Home » Motivasi » 5 Manfaat Berkompetisi Dalam Bekerja

5 Manfaat Berkompetisi Dalam Bekerja

Kompetisi Pegawai

RuangPegawai.com – Kompetisi itu merupakan sebuah proses yang tidak pernah bisa kamu lewatkan dalam kehidupan ini. Kompetisi itu akan selalu hadir untuk menguji dan mengukur seberapa keras kamu dalam menghadapi masalah yang terjadi.

Di artikel kali ini kami akan mengulas seputar beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dari keikutsertaan kamu dalam berkompetisi di dunia kerja, berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Lebih fokus

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan saat berkompetisi dalam bekerja ialah fokus yang kamu dapatkan akan lebih besar daripada sebelumnya. Kamu akan mampu bekerja dengan sungguh-sungguh tanpa melakukan sesuatu apapun yang dapat menghambat pekerjaanmu. Karena kamu sedang dalam sebuah kompetisi dan tentunya ingin menang bukan?

Oleh karena itu biasanya fokus yang kamu miliki saat dalam keadaan yang demikian ini. Sungguh sangat besar dan akan berdampak baik dalam pekerjaan kamu.

2. Termotivasi untuk menjadi lebih baik

Ketika di dalam sebuah kompetisi, perasaan yang timbul di dalam benak setiap orang ialah menjadi yang terbaik. Namun sebelum itu, kamu harus berusaha untuk menjadi lebih baik dari diri kamu yang sebelumnya, menjadi lebih baik dari diri kamu yang kemarin. Serta kamu akan meningkatkan kemampuan kerja kamu agar kamu mampu untuk menjadi lebih baik daripada yang lain.

3. Pekerjaan lebih cepat

Setelah memiliki fokus yang baik, otomatis tingkat kecepatan kamu dalam bekerja juga pasti akan meningkat bukan? Dengan semangat yang tidak ingin dikalahkan oleh yang lain. Kamu akan berusaha dengan lebih baik serta lebih cepat dalam menyelesaikan setiap tugas yang telah diberikan kepada kamu.

Sebagai bentuk etos kerja yang baik. Kecepatan yang kamu miliki ini perlahan-lahan akan meningkat dan akan terasa lebih baik daripada pekerjaan yang kamu lakukan dalam keadaan yang tidak sedang berkompetisi.

4. Mempererat hubungan

Dalam sebuah persaingan, hubungan yang erat pun akan tercipta sesama pekerja. Dengan saling menyemangati untuk melakukan yang terbaik serta menjadikan masing-masing pribadi yang lebih baik. Akan menambah sebuah hubungan yang menguntungkan untuk pekerjaan kamu. Dengan saling membantu untuk tetap sportif, perusahaan juga dapat diuntungkan oleh persaingan yang telah kamu lakukan bersama rekan kerja mu.

5. Kesempatan unjuk kebolehan

Lihatlah kompetisi ini sebagai salah satu jalan yang baik untuk menunjukkan kebolehan kamu dalam bekerja. Tunjukanlah etos kerja yang baik, sehingga kamu dapat berpeluang untuk promosi jabatan atau semacamnya. Dengan mempertimbangkan kemampuan kamu yang sudah meningkat dari sebelumnya, kemungkinan semacam ini tidak lah dapat dipungkiri akan terjadi.

***

Conclusion :
Kompetisi adalah hal lumrah yang ada di dalam hidup ini, termasuk dalam dunia kerja. Dengan berkompetisi pasti akan ada yang merasa tersaingi. Tapi alangkah baiknya jika kompetisi disikapi dengan cara yang bijak dan bisa bermanfaat untuk kinerja dan kehidupan sehari-hari.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan salam sukses!! Jangan lupa share & subscribe!

Bagikan artikel ini :