Ini Dia Pilihan Jenis Pekerjaan Yang Sesuai Minat dan Kepribadian Anda

Pekerjaan Sesuai Minat

Dalam memilih pekerjaan, sering kali kita merasa kebingungan untuk memilih pekerjaan mana yang sesuai dengan diri kita.

Meski sudah punya keahlian, kadang ketika terjun ke dunia kerja tak sesuai dengan minat ataupun kepribadian kita. Jika sudah seperti ini apa yang bisa kita lakukan?

Tenang…

Banyak sekali cara mendapatkan pekerjaan, salah satunya dengan mencari yang sesuai dengan minat dan tipe kepribadian kita.

Nah, dari pengalaman orang-orang yang telah memilih pekerjaan sesuai dengan minat dan kepribadiannya, mereka akan merasa lebih nyaman bekerja. Tak jarang pula yang sukses dalam dunia kariernya. Hal ini disebabkan mereka tak punya beban mental dan pikiran ketika bekerja. Dalam dirinya selalu bahagia karena apa yang dikerjakan telah sesuai dengan minat dan kepribadiannya.

Jika Anda ingin mencoba mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kepribadian, berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang didasarkan berdasarkan Minat :

#Minat dengan Ide

Jangan sepelekan ide. Orang yang memiliki ide-ide kreatif, dan selalu ingin tahu tentang ide atau hal baru sangat banyak dibutuhkan di dunia kerja. Orang-orang seperti ini cocoknya bekerja di bidang pengetahuan alam, seperti melakukan riset, membuat inovasi dll. Lalu juga cocok bekerja di bidang pengobatan, penulisan dan bidang artistik.

Jika Anda termasuk pribadi yang memiliki minat atau selalu memiliki ide-ide brilian, bisa bekerja di bidang-bidang tersebut.

#Minat dengan Benda

Apabila Anda orang suka bekerja secara teratur, suka yang terencana, mengerjakan sesuatunya dengan rapi tapi Anda tidak suka bertemu orang, berarti Anda cocok bekerja di belakang layar. Maksudnya adalah pekerjaan yang tidak selalu harus bertemu dengan orang, seperti pekerjaan bidang administrasi, keuangan, dan akuntansi.

#Minat dengan Orang

Tapi jika Anda termasuk orang yang ingin selalu bertemua orang, bekerja dengan selalu berinteraksi dengan orang dan tidak suka sendirian apalagi bekerja di depan komputer, berarti Anda lebih cocok memilih pekerjaan seperti Marketing, Public Relation, Konsultan, atau bahkan Sales.

 

Dan berikut ini adalah beberapa pilihan jenis pekerjaan yang sesuai dengan Tipe Kepribadian Anda :

Baca juga :   Tugas IT Support di Perusahaan Non IT

#Tipe Realistis

Apakah Anda termasuk seseorang yang punya karakter realistis? Jika iya berarti Anda cocok bekerja di bidang permesinan atau mekanik. Kenapa? Karena orang yang realistis biasanya praktis, mekanis, dan tentunya ya realistis. Jadi bisa saja Anda akan bekerja sebagai Insinyur atau bisa juga menjadi pilot.

#Tipe Artistik

Orang bertipe artistik pasti memiliki jiwa seni dan kreativitas yang tinggi. Orang-orang seperti ini sangat tertarik dalam dunia keterampilan, sastra, musik, grafis, pokoknya dunia seni. Orang-orang bertipe ini biasanya memiliki jiwa yang sangat ekspresif, independen, mandiri, dan orisinal atau memiliki prinsip yang kuat.

Cocoknya memang bekerja di bidang desain, editor, komposer, instruktur tari, dan lainnya.

#Tipe Usahawan

Apabila Anda merasa memiliki jiwa wirausaha tapi tetap ingin bekerja sebagai karyawan itu sah-sah saja. Anda tinggal memilih pekerjaan yang cocok dengan tipe kepribadian Anda tersebut. Biasanya orang yang memiliki tipe ini sangat baik dalam hal kepemimpinan dan mempengaruhi orang (“positif”).

Orang yang seperti ini cocok bekerja di bidang sales, marketing, manager, hakim, atau pengacara.

#Tipe Sosial

Tidak semua orang bekerja untuk sekedar mencari uang. Ternyata masih banyak yang bekerja memang dilandasi alasan untuk menolong. Orang-orang seperti inilah yang memiliki tipe kepribadian sosial yang tinggi.

