Hal yang Perlu Kamu Miliki di Akhir Usia 20-an

Usia 20-an

Ketika kamu sudah berada di akhir usia 20-an, kamu harus perlu mengubah diri kamu lebih matang lagi. Karena di usia ini kamu akan semakin banyak mendapatkan tantangan baru dalam kehidupan nanti. Terlebih setelah menikah.

Di akhir usia 20-an ini ada banyak hal yang perlu kamu jaga, tata, dan tolak. Karena kamu sudah tidak bisa lagi sebebas saat usia awal-awal 20-an. Semakin ke sini kamu akan semakin punya tanggung jawab yang lebih berat. Karena kamu tidak hanya akan bertanggung jawab tentang diri kamu saja, tapi juga pada orang lain.

Ini yang perlu kamu miliki di akhir usia 20-an.

Usia 20-an

1. Tata kelola keuangan yang jelas

Jika dulu kamu bisa bebas pakai uang yang kamu miliki untuk beli apapun yang kamu suka, di masa ini kamu harus punya tata kelola keuangan pribadi yang jelas. Kamu harus sudah bisa memikirkan masa depan. Antara pendapatan dan pengeluaran harus lebih dijaga, supaya tidak besar pasak daripada tiang.

Kamu bisa mulai berinvestasi dalam bentuk apapun itu.

Artikel terkait : Multi Rekening, Cara Asyik Kelola Keuangan Pegawai

Karena kamu juga perlu sadar, bahwa uang yang kamu miliki ini tidak hanya penting untuk kamu saja. Akan ada saatnya uang yang kamu miliki juga penting untuk orang lain.

2. Jangan terlalu nafsu dengan ajakan orang lain

Di usia segini mungkin kamu akan masih mendapatkan tawaran ini itu dari orang lain. Cobalah untuk mengatakan “TIDAK” untuk ajakan yang memang tidak memberikan dampak positif untuk kamu. Karena kamu juga perlu fokus dengan karya dan kegiatan yang telah kamu bangun.

Jangan sampai karena meng-iya-kan semua ajakan, lantas kamu tidak fokus pada pekerjaan kamu sendiri.

Boleh melakukan hal lain, akan tetapi kamu perlu lebih teliti dan bijak dalam memilihnya.

3. Perluas jaringan

Kamu juga perlu membangun jaringan yang memberikan dampak positif bagi kamu. Mungkin kamu akan tidak banyak lagi waktu untuk happy-happy sehingga kamu membangun relasi yang positif untuk diri kamu sendiri.

Membangun relasi ini juga akan berdampak baik bagi karier mu atau hubungan personalmu.

Artikel terkait : Manfaat Memperluas Networking Bagi Pegawai

4. Berdamai dengan diri sendiri

Mungkin dulu kamu sering mengubah gaya hidup karena memang ingin tampil seperti orang lain. Tetapi di usia ini, kamu harus stop itu semua. Kamu harus bisa berdamai dengan diri kamu sendiri dan menerima apa yang kamu punya.

Tidak perlu lagi membandingkan dengan orang lain apalagi ingin menjadi seperti orang lain. Karena itu hanya akan membuang-buang waktu saja.

Seharusnya di umur ini kamu sudah tahu jati diri kamu, sehingga sudah bisa mengembangkan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kamu.

Jika kamu sudah mampu melakukan ini semua di akhir usia 20-an, maka kamu bisa dikatakan sudah menjadi orang yang mapan. Jadi ‘mapan’ itu bukan sekadar dinilai dari punya duit banyak atau pekerjaan yang tetap, tetapi lebih kepada pola gaya hidup yang siap untuk menatap masa depan dan tentunya gaya hidup yang sesuai dengan jati dirinya.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *