Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tugas Account Manager & Tanggung Jawabnya

Tugas Account Manager

Mari kita pelajari apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab Account Manager. Karena sekarang ini sudah banyak lowongan kerja di profesi yang satu ini dan tak jarang pula banyak calon karyawan yang belum paham mengenai job desc profesi ini.

Melalui ulasan kali ini, RuangPegawai ingin memberikan beberapa penjelasan tentang tugas dari Account Manager, tanggung jawab Account Manager serta apa saja persyaratan untuk bisa bekerja sebagai Account Manager.

Tanpa lama-lama lagi, mari kita mulai dari informasi dasar tentang Account Manager ini.

Tugas Account Manager

Informasi Dasar & Tugas Account Manager

Seperti biasanya, kami memberikan informasi mengenai tugas-tugas profesi pekerjaan ini secara global. Jadi mungkin tiap perusahaan akan memiliki job desc yang sedikit berbeda tergantung kondisi masing-masing perusahaan.

Account Manager adalah profesi yang ada pada sebuah perusahaan dan memiliki tanggung jawab terhadap manajemen penjualan dan hubungan dengan pelanggan tertentu.

Untuk menjadi Account Manager itu memang membutuhkan gelar Sarjana, artinya Anda perlu menempuh pendidikan formal hingga jenjang Sarjana. Tentunya juga didasari oleh pengalaman kerja yang relevan sebelumnya.

Profesi ini bisa bekerja di berbagai bidang industri, seperti perusahaan ritel, keuangan dan di dalam manajemen perusahaan.

Salah satu tugas dari Account Manager adalah menjalin hubungan dengan pelanggan serta mengawasi proses administrasi penjualan.

Tanggung Jawab Account Manager

Melalui tanggung jawab berikut ini Anda mungkin akan tahu apa saja tugas-tugas dari Account Manager ini.

Account Manager ini memiliki fungsi sebagai penghubung utama antara perusahaan dengan para klien / pelanggannya. Selain itu juga harus bisa mengembangkan dan mengawasi akun bisnis pelanggan.

Seorang Account Manager juga harus mengikuti perusahaan pasar dan teknologi yang ada agar bisa menganalisa akun dan melakukan pembaharuan jika diperlukan.

Account manager juga dapat memberikan dukungan teknis kepada kliennya, selain menyiapkan materi iklan dan menjalin hubungan dengan masyarakat.

Tanggung jawab lainnya adalah :

  • Memberikan update informasi terbaru yang berhubungan dengan klien/pelanggan
  • Membuat proposal bisnis untuk peluang baru
  • Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan
  • Melakukan analisa tentang kebutuhan pelanggan, serta memberikan informasi/solusi/alternatif produk yang sesuai dengan kebutuhannya

Syarat Menjadi Account Manager

Umumnya, Account Manager ini akan sangat cocok untuk lulusan Sarjana di bidang Akuntansi, Periklanan, Komunikasi, Keuangan, Manajemen dan Pemasaran. Jika Anda lulusan Sarjana Administrasi Bisnis, itu bisa jadi bekal yang bagus.

Tapi biasanya jika ingin memiliki karier yang bagus, bisa melanjutkan untuk mengejar gelar MBA (Magister Business Administration).

Selain latar belakang pendidikan, untuk bisa jadi Account Manager juga perlu memiliki pengalaman dalam hal membuat rencana bisnis. Atau bisa juga dalam melayani pelanggan, administrasi atau penjualan.

Karier Account Manager

Apakah karier Account Manager cerah? Bisa dibilang seperti itu. Karena sekarang ini pertumbuhan industri dan perusahaan khususnya di Indonesia cukup baik, apalagi perusahaan digital yang notabene memang paling banyak membutuhkan Account Manager.

Sebenarnya Account Manager ini juga memiliki pengelompokan lagi, seperti Manager Penjualan, Marketing Manager, dll. Sehingga dalam hal karier masih sangat terbuka lebar.

Baca juga : Perbedaan Tugas Marketing Executive dengan Marketing Manager

Itulah beberapa informasi mengenai tugas Account Manager. Intinya selain dari latar pendidikan yang harus relevan, Anda juga perlu memiliki pengalaman kerja yang juga terkait dengan bidang pekerjaan ini.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.