5 Profesi Pekerjaan di Kapal Pesiar, Gajinya Puluhan hingga Ratusan Juta!!

Kamu ingin bekerja sekaligus mengunjungi negara lain dan mendapatkan gaji yang tinggi? Sebaiknya, pilih profesi pekerjaan di kapal pesiar saja. Bekerja di kapal pesiar merupakan salah satu impian sebagian orang, karena tawaran yang hampir semua orang menyukainya. 

Tawaran tersebut adalah mengunjungi banyak negara-negara maju, bekerja secara internasional dan mendapatkan gaji yang tinggi.

Meskipun begitu, bekerja di kapal pesiar juga tidak semudah yang dibayangkan. Kamu perlu memiliki skill khusus, melalui jalur test akademik serta fisik di beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan kapal pesiar besar.

Profesi Pekerjaan di Kapal Pesiar
profesi pekerjaan di kapal pesiar via https://www.silversea.com

Jika kamu sangat berminat untuk memilih profesi pekerjaan di Kapal pesiar, Kira-kira akan melamar ke bagian mana?

Kali ini, kita akan membahas tentang beberapa profesi pekerjaan di Kapal pesiar, Agar kamu mendapatkan gambaran tentang bekerja di kapal pesiar.

Profesi Pekerjaan di Kapal Pesiar

Bekerja di kapal pesiar merupakan pekerjaan yang tidak gampang, karena saat bekerja kamu berada di samudera dan lautan selama berhari-hari. Kamu juga akan bekerja dengan sistem shift.

Setidaknya, bekerja di kapal pesiar menuntutmu untuk bekerja selama seminggu penuh, dengan jam kerja kurang atau lebih dari 14 Jam, tergantung profesi pekerjaan di kapal pesiar yang kamu pilih.

Meskipun begitu, Kamu tetap akan mendapatkan waktu libur, yang tergantung dari kontrak kerja yang berlaku. Saat mendapatkan waktu libur, Karyawan yang bekerja di kapal pesiar bisa mendapatkan cuti atau libur yang cukup lama. 

Semakin berminat bekerja di Kapal pesiar? Yuk kita simak terlebih dulu, 5 profesi pekerjaan di Kapal pesiar:

1. Dokter Kapal Pesiar

Saat bepergian, Segala hal bisa saja terjadi di luar keinginan kita. Salah satunya adalah jatuh sakit saat di perjalanan. Dalam hal ini, Kapal pesiar juga memiliki Dokter dan Paramedis untuk mengatasi para tamu yang memiliki masalah dengan kesehatan mereka.

Profesi dokter di kapal pesiar tentunya lebih menyenangkan, dibandingkan Dokter yang membuka praktiknya sendiri. Dokter di kapal pesiar bisa bekerja sambal liburan.

Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan sebagai tenaga medis atau Dokter, Kamu bisa mencoba profesi pekerjaan di kapal pesiar ini. 

Pastikan kamu sebelumnya sudah memiliki pengalaman di bidang yang sama, serta memiliki beberapa sertifikat dan lisensi yang jelas. Yang tidak kalah pentingnya, Kamu harus menguasai Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional.

Berapa gaji seorang Dokter di kapal pesiar ya? Gaji mereka rata-rata $8.000 – $12.000 U.S atau (Rp. 115 juta – 173 juta) per bulan. 

2. Lifeguard

Pernah nonton film Beverly Hills? Film ini menceritakan tentang kru penyelamat di sekitar pantai. Nah, Mereka adalah Lifeguard. Profesi pekerjaan di kapal pesiar lainnya adalah menjadi Lifeguard atau tim penyelamat.

Baca juga :   Ini Dia Situs Lowongan Kerja Untuk Para Penyandang Disabilitas

Tugas mereka adalah melakukan pemantauan serta mengawasi para tamu yang masuk ke kapal pesiar, khususnya yang sedang berada di area kolam renang . 

Kemungkinan terburuk bisa saja menimpa para penumpang yang sedang berenang di sekitar area ini. Mereka bisa saja tenggelam, terjatuh dan lain sebagainya.

Gaji seorang Lifeguard di Kapal pesiar berkisar antara $ 1.600 – $1.800 U.S atau (Rp. 23 juta- 25 juta) per bulannya. 

3. Akuntan di Kapal Pesiar

Profesi pekerjaan di Kapal pesiar berikutnya adalah menjadi seorang Akuntan. Profesi ini sebetulnya sangat  dibutuhkan di semua perusahaan, termasuk Kapal pesiar besar.

Seorang akuntan harus mampu mempersiapkan laporan keuangan , membaca neraca keseimbangan, membuat laporan laba rugi, serta bertanggung jawab terhadap semua pemasukan dan pengeluaran di Kapal pesiar.

Berapa gaji akuntan di Kapal pesiar? Rata-rata pendapatan mereka berkisar $ 4.200 – $ 5.400 (Rp. 60 Juta – Rp. 77 Juta) per bulannya. Kabarnya, Profesi akuntan dari Indonesia masih jarang yang bekerja di Kapal pesiar, tapi bukan berarti mustahil untuk tahun-tahun berikutnya.

4. Pelayan Bar di Kapal Pesiar

Suasana internasional di Kapal pesiar menjadikan profesi pekerjaan di Kapal Pesiar yang satu ini wajib ada. Profesi ini adalah menjadi Bar Waiter atau pelayan Bar.

Departemen Food and Beverage di Kapal pesiar memiliki pelayan bar yang bertugas untuk meracik dan menyajikan minuman kepada para tamu di kapal pesiar.

Banyak yang bilang kalau ini adalah pekerjaan yang menyenangkan dengan gaji yang cukup tinggi. Gaji seorang pelayan bar di Kapal pesiar sekitar $ 1.800 – $ 2.800 U.S (Rp. 26 Juta – Rp. 40 Juta) per bulannya. Belum lagi, tambahan uang tips dari tamu – tamu kapal.

5. Pelayan Kabin

Pekerjaan ini berada di departemen Housekeeping and accommodation, dan memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di sekitar area kabin tamu kapal pesiar. 

Bagian ini juga bertugas untuk menerima laundry dari para tamu yang meminta tolong kepada mereka. Meskipun begitu, Kemampuan komunikasi Bahasa Inggris kamu harus baik.

Baca juga : 3 Cara Kerja di Kapal Pesiar Agar Langsung Diterima!

Pelayan kabin akan terbiasa bertemu dengan berbagai tamu dari berbagai negara. Gaji yang diterima seorang Cabin Steward di kapal pesiar, sekitar $ 1.800 – $ 2.200 atau (Rp. 26 juta – Rp. 31 juta) per bulannya.

Ada banyak pilihan profesi pekerjaan di Kapal pesiar yang bisa kamu pilih. Pastikan Kamu sudah memenuhi semua persyaratan yang berlaku. Selamat bekerja!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.