Jurusan Kuliah yang Paling Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Jurusan Kuliah

Saya yakin akan banyak orang khususnya yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliah, bertanya-tanya dan mencari apa jurusan kuliah yang paling mudah mendapatkan pekerjaan. Harapannya supaya nanti tidak salah ambil jurusan kuliah dan tentunya ingin masa depannya bagus, lulus langsung bisa dapat kerja.

Nah kalau kamu adalah salah satu diantara yang punya pemikiran seperti itu, ayo segera bangun dulu. Supaya bisa menatap masa depan yang cerah dan dengan pikiran yang jernih. :)

Lalu apa jurusan yang paling mudah mendapatkan pekerjaan?

Jurusan Kuliah

Menurut Macquarie University, ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang peluang kerjanya tinggi di tahun 2020.

  1. Teknik Informasi
  2. Akuntansi, bisnis dan matematika
  3. Ilmu kesehatan dan psikologi
  4. Desain komunikasi dan media
  5. Teknik, hukum dan guru

Jurusan-jurusan di atas kata mereka memang memiliki peluang yang sangat bagus. Secara logika ya itu benar saja, misalnya saja jurusan Teknik Informatika. Sekarang ini eranya teknologi informasi, banyak startup yang berkembang dan membutuhkan lulusan di jurusan ini. Selain itu perkembangan dan gaya hidup manusia sekarang ini tidak lepas dari yang namanya teknologi.

Jadi jurusan tersebut memang membutuhkan tenaga profesional di bidang IT yang sangat tinggi.

Begitu juga jurusan-jurusan yang lain seperti disebutkan di atas.

Pertanyaannya, Apakah jurusan tersebut menjamin seseorang bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah?

Coba kamu jawab, kira-kira menjamin atau tidak. Apakah ketika seseorang memilih jurusan IT misalnya, lantas setelah kuliah apakah langsung mudah mendapatkan pekerjaan di bidang IT atau tidak.

Kalau menurut saya, jurusan-jurusan di atas tidak menjamin seseorang bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Bahkan saya bisa katakan tidak ada jurusan yang mudah atau susah mendapatkan pekerjaan.

Semua jurusan itu sama saja, semua pasti punya peluang bagus di masa depan.

Nah, masalahnya yang sebenarnya itu bukan terletak pada pilihan jurusannya, tetapi bagaimana SDM nya, yaitu mahasiswa.

Baca juga : Untungnya Kuliah Di Jurusan IT, Setelah Lulus Kamu Bisa Ini

Ketika ada mahasiswa memilih jurusan IT misalnya, tetapi ketika kuliah tidak mau belajar dengan giat, tidak mau mengembangkan diri, tidak mau update tentang hal-hal dan ilmu baru di bidang IT, bahkan tidak mau mengasah skill nya, ya setelah lulus hanya akan jadi lulusan IT biasa yang bergelar Sarjana Komputer.

Bahkan mahasiswa yang seperti itu akan susah cari kerja, bahkan menganggur lama. Atau paling mentok akan bekerja di luar bidang yang sudah dipelajarinya selama kuliah.

Mengapa demikian?

Ya karena mahasiswa tersebut tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan dunia kerja atau industri. Banyak kok sekarang lulusan IT yang tidak paham bidangnya, yang mereka tidak ‘layak’ bekerja di bidang IT karena kurangnya kualifikasi yang sesuai dengan dunia kerja.

Begitu juga dengan jurusan lain.

Alhasil mengapa sekarang ini banyak Sarjana menganggur, ya salah satunya karena mereka tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk bisa masuk ke dunia kerja yang sebenarnya.

Tapi…kalau ada mahasiswa yang memang dia ulet dan mau mengembangkan diri, ya pasti akan cepat dapat kerja. Karena yang demikian itu pasti akan dibutuhkan di dunia kerja.

Baca juga : Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

Saran untuk kamu…

Jadi kalau masih ada yang mencari jurusan kuliah hanya melihat nanti mudah atau susah cari kerja setelah lulus, sebaiknya itu dikesampingkan. Lebih baik pilih jurusan kuliah yang memang sesuai dengan minat kamu. Tidak perlu ragu dan gengsi jika jurusan kuliah yang kamu pilih kurang ngetren.

Yang terpenting kamu bisa fokus belajar di situ dan mau mengembangkan diri.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.