Home » Finansial » Hati-hati Dengan Belanja Kecil Yang Rutin

Hati-hati Dengan Belanja Kecil Yang Rutin

Belanja Online

Adanya situs belanja online sekarang ini memang membuat seseorang mudah tergiur, apalagi jika baru saja terima gaji. Meskipun awalnya iseng buka-buka situs e-commerce atau marketplace, tetapi pada akhirnya berbelanja juga. Padahal niat awal tidak ingin belanja.

Ada beberapa hal yang menyebabkannya…

  • Barangnya unik. Sekarang ini di situs belanja online banyak sekali barang-barang unik atau bahkan barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan tetapi jadi kita inginkan. Misalnya saja kipas angin mini. Karena melihat barangnya unik, kecil tapi multifungsi, akhirnya dibeli. Syukur-syukur dapat digunakan saat di kantor pas lagi kerja.
  • Harganya murah. Heran juga harga yang ditawarkan para seller di situs belanja online itu murah-murah, atau lebih terjangkau dibanding beli di toko konvensional. Ini yang membuat seseorang ingin membelinya.
  • Ada promo. Tidak hanya harga yang murah, tetapi adanya promo-promo seperti gratis ongkir, diskon, cashback, dll membuat seseorang menjadi tergiur untuk membelinya.

Itu beberapa sebabnya. Tetapi di lain sisi pihak situs belanja online pun sebenarnya juga sudah mengatur tampilan tokonya agar menarik untuk dibeli.

Nah, yang sangat riskan di sini adalah perihal harga. Baiklah harganya murah, tetapi jika Anda menjadi tergiur untuk membelinya ini yang sangat berbahaya bagi kondisi finansial Anda.

Kalau cuma sekali tidak masalah, tetapi jika membeli barang-barang yang murah tetapi sangat intens, ini yang berbahaya. Anda mungkin akan berpikir, ah harganya murah, duit saya masih cukup. Iya, masih cukup. Tetapi jika hal ini terus dilakukan, lama-lama tetap akan menguras keuangan Anda.

Anda mungkin baru sadar jika tiba-tiba duit kok habis.

Belanja barang-barang yang harganya murah tapi sering, tetap saja tidak baik. Apalagi jika barang tersebut tidak terlalu mendesak dibutuhkan dan memang tidak terlalu penting.

Di sinilah keimanan Anda dicoba. Meskipun punya duit yang cukup, lebih baik ditabung saja atau digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Jangan sampai duit Anda terkuras, karena membeli barang-barang yang tidak terlalu berguna.

Jadi harap hati-hati kalau mau membuka situs belanja online. Apalagi sampai berlama-lama, itu nanti akan semakin membuat Anda tergiur untuk membeli barang-barang yang dijual di sana.

Hayo, siapa yang suka seperti itu?

Bagikan artikel ini :

Baca Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *