Home » Tips » Agar Tetap Produktif Saat Menganggur, Kamu Bisa Lakukan Ini!

Agar Tetap Produktif Saat Menganggur, Kamu Bisa Lakukan Ini!

Pengangguran

Menganggur memang tidak menyenangkan. Selain tidak punya kegiatan, tentunya juga tidak bisa mendapatkan penghasilan. Masa iya harus minta orang tua terus? Kan nggak enak.

Meskipun sedang menganggur, kamu tidak boleh bermalas-malasan. Menganggur bukan dijadikan alasan untuk leha-leha dan main seenaknya. Justru keadaan ini harus bisa digunakan melakukan hal-hal yang lebih produktif. Supaya nganggur kamu lebih bermakna. 😀

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Pengangguran Semakin Banyak

Selain itu supaya kamu bisa tidak terbebani dengan keadaan yang masih belum dapat kerja ini.

Kali ini RuangPegawai ingin berbagi informasi kepada kamu yang masih menganggur agar tetap produktif dan bisa bermanfaat untuk diri kamu sendiri. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

#Atur Jadwal Sehari-hari

Seperti yang sudah disinggung di bagian atas, kalau menganggur itu bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Kamu tetap harus mengatur jadwal layaknya orang bekerja. Keren kan! Ini juga untuk membiasakan diri kamu supaya lebih disiplin.

Karena kamu tidak kantoran, maka kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah mengerjakan pekerjaan rumah. Bisa juga menghadiri kegiatan-kegiatan lain yang positif atau bisa juga berkunjung ke rumah teman agar bisa mendapatkan informasi lebih.

#Mencoba Kerja Online

Meskipun sedang nganggur, kamu tetap bisa mendapatkan uang meskipun sibuk di rumah terus. Yaitu dengan mencoba kerja secara online. Sekarang ini banyak sekali cara untuk bisa menghasilkan uang lewat online.

Misalnya saja kamu punya keahlian menulis, kamu bisa menjadi freelancer penulis artikel di website. Atau jika kamu fasih Bahasa Inggris, kamu bisa menjadi penerjemah. Saat ini banyak situs-situs yang menawarkan pekerjaan lepas dan bisa diikuti oleh siapa saja.

Lumayan kan kalau bisa dilakukan.

#Ikut Organisasi

Nah, supaya menambah relasi dan kesibukan, kamu bisa ikut organisasi atau komunitas yang sesuai dengan minat kamu. Biasanya di tiap daerah ada organisasi / komunitas yang aktif untuk hal-hal positif. Kamu bisa gabung di dalamnya menjadi anggota atau relawan.

Selain kamu akan mendapatkan pengalaman, kamu juga bisa mendapatkan jaringan pertemanan yang syukur-syukur menjadi pintu rezeki kamu ke depannya.

#Olahraga Rutin

Bersyukurlah kalau diberikan waktu untuk menganggur. Karena itu artinya kamu banyak waktu luang untuk melakukan hal-hal positif, salah satunya adalah olahraga. Meskipun sedang nganggur, kamu tetap harus menjaga kebugaran tubuh.

Jangan sampai karena kelamaan menganggur, kamu malah jatuh sakit. Kan nggak lucu.

#Tingkatkan Keterampilan

Ini waktu yang tepat untuk kamu terus belajar meningkatkan skill yang kamu miliki. Di momen ini kamu bisa mengikuti beberapa pelatihan atau kursus yang bisa menunjang diri kamu untuk bekerja nanti. Misalnya saja kamu ingin bekerja menjadi Administrasi Perkantoran, lantas kemampuan komputerisasi kamu masih kurang. Nah kamu bisa mengikuti pelatihan komputer agar bisa mendapatkan sertifikasi.

#Berjualan

Supaya nganggur tetap bisa mendapatkan uang, kamu bisa juga berjualan. Tidak perlu berjualan yang aneh-aneh, kamu bisa mencoba berjualan hal-hal kecil di rumah kamu. Misalnya saja berjualan minuman jus, berjualan pulsa, atau yang lainnya.

Baca juga : Susah Cari Kerja? Coba Anda Mulai Melakukan Ini

Intinya adalah, meskipun kamu sedang menganggur, bukan berarti kamu tidak produktif. Justru kamu harus melakukan banyak hal beberapa diantaranya yang di atas agar kamu bisa menghasilkan sesuatu dari kondisi mu yang menganggur itu. Selamat bertugas bos! 🙂

Bagikan artikel ini :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + two =