Baginya bisa menolong seseorang dalam berbagai hal sudah menjadi penghargaan terbesar. Dan orang-orang seperti ini memang lebih cocok untuk bekerja di bidang pendidikan, kesehatan, pekerja sosial, konsultan.

#Tipe Investigatif

Anda termasuk orang yang punya kepribadian investagatif? Suka meneliti sesuatu? Suka memecahkan suatu masalah dengan aturan yang baku? Anda bisa memilih pekerjaan di bidang kedokteran, psikolog atau psikiater, matematika atau ahli kimia.

***
Artikel ini bukan sebagai rujukan pasti dalam menentukan pilihan pekerjaan yang tepat pada Anda. Dan ini bukan prediksi pasti yang akan membantu menuju kesuksesan karir Anda. Sejatinya, semua itu, rezeki dan pekerjaan sudah ada yang mengaturnya. Kita hanya bisa berusaha dengan apa yang kita punya.

Selamat bekerja sesuai dengan minat dan bakat Anda!

Originally posted 2020-10-15 12:06:43.

Similar Posts

10 Comments

  1. Saya bingung jika ditanya minat pekerjaan karena saya sebenarnya suka pekerjaan bertemu orang tapi pemalu, dan saya suka juga pekerjaan d bidang keuangan,,

  2. Sy bingung mau cr krj nich…sy lulsan smk th 98..sy kini x pbrk…sy sbnrnya ingin cr krj sesuai jurusan sy tu. Bs g ya?

  3. Saya mau nanya,kadang saya bingung dengan kepribadian saya,seperti saya mempunyai semua tipe di atas,dan terkadang saya selalu tidak cocok atau selalu tidak ingin di rugikan pekerjaan saya,saya selalu berkembang lebih cepat,tapi tidak mau tempat kerja saya juga berkembang seperti saya.

    1. Halo Mas,
      Sepertinya Anda cocok bekerja di perusahaan startup yang notabene selalu memberikan keleluasaan SDM nya untuk berkembang. Perusahaan startup seperti Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dll bisa Anda coba.

      Atau jika Anda masih kurang cocok, bisa berkarya sendiri membuat perusahaan sendiri. Karena memiliki usaha sendiri akan lebih bebas.

  4. Saya bingung ingin mengambil jurusan kuliah apa karena saya suka menulis tapi tidak di dukung oleh orang sekitar. Mereka bilang bidang itu tidak akan cocok untuk saya dan saya di sarankan agar menjadi guru yang lebih jelas tujuannya. Apa yang harus saya lakukan?

    1. Saran saya, ambil saja jurusan di bidang yang kamu suka. Kalau kamu sukanya menulis, ya ambil jurusan yang berhubungan dengan itu. Misalnya saja Sastra, atau Komunikasi.

      Perihal tidak mendapatkan dukungan dari orang sekitar karena mereka merasa bidang itu tidak cocok, coba diskusikan kembali dengan mereka. Bahwa yang bisa merasakan cocok atau tidaknya itu ya diri kamu sendiri, bukan orang lain. Kesuksesan masa depan kamu ada di diri kamu sendiri bukan orang lain.

      Orang lain boleh memberikan saran masukan, tetapi jika saran dan masukan itu tidak sesuai dengan diri kamu ya tidak perlu diambil. Percayalah mereka mungkin awalnya akan berat dengan keputusan kamu, tetapi sebenarnya mereka hanya butuh bukti dari kamu.

      Jadi pilihlah bidang yang kamu suka, kemudian fokus, tekun, dan berikan tanggung jawab sepenuhnya atas pilihan kamu itu. Agar pilihan kamu itu tidak mengecewakan mereka.

      Semoga saran kami ini membantu,

  5. Gan cita” terkendala karena saya kekurangan buta warna parsial. Untuk pekerjaan cocoknya di bidang apa. Soalnya blm menemukan bakat jg

    1. Kalau katakan pekerjaan yang cocok menurut saya, nanti belum tentu cocok dari sisi Anda. Lebih baik, ketahui sukanya apa. Kalau memang bingung sukanya apa, ya solusinya harus menerima semua pekerjaan tanpa pilih-pilih. Asal pekerjaan itu bisa Anda kerjasama tanpa ada kendala dari pihak lain. Kalau dari saya Anda bisa mencoba bekerja sebagai Content Writer Web. Itu salah satunya, karena tidak ada masalah jika mengalami buta warna parsial. Tetapi ya itu tadi, kalau pekerjaan itu tidak sesuai dengan kemampuan Anda, ya percuma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *