Yakin Mau Ambil Pekerjaan Baru? Baca Ini Sebelum Memutuskannya!

Pekerjaan Baru

Yang namanya kerja di perusahaan pasti akan ada plus minusnya. Dan tak jarang pula itu membuat kita jadi merasa ‘bosan’ di kantor dengan rutinitis yang itu-itu saja. Akhirnya tak jarang banyak karyawan yang mencoba peruntungan baru dengan mencari pekerjaan baru.

Harapannya tentu ingin mendapatkan hal yang lebih baik lagi. Bicara soal pekerjaan baru, sebenarnya tidak bisa diputuskan dengan terburu-buru. Apalagi jika sebenarnya posisi pekerjaan kamu saat ini sudah dibilang aman dan nyaman.

Di sinilah kamu perlu menakar kembali sebelum memutuskan mengambil pekerjaan baru itu. Ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu jadikan acuan sebelum memutuskannya. Diantaranya sebagai berikut :

Pekerjaan Baru
Foto oleh fauxels dari Pexels

1. Apakah akan membuatmu berkembang?

Tanyakan pada diri sendiri apakah pekerjaan baru mu nanti akan membuatmu berkembang atau tidak. Jika kamu nanti di sana kira-kira ya sama saja dengan saat ini, ya mending dipikirkan kembali. Bisa-bisa nanti malah kamu akan menurun performanya di pekerjaan baru.

Kamu bisa melihat bagaimana posisinya, bagaimana interaksi dan sistem kerjanya di sana dan tentunya bagaimana kondisi perusahaan itu sendiri secara umum.

2. Apakah Bisa Memberikan Kemajuan Karier?

Nah, selain apakah bisa membuat kamu berkembang, di pekerjaan baru nanti apa juga bisa memberikan kamu kemajuan karier. Apalagi jika kamu niatnya mencari pekerjaan baru ingin mendapatkan jenjang karier yang lebih bagus.

Ini tentu harus dilihat dengan matang. Coba cari informasi bagaimana jenjang karier profesi pekerjaan baru di perusahaan tersebut. Apakah memungkinkan jika nanti bisa meningkatkan karier mu atau tidak.

3. Apakah kamu akan dibayar lebih baik dari perusahaan sebelumnya?

Dari sisi finansial juga harus diperhatikan, masalah gaji tentu harus dilihat juga apakah nanti ketika kamu pindah ke pekerjaan baru bisa mendapatkan gaji yang lebih baik atau tidak.

Kalau ternyata gajinya sama, ya mending dipikirkan kembali. Tetapi soal gaji ini juga perlu dilihat dari kenyamanan bekerja. Misalnya saja gajinya sama tetapi di pekerjaan baru nanti kamu bisa bekerja lebih nyaman karena fasilitas yang lebih lengkap dan juga kondisi perusahaan yang lebih kondusif, tentu boleh saja diambil.

Baca juga : Sebelum Resign Kerja Baiknya Mengatur Keuangan Anda, Baca Tips Ini

4. Bagaimana Dampaknya Terhadap Kehidupan Pribadi dan Keluarga?

Dukungan Keluarga
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Mengambil pekerjaan baru bukan semata-mata soal bagaimana pekerjaan itu saja, tetapi juga harus diperhatikan bagaimana nanti dampaknya terhadap kehidupan pribadi dan keluarga kamu.

Misalnya saja kamu mendapatkan pilihan pekerjaan baru yang lebih baik dari sebelumnya. Hanya saja lokasinya lebih jauh dari perusahaan sebelumnya dan nantinya kamu juga memiliki pekerjaan yang lebih padat. Tentu ini akan menyita kehidupan pribadi mu dan juga waktu bersama keluarga pun akan jadi berkurang.

Nah hal-hal semacam ini yang juga perlu dipikirkan. Maka dari itu perlu didiskusikan dengan pihak keluarga.

Memilih pekerjaan baru bukan semata-mata untuk mencari finansial yang lebih baik, tetapi ada hal-hal lain yang sifatnya emosional yang harus juga diperhatikan.

Pertanyaan terakhir adalah…

5. Apakah ini sudah sesuai dengan kata hatimu?

Penting untuk melihat hati kita dalam memilih pekerjaan baru. Karena ini soal kenyamanan. Biasanya kalau memilih pekerjaan yang awalnya hanya karena tawaran penghasilan yang lebih baik, pada akhirnya nanti akan banyak mengeluh kalau pekerjaan selalu padat. Intinya malah tidak bisa menikmati pekerjaan itu sendiri.

Banyak kok orang yang penghasilannya besar tetapi mereka merasa tidak menikmati hidup.

Jangan sampai kamu seperti itu. Jadi pastikan pilihanmu itu sudah sesuai dengan kata hatimu. Karena hati nggak pernah bohong.

Itulah beberapa pertanyaan harus kamu jawab sendiri sebelum memutuskan mengambil pekerjaan baru mu. Apapun hasilnya nanti, semoga itu menjadi pilihan terbaikmu. Dan jangan sampai kamu menyesali atas keputusan itu. :)

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.