Home » Lowongan Kerja » Penerimaan CPNS KEMENKUMHAM & MA Tahun 2017 Telah Dibuka, Ini Syaratnya!

Penerimaan CPNS KEMENKUMHAM & MA Tahun 2017 Telah Dibuka, Ini Syaratnya!

Penerimaan CPNS Kemenkumham 2017

Bagi kamu yang sedang mengidam-idam untuk menjadi seorang PNS, di tahun ini cukup banyak sekali pendaftaran CPNS. Salah satunya adalah seleksi CPNS dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA).

Akan tetapi penerimaan Pegawai Negeri Sipil di kedua instansi pemerintah ini sekarang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun 2017 ini pihak Kemenkumham ingin mendapatkan PNS dari lulusan-lulusan terbaik. Jadi, kalau kamu memang termasuk lulusan perguruan tinggi yang punya prestasi, maka peluang untuk diterima semakin besar.

Hal ini dikarenakan akan ada beberapa tes yang harus dilalui oleh para CPNS. Seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Melihat tes yang akan dilalui ini, diharapkan para CPNS benar-benar mempersiapkan dengan matang.

Untuk Tes Wawasan Kebangsaan sendiri para CPNS harus mengetahui beberapa hal seputar tata negara Indonesia, sejarah Indonesia, kebijakan pemerintah, bahasa Indonesia maupun Inggris, hingga UUD 1945.

Sedangkan untuk Tes Intelegensi Umum, berisi mengenai tes kemampuan, cara berpikir (logis atau analitis), tes analisa numerik dan verbal.

Dengan adanya berbagai tes ini diharapkan para PNS nanti tidak sekedar memiliki prestasi dari sisi akademik saja, tetapi juga memiliki pengetahuan serta kemampuan yang mencerminkan nilai-nilai kebanggasaan yang telah tertuang dalam Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pengumuman Resmi CPNS 2017 Oleh Menpan

Informasi penerimaan PNS di MA dan Kemenkumham 2017 ini telah secara resmi diumumkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur.

Dalam konferensi persnya di Jakarta, beliau mengatakan di kedua instansi pemerintah ini membutuhkan 19.210 PNS. Dari total jumlah itu, 1.684 orang berada Mahkamah Agung (MA), dan sisanya 17.962 orang di Kemenkumham.

Nah di penerimaan CPNS kali ini ada sedikit keistimewaan. Yaitu bagi lulusan yang pernah cumlaude saat lulus kemarin, akan diberi kesempatan juga melalui penerimaan CPNS Jalur Khusus. Untuk jalur ini ada kuota 468 orang. Dan bagi yang berada di Papua – Papua Barat, mendapatkan jatah kuota 301 orang.

NO.
NAMA INSTANSI
 
JADWAL PENDAFTARAN ONLINE
1.
MAHKAMAH AGUNG RI1 Agustus 2017 s.d. 26 Agustus 2017 (ditutup pukul 23:59 WIB)
2.
KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RIBagi Pelamar dengan Kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana/S-1:
1 Agustus 2017 s.d. 31 Agustus 2017 (ditutup pukul 23:59 WIB)
Bagi Pelamar dengan Kualifikasi pendidikan Diploma III/D-III dan SLTA/Sederajat:
1 Agustus 2017 s.d. 26 Agustus 2017 (ditutup pukul 23:59 WIB)

Bagi yang sudah tidak sabar lagi melihat apa saja syarat dan ketentuan penerimaan Pegawai Negeri Sipil di kedua instansi ini, lebih baik langsung buka sumber resminya melalui link di bawah ini.

Informasi lengkap CPNS Kemenkumham & MA Tahun 2017 >> https://www.menpan.go.id/berita-terkini/120-info-terkini/7113-pengumuman-penerimaan-cpns-tahun-2017

Bagikan artikel ini :

Baca Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *