Gaji Bulanan
Image via ecc.ft.ugm.ac.id

Gaji Bulanan Sudah Diterima, Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Pertama Kali

Gajian adalah waktu yang ditunggu-tunggu, hak pegawai ini biasanya diterima ketika akhir bulan ataupun awal bulan, tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Harapan pun muncul untuk bisa memperoleh bonus tambahan agar bisa untuk membeli barang-barang yang sudah diidam-idamkan.

Akan tetapi, masih banyak pegawai yang lupa atau bahkan enggan untuk membuat rencana pengeluaran untuk bulan depan. Padahal ini sangat penting lho, supaya gaji yang kita terima tidak mendadak habis dan tidak ketemu sama yang namanya ‘tanggal tua‘.

Sebaiknya sih mulai sekarang perlu untuk mempersiapkan rencana pengeluaran bulan depan. Tidak perlu bagus, sederhana saja.

“Ah, saya kan gajinya cuma dikit, nggak perlu bikin rencana-rencana segala, wong sudah pasti buat ini itu…”, Justru itu gaes….gaji sedikit justru perlu membuat daftar pengeluaran mu di bulan yang ada datang. Agar bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan (baca:ngutang).

Berikut ini sedikit tips apa saja yang perlu dipersiapkan pertama kali ketika mendapatkan gaji bulanan.

1. Menghitung Gaji Yang Diterima

Hitunglah gaji yang diterima. Selain untuk melihat apakah sama dengan yang tertera di slip gaji, juga untuk mengetahui jumlah gaji yang diterima pada bulan ini. Syukur-syukur kalau dapat bonus atau malah jangan-jangan kepotong ini itu.

2. Buatlah Daftar Pengeluaran

Dimulai dari yang paling menjadi prioritas utama (kebutuhan pokok) dan memiliki nilai besar. Misalnya untuk biaya tagihan listrik, air, biaya konsumsi per bulan, transport, dll. Pokoknya yang harus dibayar dulu. Kalau semua sudah direkap, baru masukkan yang opsional.

3. Pikirkan Masa Depan Dengan Menabung

Kalau dari daftar pengeluaran yang telah dibuat masih ada dana sisa. Usahakan untuk ditabung. Atau jika memang memiliki dana yang cukup, Anda bisa berinvestasi tidak harus dalam bentuk tabungan atau mungkin ikut asuransi. Hal ini berguna untuk masa depan Anda, terlebih jika Anda bekerja di perusahaan swasta.

4. Ambil 5-10% Dari Gaji Untuk Dana Talangan

Misal gaji Anda Rp 2 Juta, Anda bisa mengambilnya Rp 100 Ribu atau Rp 200 Ribu untuk ditaruh di tempat penyimpanan pribadi Anda. Bisa di dompet sisi sisi dalam atau lainnya. Yang penting duit ini jangan sampai kelihatan. Ini bukan tabungan lho ya, tapi ini untuk dana talangan jika sewaktu-waktu Anda dalam kondisi yang darurat membutuhkan uang. Jika dana ini dalam satu bulan ternyata tidak terpakai maka bisa Anda tabung atau sedekahkan biar rejeki Anda semakin meningkat.

5. Buat Dua Rekening

Ini jika gaji Anda langsung di transfer ke rekening Anda oleh perusahaan. Sebaiknya Anda mulai membuat dua rekening. Rekening pertama khusus untuk kebutuhan sehari-hari, yang kedua khusus untuk tabungan dan ini sifatnya tidak boleh diotak-atik. Yang boleh diotak-atik hanyalah rekening pertama.

Baiklah, mungkin itu yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat, dan jika Anda memiliki tips lain, jangan sungkan untuk berbagi kepada kami dan para pembaca. Kirimkan artikel Anda sekarang.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...