9 Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Kesehatan Masyarakat

Bidang kesehatan memiliki banyak peluang pekerjaan. Ada banyak perusahaan, instalasi, yang dapat memafaatkan lulusan Kesehatan Masyarakat baik untuk bekerja di perusahaan negeri maupun swasta. 

Prospek lowongan kerja untuk Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat merupakan pilihan karier yang menjanjikan. Bukan hanya memperhatikan kesehatan di masyarakat namun banyak jenis-jenis pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusannya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

Kesehatan Masyarakat
Sumber Foto : www.aamc.org

1. Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat

Sebagai seorang lulusan dari jurusan Kesehatan Masyarakat tentu dibekali dengan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Rumah sakit, instansi kesehatan, puskesmas sampai klinik dapat menempatkannya sebagai administrator layanan kesehatan. Menjadi jembatan antara perusahaan dan pasien adalah posisi yang sesuai dengan latar belakangnya. 

2. Ahli Gizi 

Kesehatan sangat erat hubungannya dengan makanan dan asupan gizi yang dikonsumsi pasien maupun masyarakat yang sehat. Oleh karena itu lowongan kerja yang sesuai untuk lulusan kesehatan masyarakat adalah menjadi ahli gizi baik pada Rumah Sakit, Klinik atau industri makanan dan minuman. 

3. Epidemiolog 

Tahukah Anda kalau pola hidup seseorang sangat berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Menjadi Epidemiolog adalah peluang kerja lain yang terbuka untuk lulusan Kesehatan Masyarakat. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kecenderungan epidemi atau penyakit menular dapat memanfaatkan pengetahuan sarjana Kesehatan masyarakat untuk mencari solusi dari data yang dikumpulkan. 

4. Biostatistisi

Biotatistisi bisa dikerjakan oleh lulusan kesehatan masyarakat. Pengembangan data yang berkaitan dengan bidang kesehatan dapat menerapkan ilmu kedokteran, kesehatan, epidomiologi sebagai satu kesatuan. Jabatan ini mencoba untuk mengkomunikasikan fakta mengenai suatu masyarakat terhadap suatu kejadian yang berkaitan dengan kesehatan disuatu tempat. 

5. Staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sarjana Kesehatan Masyarakat cocok menjadi bagian dari Staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Khususnya perusahaan dengan resiko kesehatan yang tinggi seperti yang berhubungan dengan bahan kimia, nuklir, dan lain sebagainya. Adalah tugasnya untuk menganalisa, membuat peraturan dan mengevaluasi cara kerja agar aman baik untuk pekerja, perusahaan maupun keseluruhan sistem. 

6. Pegawai Rumah Sakit atau Puskesmas

Lulusan Kesehatan Masyarakat dapat memilih untuk bekerja di rumah sakit atau Puskesmas. Pilihan antara menjadi PNS atau pekerja di perusahaan swasta juga terbuka bagi sarjana dengan jurusan ini. Ia akan terlibat untuk kegiatan Rumah Sakit atau Puskesmas terutama untuk sosialisasi kebiasaan sehat. Peluang pekerjaan pada profesi medis ditempat tersebut memiliki banyak potensi bagi lulusan dari jurusan Kesehatan Masyarakat. 

7. Perusahaan Asuransi

Ada peluang pekerjaan bagi lulusan kesehatan Masyarakat di perusahaan asuransi. Peranannya sangat membantu khususnya dalam hal asuransi kesehatan. Mereka memiliki kompetensi dan pengetahuan untuk membuat rekomendasi yang dibutuhkan baik yang memiliki asuransi maupun perusahaan. 

8. Pembicara Kesehatan

Seorang sarjana Kesehatan Masyarakat tidak harus bekerja pada perusahaan atau orang lain. Menjadi pembicara untuk hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan dapat jadi jalur karier yang menjanjikan. Selain berbagi pengetahuan juga bisa mendorong profesi kesehatan dari latar belakang kesehatan. Bukan hanya dokter atau suster saja yang dapat berbagi pengalaman atau pengetahuannya. Seorang lulusan kesehatan masyarakat memiliki kemampuan yang sama. 

9. Konsultan Diet

Melakukan diet tentu bukan berarti tidak makan atau mengurangi asupan makanan. Gizi dan vitamin juga harus diperhatikan. Sarjana Kesehatan Masyarakat dapat menjadi konsultan untuk membantu mereka yang ingin mengatur pola makannya untuk sehat. 

Baca juga : 5 Lowongan Kerja Agribisnis Yang Perlu Kamu Ketahui

Itulah beberapa peluang lowongan kerja yang dapat dilakukan seseorang yang mengambil jurusan Kesehatan Masyarakat. Bukan hanya terbatas pada dunia kesehatan, mengambil kesempatan didunia asuransi maupun jadi pembicara. Terdapat banyak peluang yang dapat dikerjakan Kesehatan Masyarakat baik yang berkaitan dengan dunia kesehatan maupun tidak. 

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.