Home » Finansial » Multi Rekening, Cara Asyik Kelola Keuangan Pegawai

Multi Rekening, Cara Asyik Kelola Keuangan Pegawai

Multi Rekening

RUANGPEGAWAI.com – Meski dengan gaji yang pas-pasan, pernahkah Anda punya rencana untuk bisa pergi liburan, beli barang-barang kesayangan dan lain hal? Pastinya pernah dong ya. Tetapi kadang keinginan itu sirna karena melihat dana tak mencukupi.

Sebenarnya bisa kok kalau pegawai dengan gaji pas-pasan ingin punya budget untuk ini itu. Kuncinya yang utama adalah pandai dalam mengelola keuangan.

Nah, tips finansial sederhana kali ini bisa Anda praktekan, yakni dengan memiliki multi rekening.

Apa itu multi rekening?

Sebenarnya ini hanya istilah yang RuangPegawai buat saja untuk memudahkan maksud yang diinginkan. Multi Rekening itu adalah memiliki rekening dengan jumlah lebih dari satu.

Kalau hingga saat ini Anda hanya punya satu rekening saja dan itu digunakan untuk segala hal, baik menabung, belanja, membayar tagihan, maka bisa dikatakan keberadaan satu rekening itu belum efektif. Memiliki satu rekening dan digunakan untuk berbagai hal itu sangat fatal. Apalagi jika Anda merencanakan untuk menabung jangka panjang.

Solusinya adalah Anda harus membuat rekening baru.

Cobalah untuk membuat rekening yang masing-masing digunakan untuk kebutuhan yang berbeda. Misalnya rekening khusus untuk tabungan, rekening khusus untuk keperluan belanja, rekening khusus untuk tagihan bulanan dan bisa juga rekening khusus untuk liburan.

Jadi nanti ketika Anda sudah gajian, penghasilan langsung bisa dibagi-bagi ke rekening itu. Untuk menabung sekian bisa langsung ditransfer ke rekening tabungan, dana untuk keperluan tagihan juga bisa langsung ditransfer ke rekening tagihan. Ini sederhana tetapi sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengelola keuangan.

Baca juga : Atur Keuangan Keluarga Agar Tak Jadi Petaka

Namun, supaya keberadaan multi rekening itu tidak menjadikan beban baru, sebaiknya ketika membuat rekening harus lebih cermat. Salah satu yang harus diperhatikan adalah

# Memilih jenis rekening tabungan yang tepat

Untuk apa rekening baru itu, apakah untuk tabungan, kebutuhan belanja, atau budget liburan. Ini penting karena Anda bisa menentukan jenis rekening tabungan yang tepat. Supaya nanti Anda juga bisa mendapatkan benefit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya ingin membuat rekening khusus belanja, sebaiknya Anda membuka rekening tabungan yang memberikan layanan dan fasilitas lengkap.

Jika sudah memiliki multi rekening, sebaiknya juga diimbangi oleh tanggung jawab Anda selaku pemilik dana. Untuk itulah dibutuhkan niat dan komitmen yang tinggi.

Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam mengelola keuangan dari penghasilan.