Ingin Gaji Gede? Pastikan Kamu Sudah Punya Ini

Gaji Gede

Minta gaji gede sebenarnya sah-sah saja, tidak ada yang salah dan tidak perlu sungkan melakukannya. Karena gaji itu adalah hak kita sebagai pegawai. Akan tetapi ketika kita ingin gaji gede, ya sebaiknya harus tahu diri dulu sebelum benar-benar memintanya.

Ibaratnya meminta gaji gede itu barter dengan apa yang akan kita berikan ke perusahaan. Jadi apa yang akan kita berikan ke perusahaan itu sebanding dengan gaji yang kita dapatkan.

Sayangnya banyak pegawai yang tidak paham soal ini. Mereka hanya ingin gaji gede dengan ukuran satu hal saja, misalnya gelar pendidikan. Banyak nih yang berpikiran seperti ini, mentang-mentang sudah Sarjana misalnya, lantas ingin dihargai tinggi. Padahal tolok ukurnya minta gaji gede sebenarnya bukan gelar, tapi ini.

Gaji Gede

Punya keahlian yang unik

Memiliki gelar mah semua bisa melakukannya, asal mau kuliah dan bisa sampai lulus pada akhirnya dapat juga gelar. Tetapi yang bergelar kadang tidak punya kemampuan khusus. Ya, banyak juga kasus semacam ini, meskipun statusnya sudah Sarjana, tetapi sama sekali tidak punya keahlian di bidangnya. Sehingga mereka kalah saing dengan yang punya keahlian.

Kalau kamu merasa punya keahlian yang unik, atau paling tidak keahlian yang sangat sesuai dengan bidang kamu, maka kamu berhak untuk meminta gaji gede.

Tetapi pastikan keahlian itu memang unik dan ketika kamu di perusahaan itu hanya kamu atau beberapa orang saja yang punya.

Keahlian ini menjadi nilai tersendiri untuk diri kamu agar bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Karena dengan memiliki keahlian yang unik, pihak perusahaan pun juga akan percaya dengan apa yang akan kamu berikan ke perusahaan nanti. Otomatis pihak perusahaan tidak ragu untuk memberikan gaji yang gede.

Tahu Besaran Gaji di Pasaran

Ya minimal kalau mau minta gaji yang gede itu tahulah berapa besaran gaji di jabatan atau profesi tersebut di pasaran. Jangan sampai nanti kamu meminta gaji yang nominalnya sangat tidak realistis.

Sekarang ini banyak kok situs yang bisa digunakan untuk melihat besaran gaji sebuah profesi pekerjaan. Nah dari situ kamu bisa melihat-lihat kisarannya. Kemudian tinggal di compare dengan keahlian yang kamu miliki.

Meskipun kamu punya keahlian yang bagus, tetapi tetap harus realistis ketika ingin mengajukan gaji.

Fresh Graduate Lebih Baik Mikir Dua Kali

Kalau kamu fresh graduate kemudian ingin gaji gede, lebih baik mikir dua kali. Ingat, kamu tidak bisa mengandalkan gelar saja. Tapi kamu masih ada kesempatan untuk mendapatkan gaji yang cukup gede, asal kamu punya pengalaman magang di perusahaan yang bagus, pernah mengerjakan proyek-proyek baik secara personal maupun tim, dan pengalaman-pengalaman kerja lain yang kamu dapatkan selama kuliah.

Dengan seperti itu nilai kamu akan lebih meningkat dibanding Fresh Graduate biasa.

Baca juga :

Ingat, pihak perusahaan itu memberikan gaji kepada pegawai bukan hanya melihat kamu bisa bekerja atau tidak, tetapi value apa yang ada di diri kamu dan bisa dikontribusikan untuk perusahaan.

Semoga artikel ini bisa membuka mindset kamu lebih terbuka lagi soal keinginan mendapatkan gaji gede.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *