.

PNS Bukan Jaminan Untuk Hidup yang Bahagia

Jadi PNS itu enak, gaji tetap, dapat gaji ke-13, kalau pensiun masih dapat gaji, kerjanya mayoritas enak banyak santainya, dan lain-lain. STOP, hentikan pemikiran seperti itu. Itu memang benar, akan tetapi pemikiran seperti itu hanya akan membuat Anda menjadi tidak bisa tumbuh.

Dan itu hanya akan membuat Anda mendewakan profesi PNS. Padahal menjadi PNS atau tidak itu sama saja. Menjadi PNS tidak menjadi hidup Anda akan bahagia. Tidak menjadi juga ekonomi Anda akan lebih baik dibanding bekerja di profesi lain.

Yang menjamin hidup dan masa depan kita bahagia itu adalah kita dan Tuhan. Sebagai manusia kita sudah ditakdirkan untuk bekerja. Pekerjaan apapun itu semua sama saja, yang penting halal dan tidak merugikan orang lain.

Dan yang terpenting adalah pekerjaan kita mendapat ridho dari-Nya. Sehingga kita akan mendapatkan keberkahan rezeki dari pekerjaan tersebut. Kalau kita menjadi PNS dan ketika sudah menjadi PNS justru malah menyombongkan diri dengan profesi itu, bagaimana kita bisa mendapatkan ridho dari-Nya?

Sampai saat ini kami percaya bahwa Tuhan itu bisa memberikan rezeki kepada kita melalui banyak hal dan cara. Rezeki tidak hanya kita dapatkan dari pekerjaan, itu hanya salah satunya saja. Kalau di dalam diri kita sudah yakin bahwa Tuhan akan memberikan rezeki kepada kita dengan berbagai cara dan akan menjamin hidup kita, maka kita tidak akan lagi ragu dengan pekerjaan kita saat ini.

Jangan Menghitung Rezeki yang Kita Dapatkan Dengan Matematika

Pasti ada orang yang terlalu perhitungan dengan rezeki yang didapatkan. Misalnya saja gini, sebulan dapat gaji Rp 3.000.000,- setelah digunakan untuk bayar dan kebutuhan ini itu, akhirnya sisa Rp 400rb untuk ditabung. Tiap bulan menabung nominal tersebut, terus dihitung sampai puluhan tahun mendatang (kisaran waktu pensiun). Dari total tabungan itu lantas sudah dipikirkan dari sekarang kebutuhan nanti waktu pensiun.

Intinya terlalu perhitungan.

“Lhoh kan itu namanya memikirkan masa depan? Baik dong? Masa depan kan harus dipersiapkan dari sekarang?”

Benar sekali masa depan harus dipersiapkan dari sekarang, akan tetapi jika kita sampai menghitung rezeki yang kita dapatkan dengan ‘matematika’ kemudian menyimpulkan sejak sekarang kalau masa depan kita bakal hancur atau sulit kalau saat ini saja gaji segini, itu namanya tidak percaya dengan yang memberikan kita rezeki.

Ingat, kita sudah yakin bahwa Tuhan akan menjadi rezeki kita, hidup kita, masa depan kita, asal kita terus berusaha.

Baca juga : Plus Minus Pegawai Negeri Dan Pegawai Swasta!

Jadi tidak perlu khawatir, risau, takut, kalau sekarang hanya punya penghasilan pas-pasan.

Tetap perkuat iman dan keyakinan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Kaya. Perbanyak doa, ibadah, dan usaha, kami yakin Tuhan akan memudahkan kita.

Terakhir dari kami, janganlah bekerja sendiri. Apapun pekerjaan Anda saat ini, Bekerja lah dengan selalu melibatkan Tuhan.

Tidak lolos seleksi CPNS? Tetaplah tersenyum dan bekerjalah dengan ikhlas meskipun Anda bukan PNS.

Anda mungkin juga suka :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *