Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Kelola Tunjangan Hari Raya (THR) Biar Tak Cepat Habis

Tunjangan Hari Raya

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, pasti banyak pegawai yang menanti Tunjangan Hari Raya. Tunjangan ini berhak didapatkan oleh pegawai karena memang sudah ada peraturannya. Masalah siapa saja yang berhak mendapatkannya itu juga sudah diatur dalam Permenaker.

Tapi kali ini RuangPegawai tidak ingin membahas soal pasal-pasal dan peraturannya, yang akan kami bahas di sini adalah bagaimana cara mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) ini agar tidak cepat habis.

Karena kadang THR yang didapatkan dan yang sejatinya digunakan untuk kebutuhan Hari Raya, justru malah digunakan untuk hal-hal lain, sehingga tidak terasa dampaknya. Jadi jangan sampai uang tunjangan ini akan habis dengan sia-sia.

Tunjangan Hari Raya

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola dana THR ini.

1. Gunakan untuk Keperluan Hari Raya

Sesuai dengan namanya, Tunjangan Hari Raya ya fungsinya untuk keperluan hari raya. Jadi prioritaskan uang ini untuk kebutuhan hari raya seperti memesan tiket mudik atau transport mudik, membeli kebutuhan makanan saat lebaran, membeli pakaian, dan lainnya.

Karena kebutuhan untuk Hari Raya ini cukup besar, apalagi kalau harus pulang kampung dan saudaranya banyak. Jadi prioritaskan untuk kebutuhan Hari Raya dulu dibanding kebutuhan lain.

2. Sisihkan untuk ditabung

Baru nanti kalau ada sisa atau memang dana hari raya sudah bisa dicover dengan dana lain, ya coba sisihkan untuk ditabung. Jadi misalnya Anda tidak ada acara pulang kampung dan rutinitas lebaran juga sederhana, dana THR ini bisa jadi penghasilan tambahan yang lumayan untuk ditabung.

Baca juga : Kini Tunjangan Hari Raya (THR) Bisa Didapatkan Meski Baru Bekerja 1 Bulan

3. Untuk Investasi

Kalau Anda memiliki investasi seperti reksadana atau lainnya, bisa juga digunakan untuk investasi. Dengan catatan, kebutuhan hari raya Anda sudah tercover.

Misalnya saja Anda dapat THR sebesar Rp 4.000.000 itu sudah lumayan untuk diinvestasikan di reksadana.

4. Untuk Membayar Hutang

Jika Anda memiliki hutang dan dana THR sudah dipenuhi, Anda bisa menggunakan sebagiannya untuk membayar hutang. Ini akan mengurangi pengeluaran di bulan berikutnya.

5. Untuk Berbagi

Kalau Anda sudah ada tabungan yang cukup, tidak ada hutang, dana THR juga sudah aman, tunjangan ini bisa Anda gunakan untuk sedekah ke sesama. Ini akan lebih berkah tentunya. Anda tidak hanya akan mendapatkan kebahagiaan di dunia tetapi juga nanti di akhirat.

Baca Artikel Lainnya :


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.