Perbedaan Content Writer dengan Copywriter

Profesi pekerjaan di bidang penulisan sekarang ini semakin beragam. Dan yang paling banyak dicari saat ini adalah Content Writer dan Copywriter. Eits, jangan sampai keliru ya, kedua profesi ini sepintas terlihat sama, tetapi sebenarnya tugasnya berbeda lho. Mau tau apa bedanya Content Writer dengan Copywriter? Simak terus artikel ini, jangan sampai terlewat biar nggak gagal paham.

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang perbedaannya, kedua profesi ini berkembang di saat teknologi internet juga semakin berkembang. Saat ini dimana banyak perusahaan mengoptimalkan sumber dayanya secara digital, juga berdampak pada kebutuhan profesi pekerjaan Content Writer dan Copywriter itu sendiri. Akhirnya ya sekarang ini banyak kita temui lowongan kerja di bidang ini.

Okay, Content Writer dan Copywriter ini sebenarnya memiliki kesamaan, yaitu berhubungan dengan tulis-menulis. Tetapi meskipun memiliki kesamaan seperti itu, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan ini meliputi dari gaya penulisannya, tujuan penulisannya, hingga media yang digunakannya.

Content Writer
Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Baik, akan kami jelaskan masing-masing perbedaan itu.

Daftar Isi

1. Gaya Penulisan

Content Writer biasanya dalam menulis harus memenuhi kaidah penulisan 5W+1H. Jadi tulisan yang dibuatnya harus jelas, detail dan kadang perlu riset untuk menguatkan topik yang dibahasnya. Tulisan yang dibuat harus bisa berkembang dan dibuat sekreatif mungkin agar pembaca tertarik untuk membacanya. Sehingga tulisannya nanti bisa memberikan dampak positif kepada pembaca. Di profesi ini kadang juga ada yang butuh kaidah jurnalistik dalam membuat tulisannya.

Kalau Content Writer harus menulis yang panjang, informasinya jelas, maka Copywriter justru dituntut untuk menulis dengan gaya penulisan yang singkat. Bagaimana dengan tulisan atau kalimat yang pendek dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai yang sudah ditargetkan.

2. Tujuan Penulisan

Dari tujuan penulisan ini nanti kamu akan lebih tahu perbedaannya. Content Writer itu tujuan penulisannya untuk tulisan panjang yang informatif, edukatif, menghibur, mendapatkan engagement dari pembaca, dll. Supaya pembaca bisa berlama-lama berada di media tersebut.

Sedangkan Copywriter tulisan yang dibuatnya harus persuasif. Bisa mengajak orang untuk melakukan, mengingat sesuatu. Copywriter ini biasanya digunakan untuk iklan. Misalnya saja ketika kamu melihat tulisan tagline Tokopedia “Mulai Aja Dulu”, Yamaha “Selalu di Depan”, Nike “Just do it.” Nah semua itu hasil dari pekerjaan Copywriter.

Tapi tulisan Copywriting itu tak selalu pendek atau singkat-singkat lho. Sesuai kebutuhan saja, kalau misal untuk headline ya biasanya satu kalimat panjang. Misalnya headline untuk iklan produk penurun berat badan, “Herbal Pendamping Diet Membuat Berat Badan Turun dalam 7 Hari Pasti Terbukti”.

3. Media yang Digunakan

Biasanya Content Writer menulis untuk media website, blog atau media sosial. Karena sekarang ini banyak perusahaan yang sudah memiliki website, maka perlu menjaga konten media yang dimilikinya. Sekali lagi tujuannya hanya untuk memberikan informasi saja yang edukatif, kreatif atau engaging. Content Writer tidak memiliki tanggung jawab untuk membuat tulisan yang persuasif.

Kalau Copywriter, menulisnya untuk digunakan di media periklanan seperti Social Media Ads, Banner Ads, Billboard, Email Marketing, TV, Radio, dan media lainnya. Jadi yang kamu lihat di iklan-iklan itu, semuanya hasil kerja dari Copywriter.


Seperti itu ya perbedaan Content Writer dengan Copywriter itu. Jadi jangan sampai salah kirim lamaran. Nanti pengennya daftar jadi Content Writer tapi malah salah Copywriter, kan nggak lucu. Soalnya keduanya berbeda. Masing-masing punya background ilmu yang berbeda. Sudah jelas ya perbedaan keduanya? Intinya sih kalau Content Writer itu lebih ke informatif, sedang Copywriter itu tulisannya lebih ke persuasif. Kalau pengen tahu lebih banyak, silakan baca artikel-artikel tentang Content Writer atau Copywriter di blog ini

Kalau ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.