Tugas Digital Marketing Strategist

Apa tugas digital marketing strategist itu ya? Ketika membuka sebuah situs tentang lowongan pekerjaan, mungkin kamu akan menemukan posisi Digital Marketing Strategist.

Banyaknya loker tersebut diakibatkan minat para generasi milenial hingga Gen-Z dengan profesi yang satu ini. Posisi tersebut merupakan pekerjaan di bidang digital.

Kebutuhan teknologi yang meningkat, Berimbas kepada penggunaan Sosial media yang meningkat juga. Dengan ramainya sosmed, orang-orang ingin memasang iklan dengan mudah dan bahkan gratis di social media yang populer di Indonesia.

Atas dasar itulah, Profesi dan Tugas Digital Marketing Strategist akhirnya dibutuhkan oleh suatu perusahaan berbasis teknologi.

Tugas digital marketing strategist ini memang bekerja di seputar media-media online untuk beriklan. Kreativitas dalam merangkai kata juga tentunya harus dimiliki.

Apa Itu Digital Marketing Strategist?

Sebelum kita mencari tahu tentang tugas digital marketing strategist, Mari kita ketahui terlebih dulu mengenai Digital Marketing.

Tugas Digital Marketing Strategist

Digital marketing merupakan suatu proses untuk melakukan promosi produk atatu jasa melalui media digital. Media digital yang dimaksud adalah yang sering kamu lihat saat ini (Sosial Media, Blog dll).

Tujuan dari digital marketing adalah mampu menjangkau konsumen dengan personal, Dalam artian produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009), mengungkapkan bahwa Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran  juga untuk melakukan branding di social media, twitter, email hingga blog.

Menurut Struggels Heidrick dan Struggles (2009), Digital marketing merupakan sebuah perkembangan dan branding untuk kegiatan periklanan yang memberikan efek berpengaruh.

Skill untuk Menjadi Digital Marketing Strategist

Kamu mulai berminat untuk bekerja sebagai seorang Digital Marketing Strategist? Yuk kita cari tahu, Skill apa saja yang diperlukan, Agar bisa menyelesaikan tugas digital marketing strategist dengan baik:

  • Data Analysis, Ini merupakan skill basic yang perlu dimiliki. Keahlian ini akan membantu dalam memperkirakan efektivitas strategi pemasaran yang dibuat
  • Social media marketing, skill ini juga dibutuhkan untuk menarik calon pelanggan secara luas terhadap konten yang dibuat, berkomunikasi dengan mereka, jam posting konten yang tepat dan menjaga konsumen yang loyal
  • Copywriting, Skill ini juga dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas digital marketing strategist. Kemampuan menulis copywriting yang baik akan membuat konsumen lebih dekat dengan perusahaan dan lebih percaya dengan produk atau jasa tersebut. 
  • Search Engine Optimization (SEO), skill berikutnya adalah SEO yang sangat dibutuhkan dalam dunia digital marketing. Pasalnya, Perusahaan akan lebih banyak dikenal secara luas dari website yang dimilikinya. Skill SEO dibutuhkan untuk optimasi website guna mendatangkan lebih banyak calon konsumen.
  • Project Management, Skill selanjutnya adalah untuk mengorganisir setiap proyek digital yang dijalankan oleh digital marketing strategist. Skill ini dibutuhkan untuk mencegah terjadinya perlambatan mengunggah konten, pengeluaran dana hingga proyek digital yang melar.

Baca juga : Sertifikasi Untuk Digital Marketing

Tugas Digital Marketing Strategist

Selain tugas utama dan tugas pokok, Tugas digital marketing strategist terbagi menjadi empat bagian, yaitu:

  1. Digital Strategist, tugasnya untuk merencanakan konsep serta ide kampanye marketing di dunia digital secara keseluruhan
  2. Social media strategist, tugasnya untuk merencanakan konsep serta membuat rancangan kampanye marketing di social media
  3. Social media specialist, tugasnya untuk memelihara dan meningkatkan engangement serta feedback dari penggemar serta pelanggan produk melalui konten di social media perusahaanya
  4. SEO specialist, tugasnya untuk melakukan optimasi dan meningkatkan ranking website perusahaanya atau produk-produknya di search engine

Adapun tugas digital marketing strategist secara pokok, Sebagai berikut:

Tugas utama seorang digital marketing strategist yaitu bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan pemasaran serta branding produk dari perusahaanya secara digital atau daring. Adapun tugas pokoknya sebagai berikut:

  • Membuat desain dan mengembangkan, serta mempertahankan aktifitas di media social dari perusahaannya
  • Membuat perencanaan dan melaksanakan pengembangan website yang berkaitan dengan perusahaannya seperti email, SEO, SEM, dan iklan media social
  • Melakukan pengukuran serta membuat laporan kinerja pemasaran digital, juga membandingkan target ROI dan KPI 
  • Melakukan identifikasi tentang trend an insight, dengan cara mengoptimalkan aktifitas dari channel perusahaan dan pemasaran online sesuai dengan data insight
  • Menyusun strategi pemasaran online yang akan dilakukan secara berkala
  • Mengevaluasi trend IT serta beberapa aplikasi yang sedang berkembang untuk mengambil teknik pemasaran online sesuai insight
  • Melakukan kolaborasi dengan agen di luar perusahaan, media iklan serta beberapa mitra lain untuk membuat sebuah halaman website juga user experience
  • Memiliki target evaluasi

Baca juga : [RTALK] Ngobrolin Profesi Digital Marketing Bareng Rizkiani Rahma Putri

Di era digital yang sudah modern seperti sekarang ini, Bidang pekerjaan di dunia digital begitu banyak dibutuhkan. Salah satunya menjadi Digital marketing strategist. Dengan memahami  tugas digital marketing strategist, Kamu bisa mempersiapkan skill yang dibutuhkan agar bisa diterima di perusahaan favorit kamu. 

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.