Tantangan Bekerja Sebagai Content Writer di Era Saat Ini

Profesi Content Writer

Saat ini kebutuhan Content Writer memang sedang banyak dicari. Beberapa perusahaan yang sudah melek internet dan mulai memaksimalkan internet untuk media pemasarannya, sangat perlu untuk memiliki seorang Content Writer. Karena keberadaan content writer akan sangat membantu memaksimalkan website yang dimiliki agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Selain memang membutuhkan SEO Specialist, perusahaan juga butuh Content Writer yang nantinya bisa bekerja sama dengan tim SEO. Bekerja sebagai Content Writer di era sekarang ini tidaklah mudah, karena banyak sekali tantangan yang dihadapinya.

Tantangan Menjadi Seorang Content Writer

Profesi Content Writer
Foto oleh Kaboompics .com dari Pexels

Siapa bilang jadi Content Writer itu kerjanya cuma nulis artikel saja, tidak dong. Jadi content writer itu banyak tantangannya, seperti :

1. Peka dengan Trend Terbaru

Seorang content writer harus peka dengan apa yang sedang jadi trending di bidang yang dikerjakan. Karena itu bisa dijadikan bahan tulisan dan tentunya untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Kita tahu, warganet di Indonesia itu suka sesuatu yang sedang trend. Apa saja yang berkaitan dengan topik itu pasti akan dicari dan dilihat. Nah itu bisa dimanfaatkan oleh content writer agar bisa mengupdate konten yang fresh.

Misalnya saja Anda content writer di sebuah perusahaan Telco, lalu sedang trending ponsel terbaru dari suatu brand. Nah itu bisa Anda jadikan bahan untuk memberikan ulasan yang bisa menarik pengunjung.

2. Paham tentang SEO (Digital Marketing)

Ketika Anda melihat lowongan kerja Content Writer, pasti akan ada kualifikasi yang disebutkan, salah satunya adalah memahami SEO.

Mengapa seorang Content Writer harus paham SEO khusus SEO OnPage? Ya karena agar artikel yang dibuatkan bisa optimal dari sisi mesin pencari. Konten artikel yang SEO Friendly tentu akan memiliki peluang lebih besar berada di halaman teratas hasil pencarian mesin pencari.

Efeknya adalah akan meningkatkan pengunjung. Dan tentunya ini akan memudahkan tim SEO untuk melakukan optimasi website. Biasanya memang Content Writer ini bekerja sama dengan Tim SEO.

Pengetahuan dasar tentang Digital Marketing juga diperlukan seperti bagaimana membaca statistik website, dll. Karena itu nanti akan berhubungan dengan produksi konten.

Digital Marketing
Photo by Serpstat on Pexels.com

3. Mengerti Bahasa Inggris

Meskipun Anda nanti diminta untuk menulis konten artikel dalam Bahasa Indonesia, tetapi dengan mengerti Bahasa Inggris, itu akan memudahkan Anda dalam membuat konten. Karena Anda akan lebih punya keleluasaan dalam mencari referensi tidak hanya dari Indonesia tetapi juga luar negeri.

Lagi-lagi itu akan memudahkan dalam hal produksi konten.

Apalagi buat yang bekerja untuk website yang segmentnya luar negeri, jelas harus tahu bagaimana menulis artikel dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar.

4. Memahami Teknik Copywriting

Menjadi Content Writer di era sekarang ini juga harus paham teknik Copywriting. Yaitu menulis artikel untuk tujuan promosi yang persuasif tetapi secara soft selling.

Sebenarnya Copywriting sudah beda bidang lagi, tetapi keahlian ini jika bisa dimiliki akan menjadi nilai plus bagi seorang Content Writer. Karena saat ini keberadaan konten artikel di website atau blog juga digunakan untuk soft selling produk utama mereka.

5. Kreatif

Ya, Content Writer adalah pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas tinggi. Mungkin menurutmu ah cuma menulis, tetapi faktanya di lapangan menulis konten artikel itu tidak mudah. Apalagi jika sudah banyak tuntutan dari atasan.

Kreatifitas dibutuhkan agar konten artikel yang dihasilkan bisa beda dan nilai yang ingin disampaikan bisa mudah diterima pembaca.

Selain itu agar tidak hanya menulis dengan format yang itu-itu saja.

Baca juga : Syarat dan Tugas Content Writer yang Perlu Kamu Ketahui


Itu beberapa tantangan profesi Content Writer di era sekarang ini. Profesi ini semakin ke sini semakin dicari. Ini adalah momen untuk kamu yang memiliki bakat di bidang menulis untuk bisa mengembangkan diri.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.